Surau dan Silek (2017)

Diposting pada

Film berjudul “Surau dan Silek” atau yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti surau atau mushola dan silat ini merupakan film keluarga yang berlatar belakang budaya masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat. Film besutan sutradara muda Arief Malinmudo ini dijadwalkan akan mulai diputar di bioskop-bioskop seluruh Indonesia mulai 27 April 2017. “Surau dan Silek” diproduksi oleh Mahakarya Pictures dan diproduseri oleh Dendy Reynando, Emil Bias, dan Gilang Dirga (aktor film “Rumah Kentang” – 2012 dan “Samudera Hotel/ 308” – 2013).

Gilang Dirga (pemeran guru silat bernama Rustam) berpendapat film ini dapat memberikan alternatif tontonan untuk semua umur terutama anak-anak. Selain Gilang Dirga, film “Surau dan Silek” ini juga dibintangi oleh Dewi Irawan (Terjebak Nostalgia – 2016), Komo Ricky (Pulau Hantu 3 – 2012), Praz Teguh (Get Up Stand Up – 2016), dan Yusril Katil. Menurut sang sutradara, Arief Malinmudo, film ini bercerita tentang harapan, ambisi, dan menemukan jati diri.

Film ini dibuat berdasarkan budaya Minangkabau, dimana salah satu nilai dasar dalam masyarakat Minangkabau adalah mereka percaya bahwa pendidikan di surau adalah yang terbaik bagi generasi muda. Dari surau inilah para generasi muda dapat menimba ilmu agama sebagai dasar dalam berperilaku serta belajar ilmu silat atau yang dalam bahasa Minangkabau disebut silek. Budaya Minangkabau sudah melahirkan banyak tokoh yang ikut andil dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, sebut saja Wakil Presiden pertama Republik Indonesia, Mohammad Hatta, Agus Salim, Tan Malaka, Hamka, Soetan Sjahrir, M. Natsir, Chairil Anwar, Usmar Ismail, dan lainnya.

Sinopsis film Surau dan Silek :

Film ini bercerita tentang Adil (diperankan oleh Muhammad Razi) yang merupakan seorang anak yatim yang berusaha menjadi anak yang soleh karena ingin ayahnya masuk surga. Di saat yang bersamaan, Adil juga sangat berambisi memenangkan pertandingan silat di kampungnya karena sebelumnya ia kalah dari Hardi (diperankan F. Barry Cheen) dengan cara dicurangi. Hardi pun mengelak dan menuduh Adil hanya mencari-cari atas kekalahannya. Dayat (diperankan Bima Jousant) dan Kurip (diperankan Bintang Khairafi) yang merupakan sahabat Adil mendukung upaya balas dendam Adil. Dengan semangat yang membara, mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi pertandingan yang akan diselenggarakan enam bulan kemudian.

Tiga sekawan ini menghadapi berbagai rintangan mulai dari perginya guru silat mereka, Rustam (diperankan Gilang Dirga) untuk merantau, keinginan Adil yang bertentangan dengan ambisinya, pertikaian yang terjadi di antara mereka, bully-an Hardi dan kawan-kawan kepada mereka, serta usaha untuk menemukan guru silat pengganti yang gagal sementara waktu terus berjalan. Rani (diperankan Randu Arini), teman sekolah mereka yang mengagumi Adil, diam-diam berusaha mencarikan solusi. Berkat usaha Rani, semua rintangan yang dihadapi Adil, Kurip, dan Dayat dapat teratasi. Berhasilkah mereka menemukan guru silat pengganti dan memenangi pertandingan? Saksikan di bioskop mulai 27 April 2017.

Poster film Surau dan Silek :

poster surau dan silek

Informasi film Surau dan Silek :

Produser:
Emil Bias, Gilang Dirga, Dendi Reynando

Sutradara:
Arief Malinmudo

Penulis:
Arief Malinmudo, Adi Krishna, Dendi Reynando, Muhammad Arief

Pemeran:
Muhammad Razi, F Barry Cheen, Randu Arini, Bima Jousant, Bintang Khairafi, Gilang Dirga

Tanggal rilis:
Thursday, 27 April 2017

Trailer film Surau dan Silek :

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.