Sinopsis Universal Soldier: The Return (1999)

Diposting pada

Universal Soldier: The Return merupakan sebuah film bergenre action dan fiksi ilmiah. Dirilis pada 20 Agustus 1999 di Amerika Serikat dengan durasi 83 menit, film ini menceritakan tentang kisah pembuatan program tempur menyerupai tentara yang lebih canggih untuk meminimalisasi tentara manusia.

Disutradarai oleh Mic Rodgers dimana film Universal Soldier: The Return merupakan salah satu film aksi debutnya sebagai sutradara. Tidak hanya itu, film Universal Soldier: The Return juga dibintangi oleh sederet aktor terkenal yaitu Jean Claude, Van Damme, Michael Jai Puth, Bill Goldenberg, Heidi Schanz, Kiana Tom, dan Xander Berkeley.

Sayangnya, film ini mendapatkan ulasan negatif dan kurang mendapatkan sambutan di bioskop.

Sinopsis

Adapun sinopsis film Universal Soldier: The Return adalah ahli teknis yang bekerja sama dengan pemerintah Luc diperankan oleh Van Dammed dan pasangannya Maggie diperankan oleh Kiana Tom berhasil mengembangkan dan menciptakan sebuah program tempur bernama UniSols. Unisols tidak dikendalikan secara manusiawi tetapi dikendalikan oleh sebuah teknologi canggih bernama S.E.T.H yang merupakan sebuah sistem komputer artificial cerdas.

Seiring waktu karena perawatan serta pengembangan lanjut program UniSols atau Universal Soldier memakan banyak anggaran maka UniSols dijadwalkan ditutup. Penutupan program tersebut tentunya tidaklah semudah menciptakan, butuh perlindungan serta taktik. Selain itu untuk menutup UniSols juga harus menutup S.E.T.H.

Sudah banyak sekali korban berjatuhan karena akan mematikan S.E.T.H, banyak sekali tentara yang mencoba melakukan tindakan dengan menyerang S.E.T.H. diantaranya ada sebuah pasukan bernama musclebound dipimpin oleh Romeo diperankan oleh Bill Golderberg, adapun cara untuk mematikan S.E.T.H dan melumpuhkan UniSols yaitu dengan menemukan kode rahasia pada program.

Walaupun telah berusaha keras dan sejumlah bantuan telah dikerahkan, masih banyak sekali tentara yang terbunuh. Akankah mereka bisa melumpuhkan UniSols dan menemukan kode rahasia S.E.T.H?, semua jawaban bisa ditemukan secara langsung dengan menonton filmnya.

Baca juga: Sinopsis The 6th Day (2000), Kisah Arnold Schwarzenegger Melawan Konspirasi Kloning Manusia

sinopsis universal soldier the returnJenis film: Fiksi Ilmiah
Sutradara: Mic Rodgers
Produser: Daniel Melnick, Michael I. Rachmil, Jean-Claude Van Damme, Allen Shapiro
Penulis: William Malone, John Fasano
Adaptasi karakter: Richard Rothstein, Christopher Leitch, Dean Devlin
Pemain: Jean-Claude Van Damme, Michael Jai White, Kiana Tom, Daniel von Bargen, Bill Goldberg
Penata musik: Don Davis
Sinematografer: Mike Benson
Editor: Peck Prior
Produksi: Long Road Entertainment, IndieProd Company Productions, Baummgarten-Prophet Entertainment
Distributor: TriStar Pictures
Tanggal rilis: 20 Agustus 1999
Durasi film: 89 menit

Alur Cerita

Tujuh tahun setelah kejadian dalam film pertama, mantan tentara Uni Sol, Luc Deveraux (Jean-Claude Van Damme) kembali normal setelah implan sibernetiknya dilepas. Dia sekarang bekerja sebagai ahli teknik pada Pemerintah AS dengan rekan baru, Maggie (Kiana Tom), yang telah melewati pelatihan tak terhitung waktu bersamanya.

