Sinopsis The Mask of Zorro (1998), Kisah Jagoan Pembela Rakyat Jelata

Diposting pada

The Mask of Zorro merupakan sebuah film bergenre action dengan durasi 136 menit dan dirilis pada 1998. Film ini mengisahkan tentang seorang penjahat bertopeng bernama Zorro dari Las Californias yang menjadi pahlawan bagi para petani dan rakyat jelata di Meksiko.

Disutradarai oleh Martin Campbell, film ini merupakan sebuah film action berdasarkan sebuah karakter bernama Zorro yang diciptakan oleh Johnston McCulley dengan berlatar belakang era Spanyol di California (1769-1821).

Zorro digambarkan sebagai penegak kejahatan jalanan dengan sosok bertopeng pada bagian atas wajahnya, bertopi somberero dan berpedang, dia terkenal di kalangan rakyat karena sejumlah aksinya dalam merampok orang- orang bergelar bangsawan dan membagikan harta kekayaannya kepada para petani dan rakyat jelata di Meksiko.

Selain disutradarai oleh Martin Campbel, The Mask of Zorro juga dibintangi oleh beberapa artis terkenal, diantaranya ada Antonio Banderas sebagai Zorro dengan nama asli Alejandro Murrieta sebagai tokoh utamanya. Selain itu ada Anthony Hopkins sebagai Don Diego De La Vega, Stuart Wilson sebagai Don Rafael Montero, dan Tony Amendola sebagai Luiz.

Film ini berhasil meraup pendapatan box office sebesar $250,3 juta, sedangkan biaya produksinya hanya $95 juta. Selain itu, film ini juga mendapatkan respon positif, terbukti dengan ulasan 81% dari situs Rotten Tomatoes berdasarkan 69 ulasan yang memberikannya skor 7,1/10. Banderas dianggap mampu mengembalikan Zorro yang menuai menjadi gesit dengan mengejutkan dan jagoan yang menghibur.

Metacritic juga setuju dengan memberikan skor rata-rata 63/100 berdasarkan 22 ulasan. Kesuksesannya membuat The Mask of Zorro dibuatkan sekuelnya, The Legend of Zorro.

Bagaimana kisah film The Mask of Zorro, sinopsinya bisa disimak berikut ini.

Sinopsis

Zorro, Don Diego de la Vega, harus melarikan diri dari penjara untuk menemukan putrinya yang diperankan oleh Zeta- Jones yang hilang dan membalas kematian istrinya di tangan gubernur Rafael Montero yang diperankan oleh Wilson.

Dalam perjalanannya Zorro tidak hanya berusaha mencari Zeta tetapi juga memulai aksinya dengan membela para petani dan rakyat jelata dari kebengisan para bangsawan pada masa itu. Segala aksinya tidak hanya terkait dengan perkelahian saja tetapi juga pembunuhan. Selain itu Zorro juga berusaha untuk mencuri dan menemukan tambang emas rahasia dengan nama El Dorado dimana petani dan tahanan digunakan sebagai budak.

Apakah Zorro berhasil menemukan Zetta? Bagaimana ia menyelamatkan para petani dan tahanan yang menjadi budak pekerja di El Dorado? Jawabannya bisa ditemukan secara langsung dengan melihat The Mask of Zorro.

Jensinopsis the mask of zorrois film: Action, Swasbuckler

Sutradara: Martin Campbell
Produser: Doug Claybourne, David Foster
Penulis naskah: John Eskow, Ted Elliott, Terry Rossio
Penulis: Ted Elliott, Terry Rossio, Randall Jahnson
Adaptasi: Zorro (karakter) ciptaan Johnston McCulley
Pemain utama: Antonio Banderas, Anthony Hopkins, Catherine Zeta-Jones, Stuart Wilson, Matt Letscher
Penata musik: James Horner
Sinematografer: Phil Méheux
Editor: Thom Noble
Produksi: TriStar Pictures, Amblin Entertainment, Zorro Productions, MacDonald/Parkes Productions
Distributor: Sony Pictures Releasing
Tanggal rilis: 17 Juli 1998
Durasi film: 137 menit

