Sinopsis OBLIVION (2013) Lengkap

Diposting pada

Film Oblivion (2013) mengisahkan seorang pria yang mendapatkan tugas untuk mengekstraksi sumber daya di planet bumi yang sudah hancur hingga dia mulai mempertanyakan misinya.

Film yang diarahkan oleh Joseph Konsinski ini, skenarionya ditulis oleh Karl Gajdusek berdasarkan novel grafis yang tidak dipublikasikan berjudul Oblivion. Film dibintangi oleh Tom Cruise, Morgan Freeman, Andrea Riseborough dan Olga Kurylenko.

Setelah perilisannya pada 19 April 2013, Oblivion mendapatkan beragam ulasan. Penampilan Tom Cruise dan visual efeknya banyak dipuji, namun plotnya dianggap banyak kekurangan.

Sukses juga datang dari penjualan yang mana film ini berhasil meraup pendapatan $286 juta, sedangkan biayanya hanya $160 juta.

Sinopsis

Oblivion mengikuti cerita seorang komander bernama Jack Harper yang bertugas menjaga pangkalan dan mengekstraksi sumber daya di bumi.

Pada masa itu dikisahkan bumi telah hancur akibat perang melawan alien yang disebut Scav. Sementara manusia telah pindah ke stasiun di luar angkasa.

Namun, pada suatu hari dia menemukan pesawat yang kandas yang memuat seorang wanita. Samar-samar ingatan masa lalunya mulai kembali yang membuat dia mempertanyakan misinya selama ini.

Sinopsis OblivionJenis film: Fiksi Ilmiah
Sutradara: Joseph Kosinski
Produser: Peter Chernin, Dylan Clark, Duncan Henderson, Joseph Kosinski, Barry Levine
Penulis naskah: Karl Gajdusek, Michael deBruyn
Pemain: Tom CruiseMorgan Freeman, Olga Kurylenko, Andrea Riseborough, Nikolaj Coster-Waldau, Melissa Leo
Rumah produksi: Relativity Media, Chernin Entertainment, Monolith Pictures, Radical Studios
Distributor: Universal Pictures
Tanggal rilis: 26 Maret 2013 (Buenos Aires), 19 April 2013 (Amerika Serikat)
Durasi film: 124 menit

Trailer

Plot

Tahun 2077, setelah invasi Alien, Scav, 6 tahun yang lalu yang menghancurkan bulan dan hampir menghancurkan bumi, Jack Harper adalah Tech 49, salah seorang dari beberapa manusia yang masih hidup yang ditempatkan di bumi.

Dia tinggal sebuah menara kerja yang tingginya ribuan kaki. Bersama petugas komunikasi sekaligus kekasihnya, Victoria, mereka adalah bagian operasi ekstraksi sumber daya planet yang masih tersisa, khususnya air.

Jack dan Victoria tidak memiliki memori masa lalu, setelah menjalani wajib “hapus memori” lima tahun yang lalu. Mereka mempertahankan kontak dengan peradaban manusia melalui jaringan video dengan komandannya, Sally.

Masih ada manusia yang tersisa berada di Titan. Jack menderita mimpi berulang kali tentang kilas balik kehidupan di New York sebelum terjadi invasi.

Dia juga memimpikan seorang wanita yang tak dikenalnya. Wanita dalam mimpinya yang membantu dia mengoperasikan semacam senjata, pesawat penghancur yang menjelajah untuk menumpas alien yang masih tersisa.

Ketika Jack hampir menyelesaikan misinya, sebuah pesawat ruang angkasa, Odyssey, jatuh menabrak di permukaan bumi.

Kapal ini membawa sejumlah kapsul tidur berisi manusia yang berhibernasi. Jack menyelamatkan seorang wanita, Julia. Sebuah pesawat penghancur (drone) menghancurkan menghancurkan manusia lainnya tanpa alasan yang jelas.

