Sinopsis THE INVASION: Alien Ambil Alih Tubuh Manusia

Diposting pada

Sinopsis The Invasion – Film The Invasion (2007) mengisahkan tentang seorang psikiatri yang menyadari keanehan di mana orang-orang di sekitarnya mulai berubah menjadi kehilangan emosi, setelah sebuah pesawat ulang-alik  jatuh ke bumi.

Film beraliran fiksi ilmiah horor ini dibintangi oleh Nicole Kidman dan Daniel Craig di bawah arahan sutradara Oliver Hirschbiegel. Sutradara kelahiran Jerman ini sebelumnya mengarahkan Das Experiment (2001) dan Downfall (2004).

Film The Invasion diangkat dari novel berjudul The Body Snatchers karya Jack Finney sudah diadaptasi beberapa kali ke dalam film. Seperti apa kisahnya? Simak sinopsisnya berikut ini.

Sinopsis

Setela sebuah pesawat ulang-alik Patriok menabrak bumi, jamur alien ditemukan yang terbesar di wilayah AS. Saat manusia terpapar organisme ini, alien mengambil alih saat manusia tertidur. Salah satu orang pertama yang terinfeksi adalah Tucker Kaufman, direktur CDC yang menyelidiki kecelakaan tersebut.

Mantan isteri Tucker, psikiater Carol Bennell mulai merasa ada yang tidak beres ketika orang-orang nampaknya mulai “berubah”. Pasiennya, Wendy Lenk, menggambarkan bagaimana suaminya sebagai “bukan suaminya” lagi. Di sebuah pesta Halloween di lingkungannya, Oliver, putranya, menemukan semacam “kulit” yang awalnya dikira sebagai tata rias untuk kostum. Carol menduga bahwa kulit tersebut kemungkinan adalah organisme yang terhubung dengan penyebaran flu yang terjadi dengan cepat belakangan ini.

Carol membawa organisme itu kepada temannya yang seorang dokter, Ben Driscoll untuk memeriksanya. Carol menghadiri pertemuan makan malam yang ramah antara diplomat Rusia, Yoris dan diplomat Cekoslavakia Belicec (bersama teman wanitanya Luddie). Mereka berdiskusi mengenai pandangan feminisme postmodernisme sembari menyantap caviar dan sampanye. Sementara itu, Tucker menggunakan CDC untuk menyebarkan virus lebih luas lagi dengan menjadikannya sebagai vaksin flu.

Ben dan Dr. Stephen Galeano, seorang ahli biologi, menemukan fakta bagaimana spora mengambil alih otak saat memasuki fase tidur. Selama penyelidikan ini, Luddie menghubungi Ben, khawatir tentang perilaku Yorish. Driscoll dan Galeano juga menemukan bahwa orang-orang yang memiliki penyakit yang mempengaruhi otak seperti ensefalitis atau ADEM, kebal terhadap spora. Penyakit ini mencegah spora “menempel” pada materi otak.

Putra Carol, Oliver, kebal terhadap spora karena menderita ADEM. Carol memutuskan mencari putranya dan mencari obat untuk menyembuhkan Tucker. Sebelum dia pergi ke rumah Tucker, dia bergabung dengan tim Ben yang dipanggil ke rumah Belicec, duta besar Ceko dan isterinya karena adanya kasus darurat. Di sana mereka menyaksikan transformasi Yorish, duta besar Rusia.

Saat Carol tiba di rumah Tucker, Tucker dan teman-temannya mendekati dia. Tucker menjelaskan bahwa manusia berubah menjadi lebih baik, tanpa emosi irasional, tanpa kekerasan dan memintanya untuk bergabung dengan mereka. Carol menolak dan dia berusaha menahan Carol. Tucker menginfeksi Carol dengan meludahinya. Bagaimanapun juga Carol berhasil kabur kembali pada Ben di rumah keluarga Belicec.

Mereka melarikan diri ketika Belicec kembali dengan orang-orang yang lebih banyak untuk menginfeksi semua orang. Galeneo dan salah satu asistennya pergi ke pangkalan di luar Balitimore. Mereka berusaha menemukan obat untuk menghentikan virus tersebut. Carol dan Ben berpisah untuk berpencar mencari Oliver. Melalui SMS, Oliver memberitahu lokasinya kepada Carol, bahwa dia berada di apartemen ibu Tucker.

Akhirnya, Ben tiba, tapi Carol menyadari bahwa Ben juga sudah terinfeksi. Ben membujuknya agar menyerah kepada masyarakat baru yang sedang terbentuk. Dia juga mengatakan tidak ada ruang bagi orang-orang seperti Oliver yang kebal. Carol menembak Ben di kaki dan melarikan diri bersama Oliver. Dia dijemput oleh helikopter dan terbang menuju ke pusat pembuatan vaksin. Kemudian, penemuan vaksin berhasil dan masyarakat kembali seperti semula dengan kekerasannya.

sinopsis the invasionSutradara: Oliver Hirschbiegel, James McTeigue (tanpa kredit)
Produser: Joel Silver
Penulis: David Kajganich, The Wachowskis (tanpa kredit)
Adaptasi: The Body Snatchers, karya Jack Finney
Pemain: Nicole Kidman, Daniel Craig, Jeremy Northam, Jackson Bond, Jeffrey Wright, Veronica Cartwright
Rumah produksi: Village Roadshow Pictures, Silver Pictures, Vertigo Entertainment
Distributor: Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis: 17 Agustus 2007
Durasi film: 99 menit

Review

The Invasion secara umum mendapatkan ulasan negatif, misalnya situs Rotten Tomatoes memberikan rating hanya sebesar 19%. Secara umum, The Invasion mendapatkan komentar “The Invasion dibuat secara licik, tapi tidak memiliki wawasan psikologis dan sensasi.” Situs Metacritic juga hanya memberikan skor 45/100. Kegagalan lainnya adalah film hanya mendapatkan $40,2 juta, padahal biaya produksinya diperkirakan mencapai $65 sampai $80 juta.

Trailer

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.