Sinopsis SHERLOCK HOLMES: Misteri Kebangkitan Penjahat dari Kubur

Diposting pada

Sinopsis Sherlock Holmes – Film Sherlock Holmes (2009) mengisahkan tentang petualangan Sherlock Holmes dan rekannya, Dr. John Watson menggagalkan aksi penjahat Lord Henry Blackwood yang nampaknya memiliki ilmu supernatural. Film ini dibintangi oleh Robert Downey Jr. yang berperan sebagai Sherlock Holmes, sementara Dr. John Watson diperankan oleh Jude Law.

Bisa dibilang film Sherlock Holmes dimainkan oleh aktor yang sudah berpengalaman. Downey adalah aktor kawakan yang sudah bermain film sejak tahun 1970. Dia benar-benar menjadi ikon Marvel karena bermain sebagai Iron Man / Tony Stark di film Iron Man (2008). Jude Law juga adalah salah satu aktor Inggris terkenal yang mendapatkan pengakuan setelah memerankan The Talented Mr. Ripley (1999). Filmnya yang paling dicatat berjudul Cold Mountain (2003) di mana dia menjadi nominator Piala Oscar untuk kategori Aktor Terbaik.

Selain mereka berdua, Rachel McAdams juga bermain dalam film ini sebagai Irene Adler, sementara musuh besar Lord Henry Blackwood dimainkan oleh Mark Strong. Sherlock Holmes disutradarai oleh Guy Ritchie, sutradara yang yang spesialis membuat film-film kejahatan. Sebelum film ini, dia menyutradai film Snatch (2000) dan RocknRolla (2008).

Karakter Sherlock Holmes diciptkan oleh Sir Arthur Conan Doyle, seorang penulis Inggris yang hidup pada 1859-1930. Dia menulis lebih dari 50 cerita pendek mengenai detektif yang membuatnya menjadi salah satu penulis cerita detektif terkenal di dunia.

Sang produser, Lionel Wigram mengakui telah 10 tahun memikirkan cara-cara baru dalam menggambarkan karakter Sherlock Holmes. Dia menginginkan karakter yang lebih modern dan bohemian. Dia berharap Holmes versinya berpakaian lebih seperti seorang seniman atau penyair, mirip pelukis terkenal Perancis Henri de Toulouse-Lautrec yang hidup pada akhir abad 19.

Itulah mengapa karakter Holmes yang kita lihat di film ini eksentrik dan bohemian. Awalnya Robert Downey Jr. dinilai kurang cocok memainkannya, karena sudah terlalu tua dan kurang kurus. Tapi dia mendapatkan kesempatan dari sutradaranya, Guy Ritchie. Ternyata peran tersebut cocok untuknya. Dia melihat karakter Holmes aneh dan sedikit gila, dia bisa menggambarkannya dengan baik dalam perannya.

Sinopsis

Pada tahun 1980, detektif swasta Sherlock Holmes dan rekannya Dr. John Watson mencegah ritual pembunuhan seorang wanita yang dilakukan oleh Lord Henry Blackwood. Penjahat ini telah membunuh 5 wanita dengan cara yang sama. Inspektuf Lestrade dan polisi menangkap Blackwood.

Tiga bulan kemudian, Watson bertunangan dengan Mary Morstan dan pindah dari 221B Baker Street; sementara dia menikmati hal itu, dia berharap tidak berurusan dengan sifat eksentrik Holmes. Di saat yang sama, Blackwood dijatuhi hukuman mati dan dia punya permintaan untuk melihat Holmes. Blackwood memperingatkannya akan ada tiga kematian yang tidak bisa dihentikan yang akan menyebabkan perubahan besar pada dunia. Blackwood kemudian digantung.

