Sinopsis THE DAY THE EARTH STOOD STILL, Dibintangi Keanu Reeves

Diposting pada

Sinopsis THE DAY THE EARTH STOOD STILL – Film The Day the Earth Stood Still yang dirilis pada tahun 2008 mengisahkan alien bernama Klaatu yang dikirim untuk menghapus keberadaan umat manusia yang selama ini merusak lingkungan.

Film ini diangkat dari film tahun 1951 berjudul sama yang dikembangkan dari cerita pendek klasik tahun 1940 berjudul Farewell to the Master buatan Harry Bates. Naskah film versi tahun 1951 dikembangkan oleh Edmund H. North. Naskah The Day the Earth Stood Still tahun 2008 dikembangkan oleh David Scarpa di mana dia mengganti tema Perang Dingin dan isu nuklir menjadi isu kontemporer yang dialami oleh umat manusia, yakni kerusakan planet bumi akibat dari perilaku manusia.

Film ini dibintangi oleh Keanu Reeves yang berperan sebagai Klaatu, si alien pembawa pesan yang berwujud manusia. Reeves sebetulnya tidak menyukai film ini dibuat ulang, tapi dia terkesan dengan naskahnya. Dia menghabiskan beberapa minggu memberikan masukan untuk naskah film ini dengan berusaha membuat transisi dari Klaatu sebagai alien menjadi “seseorang” yang menghargai emosi dan keyakinan manusia.

Selain Reeves, pemain lainnya adalah Jennifer Connely, Jaden Smith, Kathy Bates dan Jon Hamm. Seperti apa kisah film ini? Simak sinopsis The Day the Earth Stood Stilj berikut.

Sinopsis The Day the Earth Stood Still

Pada tahun 1928, seorang pendaki gunung yang sendirian menemukan bola bersinar. Dia pingsan dan ketika dia bangun, bola itu telah pergi dan ada bekas luka di tangannya. DNA-nya telah diambil oleh sesuatu.

Lalu, waktu berpindah ke masa sekarang. Sebuah obyek yang bergerak cepat terdeteksi di luar orbit Jupiter dan diperkirakan akan menabrak Manhattan. Obyek itu bergerak dengan kecepatan 30 km per detik, cukup untuk menghancurkan semua kehidupan di bumi. Pemerintah AS tergesa-geas mengumpulkan sekelompok ilmuwan termasuk Dr. Helen Benson dan temannya Dr. Michael Granier.

Saat mendekati planet bumi, objek tersebut melambat tepat sebelum terjadi benturan. Terungkap bahwa obyek itu adalah sebuah pesawat luar angkasa besar yang berbentuk bola yang mendarat dengan lembut di Central Park. Obyek ini dengan cepat dikelilingi oleh NYPD dan pasukan militer AS bersenjata lengkap. Seorang alien muncul dan Helen bergerak maju untuk menyambutnya. Namun, dalam kebingungan, alien terbut ditembak. Sebuah robot raksasa muncul dan menonaktifkan segala sesuatu di sekitarnya. Alien yang terluka menyuarakan perintah “Klaatu barada nikto” yang mematikan robot tersebut.

Bagian luar alien ditemukan mirip semacam setelan bioteknologi yang terdiri dari bahan mirip plasenta yang menutupi manusia. Alien tersebut dengan cepat berubah menjadi Klaatu, orang yang mirip pendaki gunung dari tahun 1928. Klaatu memberikan informasi kepada Menteri Pertahanan Regina Jackson bahwa dia adalah perwakilan dari sebuah peradaban yang dikirim ke planet bumi untuk berbicara kepada pemimpinnya mengenai menyelamatkan planet bumi. Jackson malah mengirim dia untuk diinterogasi. Klaatu melarikan diri dan kembali berhubungan dengan Helen dan anak tirinya, Jacob. Dia memberitahukan kepada mereka bahwa misinya adalah menyelamatkan bumi.

Lalu, pesawat luar angkasa berbentuk bola yang ukurannya lebih kecil mulai muncul di seluruh dunia yang menimbulkan kepanikan. Militer meluncurkan serangan pesawat tanpa awal di Central Park sphere tapi digagalkan oleh robot yang menjaga bola itu. Militer mengambil pendekatan tanpa senjata untuk mengambil robot tersebut. Mereka berhasil membawa robot tersebut ke sebuah fasilitas bawah tanah di Virginia.

Klaatu bertemu alien lain, Tuan Wu, yang telah tinggal di bumi selama 70 tahun. Wu mengatakan kepada Klaatu bahwa ia telah menemukan umat manusia untuk menjadi penghancur, keras kelapa dan tidak mau berubah. Hal ini cocok dengan pengalaman Klaatu sendiri. Klaatu memerintahkan bola yang lebih kecil untuk mengumpulkan spesies hewan untuk dilestarikan. Hewan-hewan itu akan dibawa kembali ke bumi setelah proses pembersihan dari umat manusia selesai.

Ketika seorang polisi berusaha menangkap Klaatu, Helen dan Jacob, Klaatu membunuh polisi tersebut dan menghidupkannya kembali. Klaatu mengatakan pada Helen dia melakukannya untuk menyingkirkan penghalang bagi misinya.

Helen berusaha membujuk Klaatu agar mengubah pikirannya untuk menghancurkan manusia. Dia membawa Klaatu ke rumah Profesio Barnhardt, seorang pemenang hadiah nobel. Mereka berdiskusi bagaimana ras Klaatu itu sendiri mengalami evolusi yang secara drastis untuk mencegah kematian planet mereka sendiri. Barnhard memohon bahwa mereka berada pada posisi yang sama sehingga manusia harus diberikan kesempatan untuk berubah.

Bagaimanakah akhir dari kisah ini? Akankah Klaatu mengubah pikirannya dan memberikan kesempatan kepada manusia? Saksikan sendiri film The Day the Earth Stood Still di layar kaca Anda.

sinopsis The Day the Earth Stood StillSutradara: Scott Derrickson
Produser: Paul Harris Boardman, Gregory Goodman, Erwin Stoff
Penulis naskah: David Scarpa
Pemain: Keanu Reeves, Jennifer Connelly, Jaden Smith, Kathy Bates, Jon Hamm, John Cleese, Kyle Chandler
Rumah produksi: 3 Arts Entertainment, Dune Entertainment
Distributor: 20th Century Fox
Tanggal rilis: 12 Desember 2008
Durasi film: 103 menit

Review

Film The Day the Earth Stood Still mendapatkan beragam kritik. Di situs Metacritic, film ini mendapatkan rating 40/100 dari 34 ulasan. Berdasarkan 186 ulasan di situs Rotten Romatoes, hanya 21% yang memberikan ulasan positif. Sebagian besar kritikus menganggap film ini memiliki efek khusus yang berat, namun tanpa cerita yang koheren sebagai dasarnya. Meskipun begitu, film mampu mencetak keuntungan besar di mana pendapatannya mencapai $233,1 juta mengalahkan biaya produksinya sebesar $80 juta.

Trailer

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.