Sinopsis DILWALE DULHANIA LE JAYENGE (1995) Lengkap

Diposting pada

Film Dilwale Dulhania Le Jayenge (DDLJ) mengisahkan dua orang saling jatuh cinta saat bertemu dalam liburan mereka di Eropa, namun kisah cinta mereka terhalang oleh perjodohan.

Dilwale Dulhania Le Jayenge yang memiliki arti Hati yang Lapang Akan Membawa Pengantinnya adalah film yang diarahkan oleh Aditya Chopra, diproduseri oleh ayahnya Yash Chopra dan ditulis oleh Javed Siddiqui dan Aditya Chopra.

Meskipun film ini adalah film yang menjadi debut Aditya Chopra sebagai sutradara, terbukti sukses besar. Film  tidak saja sukses secara komersial, tapi juga banyak dipuji.

DDLJ menjadi salah satu film tersukses dalam sejarah India yang mendapatkan 10 penghargaan Filmfare Awards dan penghargaan lainnya. Bahkan terus diputar di bioskop Maratha Mandir sampai tahun 2018 (20 tahun lamanya).

Film ini juga melambung nama Shah Rukh Khan dan Kajol ke dalam jajaran pemain film papan atas Bollywood. DDLJ dianggap mempromosikan nilai-nilai keluarga sekaligus mengikuti kata hati sendiri.

Sinopsis

Dilwale Dulhania Le Jayenge  mengikuti perjalanan Raj dan Simran, warga India yang tinggal di London. Keduanya jatuh cinta saat Simran berlibur keliling Eropa bersama teman-temannya.

Raj berusaha memenangkan hati keluarga Simran agar mereka dapat menikah. Namun ayah Simran, memiliki janji dengan kawan lamanya akan menikahkan Simran dengan putra kawannya.

Sinopsis Dilwale Dulhania Le JayengeJenis film: Roman
Sutradara: Aditya Chopra
Produser: Yash Chopra
Penulis skenario: Aditya Chopra
Penulis cerita: Aditya Chopra
Pemain: Shah Rukh Khan, Kajol
Rumah produksi: Yash Raj Films
Tanggal rilis: 20 Oktober 1995
Durasi film: 189 menit

Trailer

Plot

Raj Malhotra (Shah Rukh Khan) dan Simran Singh (Kajol) adalah warga India yang bermukim di London. Dia memimpikan bertemu dengan pria ideal seperti yang ada di dalam mimpinya.

Simran dibesarkan oleh ayahnya yang konservatif dan ketat, Baldev Singh (Amrish Puri). Di sisi lain, Raj dibesarkan oleh ayahnya (Anupam Kher) yang sangat liberal.

Ibu Simran, Lajjo (Farida Jalal) selalu mengingatkan Simran agar tidak dibutakan oleh mimpinya, meskipun bermimpi itu baik.

Suatu hari Baldev menerima surat dari temannya, Ajit (Satish Shah) yang tinggal di Punjab. Ajit ingin memenuhi janji di antara mereka yang dibuat 20 tahun lalu: Simran akan dinikahkan dengan putra Ajit, Kuljeet (Parmet Sethi).

Simran kecewa mendengar kabar ini, karena dia tidak ingin menikahi orang yang belum pernah ditemuinya.

Suatu malam, Raj memasuki toko Baldev yang hampir tutup untuk membeli bir. Baldev menolak, tapi Raj mengambil birnya, melemparkan uang dan kabur. Baldev memakinya dan menyebut dia mempermalukan India.

Sementara itu, ayah Raj setuju agar Raj berlibur keliling Eropa dengan kereta bersama teman-temannya. Sementara Simran juga diundang untuk mengikuti perjalanan yang sama.

Simran tidak terlalu yakin ayahnya akan memberikan izin. Namun dia meminta kepada ayahnya sebagai permintaan ingin melihat dunia luar sebelum menikah. Dengan ragu-ragu, Baldev setuju.

Dalam perjalanan, Raj dan Simran bertemu. Raj langsung merayu Simran yang membuat Simran jengkel. Karena itu mereka berdua ketinggalan kereta ke Zurich dan terpisah dari teman-teman mereka.

Mereka terpaksa melakukan perjalanan berdua dan berteman. Raj jatuh cinta dengan Simran dalam perjalanan itu. Ketika mereka berpisah di London setelah liburan usai, Simran menyadari perasaannya. Di rumah Simran mengatakan pada ibunya tetap pria yang ditemuinya dalam perjalanan.

Baldev mendengar percakapan itu dan menjadi marah. Dia membuat keputusan keluarganya akan pindah ke India. Sementara itu, Raj memberitahu ayahnya mengenai Simran, yang sayangnya akan segera menikah.

Ketika Raj mengatakan percaya Simran juga mencintainya, ayahnya mendorong Raj untuk pergi mendapatkan cintanya.

Di India, Baldev bertemu kembali dengan keluarganya dan temannya, Ajit. Simran yang sedih dan adik perempuannya, Chutki (Pooja Ruparel) seketika tidak menyukai tunangan Simran, Kuljeet karena sifatnya yang arogan.

Keesokan paginya Raj tiba di rumah dimana Simran tinggal dan mereka bertemu kembali. Dia meminta kawin lari dengan Raj, tapi Raj menolak dan mengatakan akan menikahinya kalau ayahnya setuju.

Raj berteman dengan Kuljeet dan dengan cepat dia diterima oleh keluarga Kuljeet. Berikutnya ayah Raj tiba di India dan juga menjadi teman keluarga Simran dan Kuljeet. Bahkan adik Kuljeet, Preeti jatuh cinta pada Raj.

Namun Lajjo dan Chutki mengetahui Raj adalah pria yang ditemui Simran di Eropa. Lajjo meminta putrinya agar kabur bersama Raj, tapi Raj menolak.

Sementara Baldev mengenali Raj sebagai pria yang kabur membawa birnya. Tapi dia tetap menerima keberadaan Raj. Namun setelah dia menemukan foto kebersamaan Raj dan Simran di Eropa, dia menampar dan mempermalukan Raj.

Raj dan ayahnya diusir, mereka menunggu di stasiun kereta api. Kuljeet yang mengetahui hubungan Raj dan Simran, marah. Dia dan teman-temannya menyerang Raj di stasiun, bahkan memukul ayah Raj.

Hal ini membuat Raj melawan balik dan menjatuhkan Kuljeet dan teman-temannya. Simran dan keluarganya juga berada di stasiun dan menyaksikan semua itu.

Saat Raj dan ayahnya pergi dengan menaiki kereta, Simran memohon pada ayahnya agar dia dibiarkan pergi. Dia mengatakan tidak bisa hidup tanpa Raj.

Baldev yang menyadari tidak ada orang yang mencintai putrinya sebagaimana Raj lakukan, membiarkan Simran pergi. Dia berlari ke Raj yang menangkapnya sementara kereta bergerak pergi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.