Jack segera mengenali Julia sebagai wanita dalam mimpinya. Tak lama kemudian, Jack dan Julia ditangkap oleh Scavs, yang turun menjadi manusia yang hidup di bawah tanah.

Pemimpin mereka, Malcom Beech, adalah seorang prajurit muda ketika invasi terjadi. Bleech mengklaim tidak ada alien di planet ini, dan meminta Jack memprogram ulang pesawat untuk menghancurkan ’Tet’, stasiun ruang angkasa dimana Sally berada.

Jack menolak, dan Beech membiarkan Jack dan Julia pergi. Beech menyarankan pada Jack untuk menemukan jawaban di daerah berbahaya, zona radiasi tinggi.

Jack dan Julia memanjat reruntuhan Empire State Building, di mana Julia mengungkapkan dirinya adalah isteri Jack. Walaupun, awalnya terkejut dan shock, Jack mengingat semuanya, dan tahu bahwa pengakuan Julia memang benar.

Pemandangan di balkon dalam mimpinya adalah tempat yang diusulkan Jack untuk Julia. Julia mengatakan dirinya mendaratkan sebuah pesawat ruang angkasa NASA, dan mereka harus menemukan rekaman terakhir pesawat tersebut untuk mengetahui kebenarannya.

Victoria menyaksikan Jack dan Julia berpelukan dan berciuman dari kamera kapal Jack. Julia merasa terpukul sedih.

Saat Jack kembali ke kapal, Victoria tidak mengizinkan Jack masuk, dan melaporkan pada Sally bahwa dirinya dan Jack tidak lagi tim yang efektif.

Dari jarak jauh, Sally mengaktifkan pesawat penghancur (drone) untuk membunuh Jack, tapi luput, malah terkena Victoria. Sally memerintahkan Jack dan Julia kembali ke Tet, tapi Jack dan Julia melarikan diri.

Dikejar oleh pesawat penghancur (drone), Jack dan Julia menuju ke zona radiasi. Mereka mengalami kecelakaan, dan Jack tertegun saat bertatap muka dengan Tech 52, klon dari dirinya, sedang memperbaiki pesawat (drone).

Jack dan kloningnya bertempur. Julia tertembak. Jack menggunakan kapal kloningnya untuk mencari replika menara kerjanya (dimana ada cloning Victoria juga) untuk mengambil kotak P3K, lalu kembali ke Julia.

Mereka berdua kembali menemui Beech, yang menceritakan bahwa Jack hanyalah salah satu dari ribuan klon dari Komandan Jack Harper, seorang astronot tahun 2017.

Klon-klon tersebut digunakan oleh Tet untuk menaklukkan bumi, dan memperbaiki pesawat-pesawat penghancur (drone) untuk benar-benar memusnahkan manusia yang tersisa.

Cerita Beech menjelaskan mengapa pesawat (drone) membunuh korban yang selamat dari kecelakaan pesawat ulang-alik yang ditumpangi Julia.

Pos perlawanan yang ditempati Jack dan Victoria adalah kebohongan, yang sebenarnya pos tersebut adalah pos yang bertujuan menguras sumber energi bumi.

Jack membantu memprogram ulang pesawat (drone) yang dicuri,yang akan diluncurkan sebagai bom nuklir ke jantung Tet di Titan.

Reaktor nuklirnya menggunakan reaktor Odyssey.  Namun, tiga pesawat (drone) menemukan jejak DNA Jack berdekatan dengan mayat Tek 52. Pesawat-pesawat itu mengikuti mereka hingga ke markas Bleech.

Markas Bleech diserang, banyak korban berjatuhan, Bleech sendiri luka parah. Pesawat yang sedang mereka perbaiki hancur, namun sel bahan bakar nuklir tetap utuh.

Tak ada pilihan lain, Jack rela menerbangkan nuklir ke Tet untuk diledakkan secara manual. Dia berpura-pura mengantarkan Julia seperti yang diperintahkan oleh Sally.

Bagaimana cerita selanjutnya? Anda harus menonton film ini di layar kaca kesayangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.