Sinopsis ASOKA (2001) Lengkap

Diposting pada

Sinopsis Asoka – Film Aśoka mengisahkan kehidupan raja Asoka yang hidup pada masa dinasti Maurya yang berkuasa atas hampir seluruh wilayah India pada abad ke-3.

Film yang dibintangi Shah Rukh Khan ini merupakan versi dramatisasi dari kehidupan Raja Asoka. Penggarapan skenarionya ditulis oleh Santosh Sivan dan Saket Chaudhary. Sementara dialog-dialog dikembangkan oleh Abbas Tyrewal.

Asoka awalnya dirilis dengan menggunakan judul Ashoka The Great India, namun diubah menjadi lebih pendek. Dalam bahasa Tamil, film ini dirilis dengan judul Samrat Ashoka.

Pertama kali dirilis di Inggris dan Amerika Utara, serta ditayangkan dalam Festival Film Venice dan Festival Film Toronto International. Asoka mendapatkan respon positif dan meraup penghasilan besar di bioskop.

Bagaimana kisahnya? Simak sinopsis Asoka berikut ini.

Sinopsis Asoka

Pangeran Ashoke (Shah Rukh KHan) adalah pewaris Kerajaan Magadha. Dia mengikuti kemauan ibunya untuk menanggalkan status pangerannya dan pergi hidup di alam liar untuk sementara waktu.

Di sana dia bertemu dan jatuh cinta dengan Kaurwaki (Kareena Kapoor). Dia memperkenalkan dirinya sebagai Pawan yang tidak ingin membuka identitasnya yang sebenarnya.

Ashoke harus kembali ke Magadha, tapi ketika dia kembali lagi untuk menemukan dan menikahi Kaurwaki, dia diberitahu bahwa Kauwaki dan saudaranya telah dibunuh.

Dia putus asa dan kembali ke rumah. Dalam perjalanan dia diserang. Devi (Hrishitaa Bhatt) seorang penganut agama Budha yang taat, menyelamatkan dan merawatnya hingga sehat kembali.

Tapi hal ini membuat calon pengantin pria Devi membatalkan perkawinannya. Ashoke akhirnya menikahi dia dan membawanya ke Magadha. Ayah Ashoke tidak setuju dengan Devi karena perbedaan ras. Dia tidak diterima.

Ashoke meninggalkan Magadha bersama Devi dan tinggal di Ujjani. Devi hamil yang membuat saudara-saudara tiri Ashoke cemburu karena Ashoke telah melahirkan pewaris. Para saudara tirinya merencanakan pembunuhan terhadap Devi.

Rencana itu gagal membunuh Devi, namun ibu Ashoke yang malah terbunuh. Ashoke bersumpah akan membalas dendam atas kematian ibunya dengan membunuh saudara-saudara tirinya satu per satu.

Sinopsis AsokaJenis film: Epik, History, Drama
Sutradara: Santosh Sivan
Produser: Gauri Khan, Juhi Chawla
Penulis skenario: Santosh Sivan, Saket Chaudhary
Pemain: Shah Rukh Khan, Kareena Kapoor, Ajith Kumar, Hrishita Bhatt
Narator: Suresh Oberoi
Distributor: Dreamz Unlimited
Tanggal rilis: 26 Oktober 2001
Durasi film: 171 menit

Trailer

Plot

Film ini mengisahkan masa-masa awal kehidupan Kaisar Asoka. Dia memulai karirnya sebagai Jenderal di Taxila (Pakistan sekarang) dan berakhir dengan menaklukkan negara Kalinga dengan penuh kekerasan.

Kaisar Chandragupta Maurya, kakek Asoka, dari kerajaan Maurya telah memutuskan untuk merangkul agama Jainisme dan turun dari tahta kekaisaran demi putranya Bindusara.

Cucunya, Pangeran Asoka meminta pedangnya. Namun Kaisar tua ini menjelaskan bahwa pedangnya ini jahat, menuntut darah dan kehancuran.

Beberapa tahun kemudian, Pangeran Asoka Maurya (Shah Rukh Khan) menjadi seorang pemuda pemberani. Dia bertempur melawan pemberontak Taxila demi Kaisar sekaligus ayahnya.

Dia menduga saudara tirinya, Susima Maurya (Ajith Kumar) yang juga mewarisi tahta kekaisarannya dengan sengaja menahan bala bantuan agar tidak datang padanya. Tapi dia tetap mampu mengalahkan Taxila.

Asoka kembali ke ibukota dengan membawa kemenangan dan berhadapan dengan Susima. Saat Asoka mandi, Susima mencoba membunuhnya. Pertarungan di antara para pangeran membuat Kaisar tidak senang.

Kaisar meminta Permaisuri Dharma (Subhashini Ali) agar mengendalikan putranya, Asoka. Permaisuri meminta Asoka meninggalkan ibukota untuk sementara waktu dan menjalani hidupnya sebagai orang biasa.

Meski kecewa, Asoka tetap pergi.

Asoka, sendiri dalam penyamaran sebagai pengelana biasa. Dia pergi ke selatan. Dalam perjalanannya dia bertemu dengan gadis cantik bernama Kaurwaki (Kareena Kapoor) dan jatuh cinta padanya.

Dia juga berhubungan baik dengan adik laki-laki Kaurwaki yang bernama Arya. Mereka dalam perjalanan melarikan dari dari Kerajaan Kalinga bersama pelindungnya yang dapat dipercaya, Bheema (Rahul Dev). Mereka dikejar-kejar oleh prajurit kerajaan.

Setelah menyelamatkan mereka, Asoka mengenalkan dirinya sebagai Pawan. Dia menyembunyikan identitas dirinya yang sesungguhnya. Kaurwaki dan Arya juga adalah Putri dan Pangeran Kalinga yang kabur dari istana ketika Perdana Menteri membunuh orang tua mereka dan mengambil kekuasaan.

Kemudian, Asoka dan Kaurwaki diam-diam menikah.

Kemudian Asoka dipanggil oleh ibunya karena ibunya sakit. Kerajaan juga sedang menghadapi masalah pemberontakan di Ujjani. Sebelum bergerak ke barat, Asoka melakukan perjalanan ke Kalinga untuk bertemu Kaurwaki dan Arya.

Dia tidak bisa menemukan mereka.Jenderal Bheeme memberitahu dia bahwa Kaurwaki dan Arya telah dibunuh.  Asoka patah hati dan mencoba bunuh diri. Bagaimana nasib Asoka selanjutnya? Saksikan film ini di layar kaca kesayangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.