Sinopsis Rising Sun (1993): Dua Polisi Ungkap Pembunuhan Gadis di Pesta

Diposting pada

Film Rising Sun (1993) merupakan sebuah film yang dirilis dengan cerita yang diangkat dari sebuah novel karya Crichton dengan judul yang sama. Film ini dirlis pada tanggal 30 Juli 1993.

Berawal dari penemuan mayat seorang pengawal professional yaitu Cheryl Lynn Austin pada saat pesta salah satu perusahaan Jepang yang memiliki kantor di Los Angeles.

Film aksi thriller ini disutradarai oleh Philip Kaufman dan turut dibintangi oleh artis-artis papan atas seperti Sean Connery yang berperan sebagai Capt. John Connor, Wesley Snipes yang berperan sebagai Lt. Webster “Web” Smith, Harvey Keitel yang berperan sebagai Lt. Tom Graham, Cary-H Royuki Tagawa yang berperan sebagai Edward “Eddie” Sakamura, Kevin Anderson yang berperan sebagai Bob Richmond, Mako yang berperan sebagai Yoshida-san, Ray Wise yang berperansebagai Senator John Morton, Stan Eg yang berperan sebagai Ishihara, Stan Shaw yang berperan sebagai Philips dan masih banyak lainnya.

Sinopsis

Polisi detektif, Web Smith dan John Connor yang juga seorang mantan polisi serta ahli urusan Jepang ditugaskan untuk menjadi penghubung antara para eksekutig Jepang dengan petugas yang menyelidiki, mantan dari mitra Smith Tom Graham.

Selama awal masa penyelidikan, Smith percaya jika semua bukti-bukti menujukkan terjadinya pembunuhan. Namun Connor tetap menegaskan jika ada keterlibatan yang lebih dalam oleh perusahaan. Setelah penyelidikan yang panjang dan melelahkan, Connor menerima sebuah disc yang berisikan suara rekaman surveilans yang berasal dari malam saat pembunuhan tersebut berlangsung.

Dan saat diubah menjadi sebuah video dari pembunuhan yang sebenarnya. Perubahan yang berimplikai pada Eddie Sakamura, anak dari pengusaha Jepang yang kaya raya Eddie tampaknya terbunuh ketika ingin melarikan diri dari kejaran mobil polisi menggunakan mobil sportnya. Dalam pelarian tersebut, mobil sportnya meledak dan tewas setelah terjadi bau tembak dengan sebuah kelompok bersenjata dari Jepang.

Baca juga: Sinopsis Lethal Weapon 3 (1992), Kisah Polisi LA Memburu Pedagang Senjata

sinopsis rising sunJenis film: Crime/Kejahatan, Thriller/Ketegangan
Sutradara: Philip Kaufman
Produser: Peter Kaufman
Penulis: Michael Crichton, Philip Kaufman, Michael Backes
Adaptasi: Rising Sun (novel) karya Michael Crichton
Pemain: Sean Connery, Wesley Snipes, Harvey Keitel, Cary-Hiroyuki Tagawa, Kevin Anderson, Mako, Tia Carrere, Ray Wise, Stan Shaw
Penata musik: Tōru Takemitsu
Sinematografer: Michael Chapman
Editor: Stephen A. Rotter, William S. Scharf
Distributor: 20th Century Fox
Tanggal rilis: 30 Juli 1993
Durasi: 125 menit

Plot

Saat sebuah gala dilakukan di kantor pusat Nakamoto, perusahaan asal Jepang, di Los Angeles, seorang gadis meninggal. Gadis itu bernama Cheryl Lynn Austin, nampaknya menjadi korban kekerasan seksual. Detektif polisi bernama Webster “Web” Smith dan John Connor, mantan kapten polisi dan ahli Jepang, dikirim untuk bertindak dan melakukan penyelidikan bersama Tom Graham yang dulu adalah rekan Smith.

Pada investigasi awal, Connor dan Smith memeriksa video kamera CCTV. Mereka sadar ada satu disk yang menghilang. Mereka mencurigai Eddie Sakamura, pacar Cheryl yang seorang Yakuza. Sakamura diinterogasi di sebuah pesta. Sakamura berjanji akan membawa petunjuk, namun Connor dengan enggan membiarkan pergi.

Ishihara, pegawai Nakamoto yang sebelum diinterogasi Connor, mengirimkan disk yang hilang. Dalam video tersebut, jelas menunjukkan Sakamura membunuh Cheryl. Graham dan Smith memimpin pasukan SWAT ke rumah Sakamura. Namun Sakamura kabur menggunakan mobil sport, tabrakan dan dia meninggal.

Baca juga: Sinopsis The Last Days of American Crime (2020)

Kemudian terungkap Sakamura berusaha menghubungi Smith mengenai disk yang hilang. Smith dan Connor membawa disk ke tangan ahli, Jingo Asakuma. Terungkap bahwa disk tersbeut secara digital telah diubah agar wajah pembunuh nampak seperti Sakamura.

Nakamoto saat ini berada dalam negosiasi sensitif untuk mengakuisisi perusahaan semikonduktor Amerika bersama Senator John Morton, salah satu tamu pesta itu. Morton tiba-tiba mengubah posisinya mengenai sebuah UU yang akan mencegah merger berlangsung.

Mereka curiga perubahan tiba-tiba ini berkaitan dengan pembunuhan, sehingga mereka berusaha mewawancarai humas senator, tapi tidak berhasil. Saat kembali ke apartemen Smith, mereka berdua menemukan Sakamura masih hidup dan sehat.

Dia menjelaskan bahwa dia diikuti oleh Tanako, petugas keamanannya yang berusaha melacak disk yang asli. Tidak ingin terlihat bersama Sakamura, Tanaka mencuri mobil dan bunuh diri dengan menabrakannya. Sakamura memberi Connor disk aslinya, tapi saat dia hendak pergi, Letnan Graham datang bersama Ishihara.

Sakamura dibunuh oleh orang-orang Ishihara, sedangkan Smith ditembak dan ditinggalkan karena dikira mati. Dia masih hidup berkat rompi anti pelura yang dikenakannya.

Bagaimana akhir dari kisah ini? Saksikan Rising Sun di layar kaca kesayangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.