Sinopsis SHAFT (2000)

Diposting pada

Sinopsis Shaft – Film Shaft (2000) mengisahkan seorang polisi kulit hitam yang berusaha mengungkap pembunuhan pemuda kulit hitam yang dilatarbelakangi sentimen rasisme dari seorang pemuda kulit putih kaya. Film ini diarahkan oleh John Singleton yang pernah dinominasikan sebagai penerima Academy Award sebagai sutradara terbaik untuk film Boyz n the Hood (1991). Sedangkan naskah film ditulis oleh Richard Price, Shane Salerno dan John Singleton sendiri.

Film Shaft dibintangi oleh Samuel L. Jackson, Vanessa L. Williams, Jeffrey Wright, Christian Bale, Dan Hedaya, Busta Rhymes, Toni Collette dan Richard Roundtree. Film ini adalah semacam sekuel dari film berjudul sama yang dibuat pada tahun 1971.

Bagaimana kisah Shaft? Simak sinopsis Shaft berikut ini.

Sinopsis Shaft

Detektif Kepolisian Kota New York, John Shaft II (Samuel L. Jackson) dihubungi untuk menyelidiki kasus pembunuhan karena alasan rasial terhadap Trey Howard (Mekhi Phifer). Pelakunya adalah Walter Wade, Jr. (Christian Bale), putra seorang taipan pengembang properti yang kaya raya. Shaft sempat bertemu dengan saksi mata kasus tersebut, Diane Palmieri, (Toni Collette), tapi dia menghilang dan tidak dapat dihadirkan di persidangan. Wade dibebaskan dengan jaminan yang sangat besar dan melarikan diri ke Swiss.

Dua tahun kemudian, Wade kembali dan Shaft menangkapnya karena meninggalkan negeri tersebut sebelumnya. Selama penahanan sementara di markas polisi, Wade bertemu dengan Peoples Hernandez (Jeffrey Wright), raja narkoba dari Dominika. Wade berhasil bebas lagi dengan jaminan. Dalam keputusasaannya Shaft mengundurkan diri dari kepolisian dan berjanji akan membawa Wade ke pengadilan dengan caranya sendiri. Wade mempekerjakan Peoples untuk mencari dan membunuh Diane Palmiere.

Shaft berusaha mencari Diane dengan meminta bantuan dari teman-temannya, Detektif Carmen Vasquez (Vanessa L. William) dan sopir taksi, Rasaan (Busta Rhymes). Ketika mengunjungi ibu Diane yang menolak bekerja sama, Shaft dan Carmen menyadari mereka diikuti oleh petugas Jack Roselli (Dan Hedaya) dan Jimmy Groves (Ruben Santiago-Hudson) yang dibayar oleh orang-orang Peoples agar mengikut Shaft dan mendapatkan Diane. Shaft akhirnya menemukan Diane, tapi sebelum mereka bisa berbicara, mereka diserang oleh anak buah Peoples. Dalam aksi tembak-menembak, Shaft membunuh adik laki-laki People. Shaft, Diane, Rasaan dan saudara Diane melarikan diri ke apartemen Rasaan, tapi mereka diikuti oleh Roselli dan Groves. Ketika mereka di apartemen, Diane mengakui bahwa dia melihat seluruh peristiwa pembunuhan dan tetap diam dengan imbalan uang dari ayah Wade.

Ketika orang-orang Peoples tiba di lokasi, terjadi baku tembak. Roselli dan Groves, yang dianggap korup, dibunuh oleh Carmen. Dalam pertarungan antara Shaft dan Peoples, Peoples mengakui bahwa dia bekerja untuk Wade, dan Shaft membunuhnya. Pengadilan Wade akhirnya dilakukan. Sebelum pengadilan itu mulai, dia ditembak oleh ibunda Trey, Carla Howard (Lynne Thigpen). Di kantor polisi, Shaft menegaskan pada Carmen bahwa dia lebih suka menjadi detektif swasta. Seorang wanita tiba, meminta Shat menolongnya, mengakui bahwa dia memiliki pacar yang sangat kasar. Shaft awalnya enggan, tapi ketika dia melihat luka-luka perempuan itu, dia memutuskan menolongnya. Shaft, bersama pamannya, John Shat I (Richard Roundtree) dan Rasaan, pergi bersama untuk menghadapi pacar perempuan itu.

sinopsis shaftJenis: Action (laga), thriller
Sutradara: John Singleton
Produser: Scott Rudin, John Singleton
Penulis naskah: Richard Price, John Singleton, Shane Salerno
Ide cerita: John Singleton, Shane Salerno
Adaptasi dari: Shaft (film), karya Ernest Tidyman
Pemain: Samuel L. Jackson, Vanessa Williams, Jeffrey Wright, Christian Bale, Dan Hedaya, Busta Rhymes, Toni Collette, Richard Roundtree
Rumah produksi: Scott Rudin Productions, New Deal Productions
Distributor: Paramount Pictures
Tanggal rilis: 16 Juni 2000
Durasi: 99 menit

Review

Film Shaft mendapatkan ulasan beragam. Situs Rotten Tomatoes memberikan rating 68% berdasarkan 33 ulasan dengan rating rata-rata 5,8/10. Situs ini sepakat memberikan penilaian bahwa film ini dipimpin oleh peran utama yang karismatif sehingga dianggap tahu menekan tombol yang benar. Di Metacritic, film ini mendapatkan skor 50/100 berdasarkan 33 ulasan yang menandakan beragam ulasan, baik positif maupun negatif. Secara komersial, Shat juga sukses meraup penghasilan box office sebesar $107,2 juta mengalahkan biaya produknya yang hanya $46 juta.

Trailer

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.