Sinopsis THE PERFECT STORM: Nelayan Melawan Badai

Diposting pada

Sinopsis The Perfect Storm – Film The Perfect Storm (2000) mengisahkan sekelompok nelayan yang menghadapi badai terburuk dari atas kapal penangkap ikan mereka.

The Perfect Storm (2000) merupakan film drama yang bercerita tentang bencana biografi Amerika pada tahun 2000. Film ini bercerita tentang Andrea Gail, kapal penangkap ikan komersial yang hilang di laut dengan semua tangan setelah ditangkap di Perfect Storm tahun 1991.

Film ini disutradari oleh Wolfgang Peterson dan berdasarkan dari buku non fiksi 1997 dengan nama yang sama oleh Sebastian Junger. Peterson merupakan seorang sutradara dan juga penulis skenario film Jerman. Beberapa film yang pernah disutradarainya adalah Troy (2004), Poseidon (2006), dan lain sebagainya.

The Perfect Storm dibintangi oleh George Clooney yang berperan sebagai Frank William “Billy” Tyne Jr., kapten Andrea Gail, perahu pedang. Clooney merupakan aktor Amerika, produser dan juga sutradara yang juga pernah membintangi film Syriana (2006).

Selain itu, Clooney juga beradu akting dengan beberapa akor dan aktris. Diantaranya adalah Mark Walhberg yang berperan sebagai Robert “Bobby” Shatford salah satu orang yang pernah menjadi kru di Andrea Gail. Diane Lane yang berperan sebagai Christina “Chris” Cotter yang merupakan pacar dari Bobby Shatford. Dan masih banyak aktris dan aktor lainnya yang berperan.

Bagaimana keseruan adu akting mereka? Jawabannya hanya dengan menonton langsung film The Perfect Storm. Untuk itu, sekarang simak terlebih dahulu sinopsis Perfect Storm berikut.

Sinopsis

The Perfect Storm merupakan film yang diangkat dari kisah nyata yaitu nelayan yang mempertaruhkan nyawa mereka setiap hari kerja, mengadu perahu mereka dan kapal penyelamat melawan kekuatan alam yang berubah-ubah. Ketakutan terburuk mereka terwujud di laut pada Halloween 1991, ketika mereka dihadapkan oleh tiga cuaca yang bergejolak yang secara tak terduga bertabrakan menghasilkan badai terhebat dan terbesar dalam sejarah modern.

sinopsis the perfect stormSutradara: Wolfgang Petersen
Produser: Paula Weinstein, Wolfgang Petersen, Gail Katz
Penulis naskah: William D. Wittliff dan Bo Goldman
Adaptasi: The Perfect Storm (buku non fiksi), karya Sebastian Junger
Pemain: George ClooneyMark WahlbergDiane Lane, William Fichtner, Karen Allen, Bob Gunton, Mary Elizabeth Mastrantonio, John C. Reilly
Rumah produksi: Baltimore Pictures, Radiant Productions
Distributor: Warner Bros.
Tanggal rilis: 30 Juni 2000
Durasi film: 130 menit

Review

Film Perfect Storm mendapatkan beragam ulasan, dengan rating persetujuan 47% di situs Rotten Tomatoes (diakses tanggal 4 Agustus 2018). Film ini dianggap bagus dalam efek khusus dan cukup mengesankan, tapi kekurangan drama aktual atau karakterisasi. Hasilnya manis untuk mata belaka dan tidak ada yang lain. Meskipun begitu, Perfect Storm meraup sukses komersil dengan membukukan pendapatan $328,7 juta di seluruh dunia, dengan biaya produksi $120 juta. Film ini juga mendapatkan dua nominasi Oscar untuk kategori Efek Visual Terbaik dan Suara Terbaik.

Trailer

Plot

Awas spoiler!

Pada Oktober 1991, kapal penangkap ikan Andrea Gail kembali ke pelabuhan di Gloucester, Massachusetts dengan tangkapan yang minim. Putus asa mencari uang, Kapten Kapal bernama Billy Tyne (Clooney) meyakinkan awak kapal Andrea Gail untuk bergabung dengannya mencari ikan di penghujung musim tangkap. Para awak kapal melewati area penangkapan mereka yang biasanya di Grand Banks of Newfoundland, meninggalkan badai tropis yang sedang berkembangd I belakang mereka.

Awalnya mereka kurang berhasil, hanya sedikit tangkapan. Ketika mereka menuju ke Flemish Cap, keberuntungan mereka meningkat sangat signifikan. Saat tangkapan mereka mencapai puncaknya, mesin pemecah es rusak. Satu-satunya cara agar bisa menjual hasil tangkapan mereka sebelum busuk, adalah dengan buru-buru kembali ke pantai. Setelah berdebat apakah mereka akan melewati badai atau menunggu badai reda, para awak memutuskan mengambil risiko menerjang badai. Padahal di antara Andrea Gail dan Gloucester terdap pertemuan dua kelompok cuaca dan badai. Para kru ini meremehkannya.

Setelah peringatan berulang dari kapal lainnya, Andrea Gail kehilangan antena mereka. Hal ini memaksa Kapen Linda Greenlaw (Mastrantonio) dari kapal Hannah Boden membuat panggilan May Day. Helikopter penyelamat merespon, tapi gagal melakukan pengisian bahan bakar udara. Mereka terpaksa keluar dari helikopter dan diselamatkan oleh kapal penyelamat USCGC Tamaroa, kecuali satu orang yang gagal diselamatkan.

Setelah kapal Andrea Gail menanggung berbagai masalah, para awak berjuang melewati ombak dan angin yang menderu. Sementara itu, teman-teman dan keluarga mereka khawatir dan menunggu kapal yang tidak pernah muncul. Kapal itu bertemu dengan gelombang raksasa. Mereka mencoba mendorong perahu agar menaiki gelombang, tapi gagal, tidak mampu mencapai puncak dan malah terbalik. Billy memilih tetap di kapalnya, sementara sisa awak terperangkan di dalam kapal. Hanya satu, seorang nelayan pemula, Bobby Shatford (Wahlberg) yang berhasil keluar dari kapal. Dia muncul dari dalam laut dan melihat Andrea Gail tepat sebelum tenggelam ke dasar laut. Bobby diam-diam mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang yang dicintainya sebelum ombak tinggi menggulungnya pergi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.