Sinopsis Star Trek (2009), Kisah Petulangan Kapten James Kirk

Diposting pada

Star Trek adalah film Amerika yang diadaptasi dari serial televisi bertajuk sama besutan Gene Roddenberry. Diproduksi oleh Spyglass Entertainment dan Bad Robot Productions, film ini ditayangkan pertama kali pada 7 April 2009 pada Sydney Opera House dan dirilis secara resmi pada 8 Mei 2009 oleh Paramount Pictures.

Skenario film ini digarap oleh Roberto Orci dan Alex Kurtzman, sedangkan posisi sutradara dipercayakan kepada J. J. Abrams. Tak hanya dikenal sebagai sutradara, J.J. Abrams juga aktif sebagai penulis buku komik, produser, penulis skenario, dan musisi. Sebagai seorang sutradara, ia telah membesut beberapa judul film, seperti Mission: Impossible III, Super 8, dan Star wars: The Force Awakens.

Peran utama dalam film ini dipercayakan kepada Chris Pine. Chris Pine adalah aktor Amerika yang telah membintangi sejumlah film populer. Beberapa hit film yang telah ia bintangi, antara lain Into the Woods, The Finest Hours, dan Wonder Woman. Dalam film ini ia memerankan karakter James T. Kirk, kapten USS Enterprise.

Selanjutnya ada Zachary Quinto yang didapuk memerankan karakter Spock. Spock adalah perwira sains dan perwira utama dalam kapal USS Enterprise. Zachary Quinto adalah aktor dan produser Amerika yang telah banyak membintangi film populer. Beberapa judul film yang telah ia bintangi, antara lain Snowden, Hitman: Agent 47, dan Who We Are Now.

Karakter berikutnya adalah Dr. Leonard “Bones” McCoy yang diperankan oleh Karl Urban. Karl Urban adalah aktor berkebangsaan New Zealand yang telah membintangi sejumlah film populer, seperti The Lord of the Rings: The Two Towers, Doom, dan Thor: Ragnarok. Karakter Leonard McCoy yang ia mainkan adalah seorang kepala petugas medis USS Enterprise yang juga bersahabat dengan kapten Kirk.

Selain para pemeran di atas, film ini juga dibintangi oleh Zoe Saldana, Simon Pegg, John Cho, Anton Yelchin, Eric Bana, Bruce Greenwood, Ben Cross, Winona Ryder, Clifton Collins, Chris Hemsworth, Jennifer Morrison, Rachel Nichols, Faran Tahir, dan masih banyak lagi.

Sinopsis

Star Trek mengisahkan tentang James T. Kirk, pemuda pembangkang yang mencoba untuk hidup sesuai dengan wasiat ayahnya. Ia adalah pemimpin dari USS Enterprise, dimana ia juga didukung oleh Tuan Spock dan Dr. Leonard H. “Bones” McCoy untuk mengendalikan diri sebagai Romulan pendendam dari masa depan yang dapat menghancurkan federasi satu planet sewaktu-waktu.

poster star trek 2009Jenis film: Fiksi Ilmiah
Sutradara: J. J. Abrams
Produser: J. J. Abrams, Damon Lindelof
Penulis: Roberto Orci, Alex Kurtzman
Adaptasi: Star Trek (serial televisi) ciptaan Gene Roddenberry
Pemain: John Cho, Ben Cross, Bruce Greenwood, Simon Pegg, Chris Pine, Zachary Quinto, Winona Ryder, Zoe Saldana, Karl Urban, Anton Yelchin, Eric Bana, Leonard Nimoy
Musik: Michael Giacchino
Sinematografer: Dan Mindel
Editor: Mary Jo Markey, Maryann Brandon
Produksi: Spyglass Entertainment, Bad Robot Productions
Distributor: Paramount Pictures
Tanggal rilis: 7 April 2009 (Sydney Opera House), 8 Mei 2009 (AS)
Durasi film: 127 menit

Plot

Pada abad 23, kapal luar angkasa Federasi, USS Kelvin, sedang menyelidiki sebuah badai petir di ruang angkasa. Kapal Romulan, Narada, muncul dari badai dan menyerang Kelvin. Petugas pertama Narada, Ayel menuntut kapten Kelvin, Robau datang ke kapal untuk bernegosiasi gencatan senjata. Robau ditanya mengenai “stardate” saat ini dan “Duta Besar Spock” tidak dikenalinya. Komandan Narada, Nero membunuhnya dan melanjutkan serangan ke Kelvin. George Kirk, petugas pertama Kelvin, memerintahkan personel pesawat, termasuk istrinya yang sedang hamil, Winona, meninggalkan kapal ketika dia mengemudikan Kelvin ke dalam sebuah tabrakan dengan Narada. Kirk mengorbankan dirinya untuk memastikan Winona bertahan ketika dia melahirkan James T. Kirk.

17 tahun kemudian di planet Vulcan, Spock muda diterima bergabung ke Akademi Sains Vulcan. Menyadari bahwa Akademi melihat ibunya yang manusia, Amanda, sebagai “mudharat”. Dia bergabung ke Starfleet. Di bumi, Kirk menjadi seorang anak muda yang gegabah, tapi pandai. Dalam perkelahian di bar dengan kadet-kadet Starleet yang bersama Nyota Uhura, Kirk bertemu Kapten Christopher Pike, yang mendorong dia untuk mendaftar di Akademi Starfleet, di mana Kirk bertemu dan berteman dengan Leonard McCoy.

Tiga tahun kemudian, Komander Spock menuduh Kirk curang dalam simulasi Kobayashi Maru. Kirk beralasan kecurangannya dapat diterima karena simulasi itu didesain tidak terkalahkan. Sidang penegakan disiplin itu terganggu oleh sinyal tanda bahaya dari Vulcan. Kadet dimobilisasi. McCoy dan Kirk naik ke kapal Pike, Enterprise. Menyadari bahwa badai petir yang diamati di dekat Vulcan sama dengan salah satu badai yang terjadi saat dia dilahirkan, Kirk melanggar protokol untuk meyakinkan Pike bahwa sinyal itu adalah sebuah perangkap.

Enterprise tiba dan menemukan armada dihancurkan dan Narada mengebor ke inti Vulcan. Narada menyerang Enterprise dan Pike menyerah, menyerahkan komando kapal ke Spock dan mempromosikan Kirk menjadi petugas pertama. Kirk, Hikaru Sulu dan kepala insinyur Olson melakukan lompatan angkasa menuju peron pengeboran. Olson terbunuh di pertengahan lompatan, tapi Kirk dan Sulu sukses mencapai dan menonaktifkan bor. Terlepas dari usaha Enterprises, Nero meluncurkan “red matter” ke inti Vulcan, membentuk lubang hitam buatan yang menghancurkan Vulcan. Enterprises mampu menyelamatkan ayah Spock, Sarek dan majelis tinggi, tapi tidak Amanda, yang meninggal sebelum transporter dapat mengunci dia dengan benar. Saat Narada bergerak ke bumi, Nero menyiksa Pike untuk mendapatkan akses kode pertahanan bumi.

Bagaimana akhir dari kisah seru ini? Saksikan film Star Trek di layar kaca kesayangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.