Sinopsis DIVERGENT (2014) Lengkap

Diposting pada

Sinopsis Divergent – Film yang ditujukan untuk anak muda ini, mengambil latar belakang dunia distopia, di mana dunia telah hancur dan masyarakat berusaha membangun kembali dengan sistem yang baru.

Film Divergent adalah film bergenre distopia-petulangan yang dirilis pada tahun 2014. Film ini disutradarai oleh Neil Burger dan dibintangi oleh Shailene Woodley dan Theo James.

Skenario film dibuat oleh Evan Daughert dan Vanessa Taylor berdasarkan novel berjudul sama yang ditulis oleh Veronica Roth pada tahun 2011.

Latar belakang film ini mengambil kota Chicago di masa depan setelah terjadinya kehancuran besar dimana manusia dibedakan menjadi faksi-faksi berdasarkan kecenderungannya. Tidak heran jika proses syuting film ini kebanyakan dilakukan di Chicago.

Selain Woodley dan James, nama-nama besar lain turut hadir di Divergent, sebut saja Ashley Judd, Jai Courtney, Ray Stevenson, Zoë Kravitz, Miles Teller, Tony Goldwyn, Ansel Elgort, Maggie Q dan Kate Winslet.

Divergent dirilis pada 21 Maret 2014 di Amerika Serikat dan mendapatkan berbagai ulasan dari para kritikus. Di pasaran film ini sukses meraup $288 juta mengalahkan biayanya yang sebesar $85 juta.

Seperti apa kisahnya? Simak sinopsis Divergent berikut ini:

Sinopsis

Cerita ini mengambil tempat di Chicago pasca terjadinya kehancuran besar sehingga mengharuskan manusia untuk membagi masyarakat berdasarkan faksi-faksi. Ada lima faksi yakni Abnegation, Amity, Candor, Dauntless dan Erudite. Warga ditempatkan di faksi-faksi berdasarkan kecenderungan masing-masing yang ditentukan dalam sebuah tes ketika mereka berusia 16 tahun.

Namun, Beatrice Prior (Woodley) diingatkan bahwa dia adalah seorang Divergent yang tidak akan pernah cocok di faksi manapun. Dia segera memahami bahwa ada plot mengerikan di balik masyarakat yang tampaknya sempurna itu.

Sutradara: Neil Burger
Produser: Douglas Wick, Lucy Fisher dan Pouya Shabazian
Penulis naskah: Evan Daugherty & Vanessa Taylor
Adaptasi: Divergent (novel) karya Vanessa Taylor
Pemain: Shailene Woodley, Theo James,  Ansel Elgort,  Ray Stevenson, Kate Winslet, Zoe Kravitz, Maggie Q, Mekhi Phifer, Jai Courtney, Miles Teller,  Ben Lamb, Ben Lloyd-Hughes, Christian Madsen, Tony Goldwyn, Ashley Judd, Amy Newbold, Justine Wachsberger
Rumah produksi: Summit Entertainment, Red Wagon Entertainment
Distributor: Summit Entertainment, Lionsgate
Tanggal Rilis: 21 Maret 2014

Review

Skor: 6,7/10 – ‎380.774 suara di IMDb (17 April 2018)

Trailer

Plot

Kisah ini berlatar belakang di masa depan, pasca kehancuran besar-besaran, di kota Chicago. Mereka yang bertahan dibagi menjadi lima kelompok kepribadian berdasarkan kecenderungan mereka: Abnegation, tidak mementingkan diri sendiri; Amity, perdamaian; Candor, jujur; Dauntless, keberanian dan; Erudite, intelek.

Setiap tahunnya, seluruh remaja yang berusia 16 tahun mengikuti tes untuk mengetahui kecenderungan kepribadian mereka. Setelah menerima hasil tes, mereka harus memutuskan apakah akan tetap bersama keluarga mereka atau pindah ke kelompok baru.

