Princess Mononoke (1997)

Diposting pada

Sebuah desa Emishi, di Muromachi Jepang, diserang oleh iblis. Pangeran terakhir Emishi, Ashitaka, membunuh iblis itu sebelum sampai ke desa, tapi dia terkena kutukan yang memberikannya kekuatan super pada lengannya, tapi pada akhirnya akan membunuhnya. Penduduk desa menemukan iblis tersebut bernama Nago, dewa babi hutan, dengan bola besi di dalam tubuhnya. Seorang wanita sesepuh di desa mengatakan Ashitaka mungkin akan menemukan penyembuhnya di wilayah barat, tempat Nago berasal. Tapi Ashitaka tidak bisa kembali ke tempat tinggalnya.

Dia pun menempuh perjalanan ke arah barat. Dalam perjalanan, dia bertemu Jiko-bō, seorang biarawan pengembara yang memberitahu dia bisa mendapatkan pertolongan dari Ruh Hutan yang menjelma menjadi Kirin pada siang hari dan raksasa yang berkeliaran pada malam hari. Tak jauh dari lokasinya, para pria membawa sapi ke Irontown dipimpin oleh Lady Eboshi. Mereka diserang oleh kawanan serigala di bawah pimpinan dewi srigala Moro. Salah seorang yang mengendarai serigala adalah San, seorang gadis manusia. Ashitaka menemukan dua orang Irontown yang terluka. Dia melihat San dan kawanan serigala, berusaha menyapa mereka, tapi mereka pergi.Ashitaka membawa orang-orang yang terluka melewati hutan, bertemu dengan banyak kodama dan Roh Hutan.

Di Irontown, Ashitaka mengetahui Eboshi telah membangun kota dengan cara membersihkan hutan untuk mendapatkan besi. Hal ini membuat mereka berkonflik dengan dewa hutan. Kota ini dijadikan sebagai tempat berlindung orang-orang yang terbuang, seperti mantan pekerja rumah bordil dan penderita kusta. Eboshi menggunakan mereka untuk memproduksi senjata api dan mengendalikan para dewa. Nago yang berubah menjadi iblis adalah salah satu senjata Eboshi. Dia juga memberitahukan perihal San, Princess Mononoke, julukan yang diberikan padanya, adalah anak manusia yang dibesarkan oleh kawanan serigala. Dia membenci manusia.

San menyusup ke Irontown untuk membunuh Eboshi, tapi Ashitaka menghadang, membuat mereka berdua tak sadarkan diri. Secara tak sengaja Ashitaka ditembak oleh penduduk desa, saat mereka akan pergi, kutukan itu bekerja sehingga Ashitaka bisa membawa San melarikan diri dari desa. San terbangun dan berniat membunuh Ashitaka yang dalam keadaan lemah. Namun, dia ragu saat Ashitaka mengatakan dia cantik. Dia membawa Ashitaka ke hutan, dan memutuskan percaya padanya, setelah Roh Hutan mau menyelamatkan nyawa pria itu. Bagaimakan kisah selanjutnya? Anda harus menyaksikan sendiri film ini.

Poster film Princess Mononoke :

poster princess mononoke

Informasi film Princess Mononoke :

Sutradara:
Hayao Miyazaki

Produser:
Toshio Suzuki

Ditulis oleh:
Hayao Miyazaki

Pemain:
Yōji Matsuda, Yuriko Ishida, Yūko Tanaka, Kaoru Kobayashi, Masahiko Nishimura, Tsunehiko Kamijo, Akihiro Miwa, Mitsuko Mori, Hisaya Morishige

Penata musik:
Joe Hisaishi

Sinematografer:
Atsushi Okui

Editor:
Takeshi Seyama

Rumah produksi:
Studio Ghibli

Distributor:
Toho

Tanggal rilis:
12 Juli 1997

Durasi :
134 menit

Negara pembuatan:
Jepang

Bahasa:
Jepang

Trailer film Princess Mononoke :

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.