Sinopsis EX MACHINA (2014) Lengkap

Diposting pada

Sinopsis Ex Machina – Film Ex Machina (2014) mengisahkan seorang programmer yang diundang oleh CEO perusahaannya untuk melakukan tes terhadap robot manusia yang memiliki kecerdasan buatan.

Film ini diarahkan oleh Alex  Garland dimana film ini merupakan debut perdananya sebagai sutradara. Naskah film juga ditulis oleh Garland, sementara posisi pemain film diisi oleh Domhnall Gleeson, Alicia Vikander dan Oscar Isaac.

Di film ini, tokoh sentralnya adalah sebuah robot berkecerdasan buatan bernama Ava yang diperankan oleh Vikander. Nama Ava diambil dari Eve dengan alasan Ava adalah robot pertama yang memiliki kecerdasan sendiri.

Namun jangan bayangkan Anda akan menyaksikan film fiksi ilmiah yang dibumbui action. Film ini agak kelam dan mengandung unsur thriller dengan plot-twist di akhir cerita.

Sebelum bermain di film ini, Vikander terlibat dalam film Testament of Youth (2014) dimana dia memerankan karakter utama Vera Brittain.

Sebagai film independen, Ex Machina meraup kesuksesan besar, bahkan dinobatkan sebagai film independen terbaik pada tahun 2014.

Ajang Oscar ke-88 juga memberikan penghargaan pada Ex Machina sebagai Film Terbaik dalam Efek Visual untuk seniman Andrew Whitehurst, Paul Norris, Mark Williams Ardington dan Sara Bennett.

Garland juga dinominasikan sebagai penerima Piala Oscar untuk kategori Best Original Screenplay, sementara penampilan Vikander memenangkan berbagai nominasi di antaranya Golden Glober Award, BAFTA Award, Empire Award dan Saturn Award.

Film ini sendiri berhasil menjadi film yang masuk nominasi BAFTA Award untuk Film Inggris Terbaik dan Hugo Award untuk kategori Best Dramatic Presentation. Di pasaran, Ex Machina meraup penghasilan $36 juta mengalahkan biaya produksinya yang hanya $15 juta.

Bagaimana kisahnya? Simak sinopsis Ex Machina berikut ini.

Sinopsis

Caleb, programmer berusia 26 tahun yang bekerja di perusahaan internet terbesar di dunia, memenangkan kompetisi untuk menghabiskan waktu seminggu di sebuah hunian pribadi di pegunungan. Hunian ini dimiliki oleh Nathan, CEO perusahaan tersebut.

Tapi saat Caleb tiba di lokasi terpencil tersebut, dia menemukan bahwa dia sedang mengikuti eksperimen aneh dan menarik dimana dia harus berinteraksi dengan kecerdasan buatan nyata yang pertama di dunia, sebuah gadis robot yang cantik yang mengurus rumah tersebut.

Sinopsis Ex MachinaJenis film: Fiksi Ilmiah, Psikologikal, Thriller
Sutradara: Alex Garland
Produser: Andrew Macdonald, Allon Reich
Penulis: Alex Garland
Pemain: Domhnall Gleeson, Alicia Vikander, Oscar Isaac
Perusahaan produksi: Film4, DNA Films
Distributor: A24 (AS), Universal Pictures (Internasional)
Tanggal rilis: 16 Desember 2014 (BFI Southbank), 21 Januari 2015 (Inggris), 10 April 2015 (Amerika Serikat)
Durasi film: 10 menit

Pemain dan karakter

  • Domhnall Gleeson sebagai Caleb Smith,progragmer yang bekerja di perusahaan internet
  • Alicia Vikander sebagai Ava, sebagai robot yang memiliki kecerdasan buatan
  • Oscar Isaac sebagai Nathan Bateman, CEO perusahaan
  • Sonoya Mizuno sebagai Kyoko, android yang juga memiliki kecerdasan buatan

Trailer

Plot

Programmer bernama Caleb Smith yang bekerja di perusahaan mesin pencari ternama, Blue Book, memenangkan kontes di kantor untuk menghabiskan satu minggu di rumah mewah yang terisolasi. Rumah ini adalah milik sang CEO, Nathan Bateman yang hidup sendiri bersama pengurus rumah tangganya, Kyoko yang menurut Nathan tidak bisa berbahasa Inggris.

Nathan juga membuat robot humanoid wanita bernama Ava dengan kecerdasan buatan. Ava bisa melewati tes Turing sederhana dan Nathan ingin Caleb menilai apakah Ava benar-benar mampu berpikir dan berkesadaran, dan apakah dia dapat berhubungan dengan Ava tanpa mengetahui dia hanya buatan.

Ava memiliki tubuh robot tapi dengan wajah seperti manusia dan dia hanya berada di apartemen pada area yang dibatasi. Selama mereka bercakap-cakap, Caleb mulai tertarik pada Ava. Ava mengekspresikan ketertarikan romantis padanya dan keinginan untuk mengalami dunia luar.

Ava mengatakan padanya bahwa dia dapat mematikan sementara sistem pengawasan yang digunakan Nathan untuk mengawasi interaksi mereka. Hal ini bisa membuat mereka berbicara secara pribadi. Listrik mati sehingga sistem keamanan gedung mengunci seluruh pintu. Selama itu, Ava mengatakan pada Caleb bahwa Nathan adalah seorang pembohong yang tidak bisa dipercaya.

Caleb mulai menumbuhkan ketidaknyaman pada Nathan yang narsis, suka minum dan berperilaku kasar pada Kyoko dan Ava. Dia tahu Nathan berniat meningkatkan kemampuan Ava, “membunuh” kepribadiannya yang sekarang dalam proses upgrade itu. Itu juga berarti menghapus memori Ava, termasuk interaksinya dengan Caleb.

Setelah minum, Nathan pingsan, Caleb mencuri kartu keamanan untuk mengakses ruangan dan komputernya. Dia menemukan video interaksi Nathan dengan android sebelumnya yang begitu mengganggu. Dia juga mengetahui Kyoko adalah android. Sekarang dia mulai curiga bahwa dirinya sendiri mungkin juga android.

Caleb mengiris lengannya untuk memeriksa pembuluh darahnya, dia berdarah, yang berarti dia seorang manusia. Di pertemuan selanjutnya, Ava mematikan listerik. Caleb menjelaskan apa yang Nathan lakukan dan Ava memohon bantuannya.

Mereka membuat rencana. Caleb akan membuat Nathan mabuk lagi dan memprogram ulang sistem keamanan untuk membuka pintu, bukan malah mengunci saat terjadi kegagalan daya. Ketika Ava mematikan listrik, Caleb dan Ava akan pergi bersama.

Bagaimana nasib Caleb dan Ava selanjutnya? Saksikan sendiri film Ex Machina di layar kaca kesayangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.