Tokoh protagonis, Beatrice lahir dari keluarga Abnegation, namun ia tidak merasa secara alami memiliki sifat tanpa pamrih seperti kakaknya. Tes bakatnya juga menunjukkan bahwa ia memiliki tiga bakat, yakni Abnegation, Erudite dan Dauntless. Hasil ini membuat ia diperingkat agar jangan membuka informasi ini kepada siapa pun, karena bisa mengancam nyawanya.

Dalam perjalanan pulan, ia merasa khawatir tidak dianggap normal dan gagal masuk ke dalam salah satu kelompok. Ia berusaha mempertimbangkan untuk tetap berada di faksi Abnegation agar menyenangkan orang tuanya.

Suatu hari, Beatrice memutuskan meninggalkan Abnegation  dan bergabung dengan Dauntless, sementara kakanya yang bernama Caleb memilih bergabung ke Erudite. Beatrice mengganti namanya dengan Tris saat ia mulai mengikuti inisiasi bergabung dalam kelompok itu. Ia berteman dengan anggota baru lainnya, yakni Christina, Al dan Will. Anggota pindahan lainnya, Peter dan teman-temannya mencoba untuk menghalangi Beatrice selama masa inisiasi.

Instruktur inisiasi mereka, Four menjelaskan mereka harus lulus proses inisiasi sebelum diterima menjadi anggota penuh Dauntless. Mereka harus masuk sepuluh besar di akhir inisiasi atau mereka diberhentikan dan tidak memiliki kelompok.

Inisiasi ini dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, belajar bagaimana menangani senjata dan pisau serta menggunakan tangan dalam bertarung. Meskipun secara fisik, ia lebih lebih dari anggota lainnya, namun Beatrice menyelesaikan tahap ini dengan berada di peringkat keenam. Peter merasa cemburu pada pemenang pertama, Edward dan menusuk mata Edward dengan pisau mentega.

Ibu Beatrice datang mengunjungi Tris, dan ia menyadari bahwa ibunya dulu dibesarkan di Dauntless. Sementara itu, kelompok Erudite membuat laporan yang menyebutkan pimpinan Abnegation melawan pemerintah. Peter dan kawannya, Molly dan Drew semakin mempersulit posisi Tris yang berasal dari Abnegation. Laporan Erudite menyebutkan pimpinan pelepasan diri, Marcus memperalat anaknya, Tobias. Tobias dikenal sebagai “pengkhianat” di Abnegation karena ia pindah dari Abnegation ke Dauntless. Skenario penghancurkan kelompok Abnegation telah disiapkan secara diam-diam.

Tris mulai berteman dengan remaja kelahiran Dauntless, seperti Uria, Lynn dan Marlene.

Tes tahap dua menempatkan peserta inisiasi ke dalam simulasi, seperti saat tes bakat, di mana mereka akan menghadapi berbagai ketakutan.

Mereka diuji seberapa cepat mampu menenangkan diri. Karena Tris adalah divergen, ia dapat dengan cepat mengendalikan ketakutannya, bahkan ia dapat memanipulasi sistem. Setelah memantau hasil tes Tris, Four menyadari Tris adalah divergen.

Sekali lagi, Tris mendapatkan peringatan dari Four untuk tidak membiarkan siapapun tahun  bahwa ia adalah seorang divergen. Jika ketahuan, Tris akan dibunuh oleh pemimpin kelompok. Di akhir tahap ini, Tris berada di peringkat pertama. Merasa cemburu, Peter dan teman-temannya menyerang Tris dan berusaha melemparkan Tris di dalam jurang. Namun, Four datang menyelamatkan Tris.

Bagaimanakah nasib Tris selanjutnya? Apakah ia akan selamat dan lolos seleksi? Bagaimana nasib faksi Abnegation yang akan dihancurkan? Anda harus menyaksikan film ini sendiri.

Daftar film Divergent

  1. Divergent
  2. The Divergent Series: Insurgent
  3. The Divergent Series: Allegiant
  4. The Divergent Series: Ascendant
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.