Nyai Ahmad Dahlan (2017)

Diposting pada

Nyai Ahmad Dahlan adalah film biopik yang mengisahkan tentang kehidupan Siti Walidah, isteri dari KH Ahmad Dahlan. Siti lahir dari Kampung Kauman, Yogyakarta. Dia wanita biasa dengan pergaulan yang terbatas dan tidak mendapatkan pendidikan formal. Dia adalah putri dari seorang Kyai dan anggota Kesultanan Yogyakarta. Dia mendapatkan pendidikan agama Islam di rumah.

Setelah menikah dengan sepupunya sendiri, KH Ahmad Dahlan, kehidupannya berubah. Dia menjadi Nyai Ahmad Dahlan. Suaminya adalah laki-laki yang berpikiran maju dan mendukung isterinya untuk bersama-sama membangun bangsa. Saat menikah, KH Ahmad Dahlan sedang gencar-gencarnya mengembangkan Muhammadiyah yang berpikiran lebih maju. Dia kerap mendapatkan ancaman dari kaum konservatif. Nyai Ahmad Dahlan setia mendampingi.

Pergaulannya yang luas dengan tokoh-tokoh Muhammadiyah dan tokoh bangsa lainnya, membuat Nyai Ahmad Dahlan menjadi wanita yang berpikiran luas. Dia mengenal secara pribadi tokoh-tokoh seperti Jenderal Sudirman, Bung Tomo, Sukarno, Kyai Haji Mas Mansyur dan lainnya.

Berkat peranannya pula, dia merintis kelompok pengajian untuk memberikan ilmu agama pada wanita. Dia mendirikan organisasi yang bernama Aisyiyah untuk memajukan perempuan. Bukan perkara gampang membangun sebuah organisasi perempuan dalam masa di mana perempuan tidak diperkenankan untuk beraktivitas di luar rumah. Namun para pengurus Aisyiyah berjuang agar wanita diperkenankan untuk memberikan kontribusi bagi keluarga, bangsa dan negara. Nyai Ahmad Dahlan setuju dengan kodrat perempuan, namun peran mereka harus disepadankan dengan laki-laki dan tidak boleh dianggap lebih rendah.

Meskipun KH Ahmad Dahlan meninggal pada 1923, Nyai tetap melanjutkan perjuangannya dengan bergiat di Aisyiyah dan Muhammadiyah.

Saat Jepang menjajah Indonesia, Nyai Ahmad Dahlan berusaha menentang penjajah Jepang. Dia melarang warga menyembah dewa Matahari. Dia juga aktif mendirikan dapur umum untuk para pejuang. Kehidupannya bersama KH Ahmad Dahlan menggambarkan bagaimana cinta yang didedikasikan untuk membangun bangsa dan berjuang melawan penjajah.

Semua kisah menyentuh kehidupan Nyai Ahmad Dahlan bisa Anda saksikan di filmnya yang beredar pada 24 Agustus 2017.

Poster film Nyai Ahmad Dahlan :

poster film nyai ahmad dahlan

Informasi film Nyai Ahmad Dahlan :

Jenis Film :
Drama

Produser :
Dyah Kalsitorini, Widyastuti

Sutradara :
Olla Ata Adonara

Penulis :
Dyah Kalsitorini

Produksi :
Iras Film

Pemain:
Tika Bravani, David Chalik, Cok Simbara, Della Puspita, Egy Fedly

Tanggal rilis:
24 Agustus 2017

Trailer film Nyai Ahmad Dahlan :

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.