Mereka bekerja menyaring dan menyempurnakan program Uni Sol untuk membuat bibit prajurit yang baru dan lebih kuat yang lebih modern dan cerdas untuk mengurangi penggunaan manusia normal di medan perang.

Semua prajurit UniSol terbaru (Uni Sols 2500) lebih cepat dan lebih kuat daripada UniSols aslinya, yang dihubungkan dengan implan neural melalui sistem komputer kecerdasan buatan hidup, yang disebut S.E.T.H. (Self-Evolving Thought Helix).

Ketika S.E.T.H. menemukan bahwa Program Uni Sol dijadwalkan akan ditutup karena pemotongan anggaran, dia berkhianat dan memutuskan mengambil aksi dengan merancang plot untuk menggulingkan kekuasaan manusia dan mengambil alih dunia dengan menggunakan tentara Uni Sols secara masif.

Pada hari berikutnya, S.E.T.H. melepaskan satu pleton Uni Sol yang dipimpin oleh Romeo (Bill Goldberg), yang mengambil alih gedung Uni Sol. Dalam prosesnya, banyak penghuni gedung terbunuh, termasuk Dr. Dylan Cotner (Xander Barkeley), ilmuwan yang berjasa mengubah Luc kembali normal.

Yang lainnya, seperti Luc, Maggie dan orang-orang lainnya, terpaksa melakukan evakuasi dengan bantuan siberpunk bandel bernama Squid (Brent Hinkley), S.E.T.H. mampu memasukan tubuhnya ke dalam tubuh sebuah Uni Sol (Michael Jai White) untuk memerintah prajurit lainny.

Di saat yang sama, Maggie mengetahui putri Luc, Hilary (Karis Paige Bryant) menderita pembengkakan otak setelah hampir diserang oleh Romeo, dan membawanya ke rumah sakit lokal.

Luc berusaha menemukan cara untuk mematikan S.E.T.H. dengan bantuan dari seorang reporter ambisius yang bernama Erin Young (Heidi Schanz), yang ditinggal mati oleh kameramennya saat terjadi pembantaian. Jenderal Radford (Daniel von Bargen) ingin mengambil sebuah langkah ekstrim dalam menghentikan S.E.T.H., dengan mengirimkan tentara, tapi hampir semua tentara (bersama seorang reporter TV dan krunya) dibantai oleh empat Uni Sol. Bahkan saat Luc berusaha memimpin sebuah tim Army Rangers AS, hampir semuanya dibunuh saat Uni Sol melihat mereka berusaha menyusup masuk ke gedung.

Luc dan Erin kemudian melacak Squid setelah mengetahuai bahwa dia adalah mantan anggota Program Uni Sol, tapi S.E.T.H. datang dan membunuh Squid, memberikan sebuah ultimatum kepada Luc, bahwa dia harus menyerahkan kode rahasia untuk menonaktifkan program karena hanya kode ini yang dapat mematikan S.E.T.H. Dia ingin menguasai kode ini dalam beberapa jam bagaimanapun caranya agar tidak ada orang yang dapat menghentikannya.

Demi memastikan Luc akan bekerja sama, Romeo melacak Hilary ke rumah sakit, dan S.E.T.H. menculik Hilary selagi Romeo membunuh Maggie dan beberapa penjaga rumah sakit. Saat kembali ke gedung Uni Sol, S.E.T.H. menonaktifkan bom waktu yang dipasang oleh Radford untuk mencegah gedung Uni Sol dihancurkan oleh Bom. Yang membuat Radford menjadi marah.

Hal ini membuat Luc tidak memiliki pilihan selain datang untuk menyelamatkan putrinya dan harus bertarung dengan Uni Sol terbaru. Akankah dia mampu melakukannya? Saksikan film Universal Soldier: The Return di layar kaca kesayangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.