Pemain – Karakter

  • Antonio Banderas sebagai Alejandro Murrieta / Zorro
  • José María de Tavira sebagai Alejandro Murrieta muda
  • Anthony Hopkins sebagai Don Diego de la Vega / Zorro:
  • Catherine Zeta-Jones sebagai Elena Montero:
  • María dan Mónica Fernández Cruz sebagai Elena de la Vega (bayi).
  • Stuart Wilson sebagai Don Rafael Montero:
  • Matt Letscher sebagai Kapten Harrison Love
  • Tony Amendola sebagai Don Luiz
  • Pedro Armendáriz, Jr. sebagai Don Pedro
  • Victor Rivers sebagai Joaquín Murrieta
  • Diego Sieres sebagai Young Joaquín Murrieta
  • William Marquez, sebagai Fray Felipe
  • Q. Jones sebagai Three-fingered Jack
  • Julieta Rosen sebagai Esperanza De La Vega: istri Don Diego dan ibu dari Elena
  • Maury Chaykin sebagai Prison Warden

Alur cerita

Pada tahun 1821, Don Diego de la Vega, adalah seorang bangsawan California, melawan prajurit dalam Perang Kemerdekaan Meksiko sebagai Zorro, pria misterius yang mengenakan topeng dan mengayunkan pedang. Dia membela petani dan orang-orang biasa Meksiko di Las Californias.

Don Rafael Montero, gubernur wilayah yang korup, mengetahui samaran De La Vega dan berusaha menangkapnya. Istri Vega, Esperanza, wanita yang dicintai Montero terbunuh dalam perkelahian yang terjadi selanjutnya. Montero dipenjarakan dan bayinya, Elena diambil, lalu Montero kembali ke Spanyol.

20 tahun kemudian, Montero kembali ke California sebagai warga sipil, bersama Elena yang tumbuh menjadi wanita yang cantik menyerupai alharhum ibunya. Kemunculan Montero memotivasi de La Vega untuk kabur dari penjara.

Dia bertemu pencuri bernama Alejandro Murietta, yang, saat masih kanak-anak, menyelamatkan nyawa Zorro dalam pertarungan terakhirnya. De la Vega memutuskan nasib membawa mereka bersama dan setuju mengambil Alejandro sebagai muridnya, untuk menjadikannya sebagai Zorro yang baru.

Alejandro setuju menjalani training de La Vega di dalam sebuah gua rahasia Zorro di bawah reruntuhan bangunan milik keluarganya agar mampu membalas dendam terhadap Kapten Harrison Love, orang kepercayaan Montero, yang bertanggung jawab atas pembunuhan saudara Alejandro, Joaquin.

Meskipun masih dalam pelatihan, Alejandro mencuci kuda hitam menjadikannya tunggangan Zorro, Tornado dari garnisun terdekat. De La Vega memarahi Alejandro, mengatakan bahwa Zorro melayani rakyat, bukan seorang pencuri dan petualang.

Dia menantang Alejandro untuk mendapatkan kepercayaan Montero. Alejandro menyamar menjadi bangsawan bernama Don Alejandro de Castillo y García, dengan de la Vega sebagai pelayannya dan menghadiri pesta di kediaman Montero.

Saat pesta, dia mendapatkan perhatian dari Elena dan kepercayaan dari Montero yang cukup untuk membuatnya diundang dalam pertemuan rahasia bersama beberapa bangsawan lain. Montero menunjukkan rencana untuk mengambil alih California bagi para bangsawan dan menjadikannya sebagai republik yang merdeka dengan membelinya dari Jenderal Santa Anna yang membutuhkan uang untuk perang Meksiko-Amerika yang akan datang.

Montero membawa Alejandro dan bangsawan lainnya ke tambang rahasia yang dikenal sebagai “El Dorado” di mana petani dan para tahanan digunakan sebagai budak. Montero berencana membeli California dari Santa Anna menggunakan emas yang ditambang dari tanah Santa Anna itu sendiri.

De la Vega menggunakan kesempatan ini untuk menjadi lebih dekat dengan Elena, cukup untuk memperkenal dirinya sebagai “Bernardo” si pelayan dan mengetahui bahwa Montero mengatakan pada Elena bahwa ibunya meninggal saat dia dilahirkan.

Saat berjalan ke pasar, Elena bertemu wanita yang dulu adalah pengasuhnya yang mengatakan pada Elena identitas orang tua kandungnya. De la Vega mengirim Alejandro dalam bentuk Zorro untuk mencuri peta Montero menuju tambang emas.

Zorro bertarung dengan Montero, Love dan para pengawalnya. Ketika Zorro kabur, Elena berusaha untuk mengambil kembali peta Montero dari pria bertopeng, tapi dia merayu Elena, membuat mereka berciuman sebelum dia melarikan diri.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.