Toilet: Ek Prem Katha (2017)

Diposting pada

Film yang disutradai oleh Shree Narayan Singh yang berjudul Toilet : Ek Prem Katha atau yang diadaptasi ke bahasa inggris dengan judul Toilet : A Love Story. Film yang ditulis oleh duet Garima Wahal dan Siddhart Singh yang menuliskan naskah film dimana terdapat kesamaan antara kisah nyata dimana Priyanka Bharti yang akhirnya melarikan diri dari rumah suaminya dikarenakan tidak adanya toilet. Di akhir film, telah diberi pemberitahuan bahwa hal tersebut diangkat berdasarkan kisah dari Anita Narre yang berasal dari Madhya Paradesh yang tidak ingin kembali kerumah sang suami yang bernama Shivam dikarenakan minimnya toilet.

Sebenarnya film ini dirilis sebagai pesan terhadap pentingnya kebersihan atau sanitasi. Dengan melakukan kampanye melalui film yang mendukung larangan tentang pembuangan feses atau BAB sembarangan. Film komedi cinta yang dibuat agar mendukung gerakan pemerintah agar tidak sembarangan membuang air besar pada daerah pedesaan di India kusunya. Didalam film ini juga memberikan pengetahuan tentang pentingnya sebuah toilet dirumah, yang ceritanya disambungkan dengan salah satu kampanye pemerintah kebersihan nasional Modi. Proyek kebersihan tersebut adalah Swachch Bharat Abhiyan yang dapat diartikan sebagai “Gerakan India Bersih”. Film ini telah dirilis tanggal 11 Agustus 2017 tepat sebelum dirayakannya hari kemerdekaan bangsa India.

Film ini dibuka dengan adegan di sebuah desa yang mana disuguhi pemandangan sekelompok wanita yang harus pergi jauh kedalam perkebunan pada saat dini hari hanya untuk buang air besar di beberapa tempat terbuka di dalam semak – semak. Sedangkan Keshav yang diperankan oleh aktor Akshay Kumar dipaksa sang ayah untuk menikah dengan seekor kerbau bewarna hitam. Di mana sang ayah sangat fanatik akan mitos dan tahayul. Ia merasa menikahkan sang anak akan membawa nasib baik pada keluarganya.

Toilet: Ek Prem Katha adalah film yang menyuguhkan kisah cinta antara Keshav dan Jaya yang diperankan oleh Akshay Kumar dan aktris Bhumi Pednekar yang mengutamakan masalah antara pentingnya toilet di rumah mereka. Keshav yang sadar akan pentingnya toilet membangun sebuah toilet dan berusaha meyakinkan masyarakat desa tentang keutamaan toilet. Namun sang ayah tetap enggan dan bahkan menghancurkan toilet yang telah dibangunnya. Hingga ia dan Jaya harus mengalami sidang perceraian karena tidak memiliki toilet. Hingga pada suatu ketika sebuah bencana kecil yang menimpa ibu Keshav, istri dari ayahnya terjatuh saat hendak keluar rumah untuk buang air besar.

Walaupun terdapat kontroversi dimana Praveen Vyas sang pembuat film “Manini” yang mengangkat tema yang sama. Ia mengkalaim bahwa ada adegan dan dialog dari film toilet yang telah dicuri dari filmnya. Tapi film toilet ini mendapatkan sambutan yang bagus bahkan mendapat pujian dari perdana menteri India. Sang perdana menteri menyampaikan bahwa kampanye yang dihadirkan di film ini adalah cara baik untuk menyampaikan pesan kebersihan.

Poster film Toilet: Ek Prem Katha

Toilet: Ek Prem Katha

Informasi film Toilet: Ek Prem Katha :

Sutradara:
Shree Narayan Singh

Produser:
Aruna Bhatia
Shital Bhatia
Prernaa Arora
Arjun N. Kapoor
Hitesh Thakkar

Ditulis oleh:
Siddharth Singh
Garima Wahal

Pemain:
Akshay Kumar, Bhumi Pednekar, Anupam Kher, Divyendu Sharma

Musik:
Vickey Prasad
Manas-Shikhar
Sachet-Parampara

Penata score (musik) film:
Surender Sodhi

Sinematografer:
Anshuman Mahaley

Editor:
Shree Narayan Singh

Rumah produksi:
Viacom 18 Motion Pictures
KriArj Entertainment
Neeraj Pandey
Plan C Studios
Cape of Good Films LLP

Distributor:
Viacom 18 Motion Pictures

Tanggal rilis:
11 Agustus 2017

Durasi film:
155 menit

Negeri asal:
India

Bahasa:
Hindi

Biaya:
₹18 crore

Pendapatan box office:
₹212.10 crore

(Sumber: Wikipedia.org)

Karakter dalam film Toilet: Ek Prem Katha :

  • Akshay Kumar sebagai Keshav Sharma
  • Bhumi Pednekar sebagai Jaya Sharma (née Joshi)
  • Divyendu Sharma sebagai Narayan (“Naru”) Sharma
  • Anupam Kher sebagai Dinanath (“DJ Kakka”) Joshi
  • Sudhir Pandey sebagai Pandit Vimalnath Sharma (“Panditji” or “Vimu”), Keshav dan ayahnya Naru
  • Atul Srivastava sebagai Atul Joshi, ayahnya Jaya
  • Ayesha Raza Mishra sebagai Vidya Joshi, ibunya Jaya
  • Rajesh Sharma sebagai Mathur
  • Shubha Khote sebagai Rampyari (“Dadi”) Sharma, neneknya Keshav
  • Sachin Khedekar sebagai direktur
  • Sana Khan sebagai kekasih Akshay Kumar’s (cameo)

Trailer film Toilet: Ek Prem Katha

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.