Sinopsis Mission: Impossible (1996), Dibintangi Tom Cruise

Diposting pada

Mission: Impossible adalah film action spy Amerika yang diadaptasi dari serial televise berjudul sama karya Bruce Geller. Film ini diproduksi oleh Cruise/Wagner Production dan dirilis oleh Paramount Pictures pada 22 Mei 1996. Di angkat ke layar lebar, scenario dan juga jalan cerita film ini digarap oleh David Koepp, Robert Towne, dan Steven Zaillian.

Sutradara Amerika Brian de Palma dipercaya untuk menggarap film ini. Brian adalah sutradara dan penulis scenario film yang telah membesut sejumlah film populer Amerika. Aktif di dunia hiburan sejk tahun 1960, beberapa hit filmnya antara lain Carrie, Dressed to Kill, Scarface, The Untouchables, dan masih banyak lagi.

Peran utama dalam film ini dipercayakan kepada Tom Cruise yang memerankan karakter Ethan Hunt. Tom Cruise adalah aktor dan produser film Amerika yang telah menerima berbagai penghargaan di dunia hiburan, khususnya seni peran. Beberapa karya populer yang pernah ia bintangi, antara lain Risky Business, Interview with the Vampire, dan War of the Worlds. Dalam film ini, karakter Ethan Hunt yang ia mainkan adalah seorang agen CIA yang selamat dari operasi, namun harus menerima kenyataan bahwa para koleganya telah gugur.

Selanjutnya ada aktor senior Jon Voight yang didapuk memerankan karakter Jim Phelps. Karakter ini adalah agen CIA yang juga dikirim bersama Ethan Hunt da tim dalam Impossible Missions Force. Jon Voight telah memiliki daftar panjang film yang telah ia bintangi, antara lain End of the Game, Table for Five, dan Runaway Train.

Selain dua pemeran di atas, beberapa bintang yang turut membintangi film ini, antara lain Emmanuelle Beart, Ving Rhames, Vanessa Redgrave, Henry Czerny, Jean Reno, Kristin Scott Thomas, dan masih banyak lagi.

Sinopsis

Mission: Impossible mengisahkan tentang misteri kegagalan IMF (Impossible Mission Force) yang dikirim untuk mengagalkan pencurian daftar CIA non official cover dari kedutaan Amerika di Praha. Dalam misi ini, Jim Phelps dan timnya tewas. Namun, Ethan Hunt berhasil selamat karena eliminasi dari sang pembunuh. Menjadi satu-satunya yang selamat, Ethan pun dituduh menjadi pengkhianat dalam tim, hingga akhirnya ia melarikan diri dan menjadi buronan.

sinopsis mission impossibleJenis film: Action
Sutradara: Brian De Palma
Produser: Tom Cruise, Paula Wagner
Penulis: David Koepp, Robert Towne
Penulis skenario: David Koepp, Steven Zaillian
Adaptasi: Mission: Impossible (serial televisi), dari Bruce Geller
Pemain: Tom Cruise, Jon Voight, Henry Czerny, Emmanuelle Béart, Jean Reno, Ving Rhames, Kristin Scott Thomas, Vanessa Redgrave
Musik: Danny Elfman
Sinematografer: Stephen H. Burum
Editor: Paul Hirsch
Produksi: Cruise/Wagner Productions
Distributor: Paramount Pictures[1]
Tanggal rilis: 22 Mei 1996
Durasi: 110 menit

Plot

Jim Phelps dan tim IMF yang baru, dikirim untuk menghentikan pencurian daftar penyamaran tidak resmi CIA (NOC) dari Kedubes AS di Praha. Misi mereka gagal: daftar tersebut dicuri, Phelps ditembak, istrinya Claire meninggal dalam bom mobil, dan sisanya, kecuali Ethan Hunt, dihabisi oleh pembunuh yang tidak diketahui dan diduga karena kegagalan fungsi alat. Bertemu dengan direktur IMF, Eugene Kittridge, Hunt menyadari adanya tim IMF kedua untuk memonitor mereka, dan mengetahui pekerjaan ini dirancang untuk mengungkap pengkhianat di dalam IMF, yang dipercayai bekerja sama dengan pengedar senjata bernama “Max” sebagai bagian dari “Job 314”. Saat Hunt hanya tinggal satu-satunya anggota yang tersisa, Kittridge menyangka dia menjadi pengkhianat, sehingga Hunt melarikan diri.

Kembali ke rumah aman di Praha, Hunt menyadari “Job 314” mengacu pada Injil versi Job 3:14, “Job” menjadi kode nama pengkhianat. Claire tiba di rumah aman, menjelaskan dia melarikan diri dari pemboman mobil setelah Phelps membatalkan misi itu. Hunt mengatur sebuah pertemuan dengan Max, dan memperingatkan Claire bahwa dia diberikan daftar palsu di disk yang dilengkapi dengan alat pelacak. Max dan agennya kabur, membawa Hunt bersama mereka, tepat sebelum tim CIA tiba di lokasi; Hunt berjanji mengirimkan daftar yang asli sebagai balasan atas $10 juta dan identitas Job.

Hunt dan Claire merekrut dua agen IMF yang ditolak: ahli komputer Luther Stickell dan pilot, Franz Krieger. Mereka menyusup ke kantor pusat CIA di Langley, mencuri daftar yang asli dan kabur ke London. Kittridge, mendeteksi pencurian tersebut, membuat ibu Hunt dan pamannya ditangkap dengan tuduhan palsu untuk penjualan narkoba. Dia membuat peliputan media mengenai penangkapan, memaksa Hunt menghubunginya dari Stasiun Liverpool Street. Hunt memperkenankan CIA melacak dia berada di London sebelum menutup teleponnya, tapi dia terkejut menemukan Phelps berada di dekatnya.

Phelps mampu bertahan dari penembakan, menyebut Kittridge sebagai si pengkhianat. Hunt menydari Phelps adalah pengkhianatnya, dengan menemukan Injil dengan cap Gideons yang Phelps curi dari Hotel Drake Chicago dalam penugasan sebelumnya yang diketahui untuk tim Hunt. Hunt mencurigai Krieger dalam kematian anggota IMF lainnya di Praha, mengenali pisau khususnya; namun, dia tidak yakin apakah Claire terlibat. Hunt mengatur dengan Max untuk menukar list di atas kereta TGV menuju Paris pada hari berikutnya dan secara rahasia mengirimkan tiket kepada Kittridge.

Bagaimana kisah selanjutnya? Saksikan sendiri film Mission: Impossible di layar kaca kesayangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.