Sinopsis PAYCHECK (2003) Lengkap

Diposting pada

Sinopsis PAYCHECK – Film Pacheck yang dirilis pada 2003, mengisahkan seorang ilmuwan jenius yang ingatannya dihapus dan akan dibunuh.

Namun dia berusaha mengingatkan dirinya apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan hidupnya dengan menggunakan uang jutaan dollar untuk membeli barang-barang remeh.

Film laga fiksi ilmiah ini didasarkan dari cerita pendek berjudul sama yang ditulis oleh Philip K. Dick. Film Paycheck diarahkan oleh sutradara John Woo, sutradara berpengalaman asal Tiongkok yang banyak mengarahkan film-film laga.

Beberapa filmnya yang paling dicatat di antaranya Hard Target (1993), Mission: Impossible 2 (2000) dan Face/Off (1997).

Paycheck dibintangi oleh aktor kenamaan Ben Affleck, Uma Thurman, Aaron Eckhart, Paul Giamatti, Michael C. Hall, Joe Morton dan Colm Feore.

Sinopsis

Michael Jenning (Affleck) adalah seorang insinyur yang disewa untuk menemukan kelemahan teknologi saingan kliennya.

Dia mengembangkan teknologi kliennya dan menambahkan peningkatan melebihi spesifikasi aslinya. Untuk melindungi kekayaan intelektual kliennya dan dirinya sendiri, setelah proyek selesai ingatan Jennings dihapus dengan bantuan temannya, Shorty (Giamatti).

Teman sekamar Jennings saat di perguruan tinggi, James Rethrick (Eckhart) adalah CEO dari perusahaan teknologi Seattle yang sukses bernama Allcom.

Rethrick mendekati Jennings untuk memberikan pekerjaan pengembangan teknologi selama tiga tahun. Teknologi ini terkait dengan mesin untuk membaca masa depan.

Dia harus tinggal di fasilitas Allcom selama itu dan akan mendapatkan bayaran yang sangat besar. Jennings setuju.

Setelah melakukan beberapa hal karena dia akan pergi dalam waktu yang lama, dia berangkat ke Allcom. Di tempat itu, dia menyerahkan barang-barang pribadinya dan diberikan tur singkat di fasilitas penelitian.

Dia bertemu dengan ahli botani Dr. Rachel Porter (Thurman). Setelah itu, dia disuntik dengan penanda memori jangka panjang untuk dihapus setelah 3 tahun.

Tiga tahun kemudian, pada akhirnya penghapusan memori, Jennings sedang duduk di kantor Rethrick yang sedang mengucapkan terima kasih untuk pekerjaannya yang sukses.

Saat kembali ke rumah, Jennings menemukan bahwa saham Allcom miliknya akan bernilai sekitar $92 juta, namun dia telah mengundurkan diri menjelang akhir penyelesaian pekerjaannya.

Dia juga menemukan barang-barang pribadinya telah diganti dengan sebuah amplop yang berisi bermacam-macam barang sehari-hari yang acak.

Segera setelah itu, agen FBI datang dan menangkapnya. Agen Dodge (Morton) menuduh Jennings mengajukan permohonan paten rahasia yang mereka curigai dibeli Rethrick dari ahli fisika, William Dekker yang terbunuh. Kecurigaan mengarah kepada Jennings yang diuntungkan dari kematian Dekker.

Jennings bisa melarikan diri dari penjara dan memahami bahwa barang-barang di amplopnya bisa digunakan pada saat yang tepat untuk menghindar dari penangkapan.

Dia bahkan menyadari bahwa barang-barang itu didasarkan dari informasi di masa depan setelah melihat nomor undian lotere yang keluar yang muncul di TV, sama dengan nomor yang tertera di secarik kertas miliknya.

Setelah memperingkatkan Shorty tentang bahaya yang sedang dialaminya, Jenning menemukan barang-barang tersebut mengarahkan dia untuk bertemu dengan Rachel Porter di sebuah kafe.

Rethrick yang mengamati Jennings, menemukan sebuah pesan untuk Porter mengenai pertemuan ini. Dia mengirimkan orang lain untuk mengaku sebagai Porter.

Namun Porter yang asli muncul dan membantu Jennings kabur dari FBI dan anak buah Rethrick.

Jennings mulai menyadari bahwa dirinya berhasil menemukan mesin pelihat masa depan. Menghapus ingatan Jennings dirasa tidak cukup, Rethrick membunuhnya agar tidak bisa membuat mesin yang sama.

sinopsis paycheckSutradara: John Woo
Produser: John Woo, John Davis, Terence Chang, Michael Hackett
Ditulis oleh: Dean Georgaris, adaptasi dari “Paycheck” (film pendek), karya Philip K. Dick
Pemain: Ben Affleck, Aaron Eckhart, Uma Thurman,
Rumah produksi: Davis Entertainment, Lion Rock Entertainment
Distributor: Paramount Pictures (Amerika Serikat), DreamWorks Pictures (Internasional)
Tanggal rilis: 25 Desember 2003
Durasi film: 119 menit

Review

Paycheck menerima beragam ulasan baik negatif maupun positif. Rotten Tomatoes memberikan skor 27% berdasarkan 154 ulasan dengan rating rata-rata 4,7/10.

Metacritic memberikan skor 43/100 berdasarkan 34 ulasan. Scott Tobias dari A.V. Club memberikan ulasan positif dengan menyebut Paycheck sebagai film “thriller yang cerdas” dan mengapresiasi “sentuhan timing dan ritme Woo yang hebat.”

Film ini mampu meraup pendapatan lumayan sebesar $96 juta mengalahkan biaya produksinya yang sebesar $61 juta.

Trailer

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.