Musuh lama Holmes, Irene Adler, datang mengunjunginya. Wanita cantik ini menyewa Holmes mencari pria yang hilang bernama Luke Reordan. Setelah Irene pergi, Holmes mengikuti dia dan melihatnya bertemu dengan tuan rahasianya. Holmes hanya sempat mengetahui bawah pria itu adalah seorang profesor dan mengintimidasi Adler. Sementara itu, ada yang melihat Blackwood masih hidup dan makamnya hancur. Keyakinan Blackwood bangkit dari kubur, menyebar. Reordan ditemukan tewas dalam peti mati Blackwood.

Holmes dan Watson menemukan rumah Reordan. Mereka menemukan eksperimen yang mencoba menggabungkan ilmu dengan sihir. Setelah mereka bertahan dari perkelahian dengan orang suruh suruhan Blackwood yang mencoba menghancurkan laboratorium di rumah itu, Holmes dibawa ke Kuil Four Orders, sebuah kelompok persaudaraan rahasia yang memiliki pengaruh politik yang besar. Para pemimpinnya, Hakim Agung Thomas Rotheram, Duta Besar AS Standish dan Menteri Dalam Negeri Lord Coward, meminta Holmes agar menghentikan Blackwood, yang ternyata adalah mantan anggota persaudaraan tersebut dan anak haram Sir Thomas.

Malam itu, Sir Thomas menenggelamkan dirinya di bak mandi sementara Blackwood menyaksikannya. Akhirnya, malam berikutnya Lord Coward memanggil seluruh anggota perkumpulan itu. Dia menominasikan agar Blackwood mengambil kendali menggantikan Sir Thomas. Blackwood mengungkapkan dirinya pada orang-orang. Standish berusaha menembak Blackwood, tapi dia dibakar ketika menarik pelatuknya. Standish berlari keluar jendela dan mati. Lord Coward mengeluarkan perintah penangkapan untuk Holmes sehingga Holmes harus bersembunyi.

Holmes berusaha mempelajari ritual Ordo dan mengenali simbol-simbol dalam pembunuhan Blackwood di lokasi tertentu. Setelah lama mempelajari, dia akhirnya menyimpulkan pembunuhan terakhir akan menargetkan anggota parlemen. Blackwood berencana menggunakan gas sianida yang dilepaskan ke dalam ruang pertemuan saat rapat umum seluruh anggota parlemen. Gas itu akan membunuh semua orang, kecuali anggota parlemen pendukung Blackwood yang diam-diam diberikan anti racun dan meminumnya. Blackwood sengaja melakukan hal ini untuk membangun kultus atas dirinya yang memiliki kekuatan tak terkalahkan dan sihir.

Apakah Holmes akan berhasil menghentikannya? Saksikan sendiri film Sherlock Holmes.

sinopsis sherlock holmesSutradara: Guy Ritchie
Penulis naskah: Michael Robert Johnson, Anthony Peckham, Simon Kinberg
Penulis cerita: Lionel Wigram, Michael Robert Johnson
Pemain: Robert Downey Jr., Jude Law, Rachel McAdams, Mark Strong, Eddie Marsan
Rumah produksi: Silver Pictures, Wigram Productions, Village Roadshow Pictures
Distributor: Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis: 25 Desember 2009 (Amerika Serikat), 26 Desember 2009 (Inggris)
Durasi film: 130 menit

Review

Sherlock Holmes mendapatkan review positif untuk cerita, urutan aksi, potongan adegan, desain kostum, musik buat Hans Zimmer dan performa Downey sebagai karakter utama. Dia memenangkan Golden Globe sebagai aktor terbaik di film Musik atau Komedia. Film ini juga masuk nominasi Piala Oscar untuk Best Original Score dan Best Art Direction.

Rotten Tomatoes memberikan skor 70% berdasarkan 227 review dan rating rata-rata 6,2/10 di mana para kritikus menyatakan, “gaya pengarahan Guy Ritchie mungkin bukan yang terbaik dan cocok untuk pembaharuan detektif legendaris ini, tapi untungnya Sherlock Holmes memiliki daya tarik dari penampilan kuat Robert Downey, Jr.

Dengan biaya $90 juta, film ini sukses membukukan pendapatan $524 juta dari seluruh dunia.

Trailer

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.