Sinopsis SHOPLIFTERS (2018) Lengkap

Diposting pada

Film Shoplifters berkisah tentang keluarga yang mengandalkan pendapatkan keluarga dengan mengutil karena keadaan keluarga yang miskin dengan banyak anggota keluarga.

Shoplifters adalah film drama keluarga Jepang yang disutradari oleh Hirokazu Kore-eda. Dibintangi oleh Lily Franky dan Sakura Ando.

Hirokazu Kore-eda sebagai sutradara sebelumnya juga telah menggarap beberapa film drama keluarga yang tak kalah mengagumkan. Mulai dari Still Walking (2008), Hana (2006), After The Storm (2016), dan masih banyak lagi.

Sementara sang pemeran utama Lily Franky adalah seorang aktor yang pernah bermain juga di salah satu film Hirokazu, Like Father, Like Son (2013) dan After Strom. Beberapa film lain yang pernah dimainkan oleh Franky adalah Scoop! (2016) dan Our Little Sister (2015).

Shoplifters tayang perdana di Cannes Film Festival pada tanggal 13 Mei 2018, yang mengantar film ini sebagai pemenang di Palme d’Or, pengharagaan tertinggi di Cannes Film Festival.

Setelah rilis secara internasional, Shoplifters juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan besar seperti Asia Pacific Screen Award for Best Feature Film dan masuk dalam nominasi Golden Globe Award for Best Foreign Language Film.

Sinopsis

Shoplifters bercerita tentang sebuah keluarga yang tinggal di sebuah rumah kecil di Tokyo. Keluarga tersebut terdiri dari beberapa orang;

Osamu (Lily Franky) seorang buruh harian yang akhirnya harus kehilangan pekerjaan karena kakinya yang terluka, sementara istrinya, Nobuyo (Sakura Ando) adalah seorang pekerja di industri laundry.

Osamu dan anaknya yang masih kecil, Shota, tiap harinya mengutil untuk kebutuhan sehari-hari. Hingga suatu hari, di malam yang dingin, ia mereka bertemu dengan seorang gadis cilik yang terkunci di luar balkon apartement-nya, Yuri.

Mereka pun mengajak Yuri pulang hanya dengan tujuan mengundangnya untuk makan malam. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menjaga Yuri karena melihat tanda-tanda kekerasan dialami oleh Yuri.

Sinopsis ShopliftersJenis film: Drama
Sutradara: Hirokazu Kore-eda
Produser: Matsuzaki Kaoru, Yose Akihiko, Taguchi Hijiri
Penulis: Hirokazu Kore-eda
Pemain: Lily Franky, Sakura Ando, Mayu Matsuoka, Kairi Jō, Miyu Sasaki, Kirin Kiki
Rumah produksi: Aoi Pro, Inc.
Distributor: GAGA Pictures
Tanggal rilis: 13 Mei 2018 (Cannes), 8 Juni 2018 (Jepang)
Durasi film: 121 menit

Plot

Di Tokyo hiduplah sekelompok orang miskin. Yang pertama bernama Osamu. Dia bekerja sebagai buruh harian, namun terpaksa berhenti karena kakinya patah;

Wanita bernama Nobuya bekerja di jasa pencucian pakaian. Aki pekerja sebagai pemandu di klub malam.  Selain itu ada juga anak laki-laki bernama Shota dan Hatsue, wanita tua pemilik rumah yang sering membantu mereka dengan uang pensiunan suaminya.

Osamu dan Shota sering mengutil barang di toko menggunakan tangan untuk berkomunikasi. Osamu berkata pada Shota tidak apa-apa untuk mencuri barang yang tidak dijual karena mereka tak memiliki apapun.

Suatu malah yang dingin, mereka melihat Yuri, anak perempuan tetangga yang seriung dikunci di balkon apartemen. Mereka membawanya ke rumah untuk makan malam.

Setelah mereka melihat Yuri sering mengalami kekerasan, mereka membiarkannya tinggal. Yuri kini bersama keluarganya yang baru dan belajar mengutil dari Osamu dan Shota.

Osamu mendesak Shota agar menganggapnya sebagai ayah dan Yuri sebagai saudarinya, tapi Shota enggan. Keluarga ini juga mengetahu polisi sedang mencari Yuri yang hilang. Mereka memotong rambut Yuri dan memberinya nama baru, Lin.

Hatsue mengunjungi putra suami dari pernikahannya yang kedua. Dia sering menerima uang darinya dan isterinya. Mereka adalah orang tua Aki, percaya bahwa putri mereka tinggal di Australia.

Keluarga ini mengunjungi pantai dan Hatsue mengekspresikan rasa puas bahwa dia tidak akan meninggal sendirian. Saat dia rumah, dia meninggal dalam tidurnya.

Osamu dan Nobuyo mengubur dia di bawah rumah dan tetap mengambil uang pensiun tanpa melaporkan kematiannya.

Osamu mencuri tas tangan dari sebuah mobil. Shota merasa tidak senang karena hal ini melanggar kode moral mereka. Shota mengingat dia bergabung dengan mereka setelah Osamu dan Nobuya menemukan dia di mobil yang terkunci.

Semakin bersalah karena telah mengajarkan Yuri mencuri, Shota menghalangi Yuri mencuri. Dia mencuri sendiri buah dari toko kelontong di hadapan penjaga toko.

Dia terpojok, melompat dari jembatan dan kakinya patah. Shota masuk rumah sakit dan ditahan. Osamu dan Nobuyo menarik perhatian polisi. Bagaimana nasib mereka? Saksikan film Shoplifters di layar kaca kesayangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.