Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan Jantung

Diposting pada

Ketumbar adalah rempah-rempah yang termasuk dalam bumbu dapur. Tak hanya menambah cita rasa masakan, rupanya ketumbar juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung. Seperti yang Anda ketahui, jantung adalah organ vital dalam tubuh yang acap kali beresiko terserang penyakit.

Untuk mencegah berbagai penyakit yang dapat mengganggu kinerja jantung, Anda dapat mulai mengonsumsi ketumbar. Berikut adalah berbagai manfaat ketumbar bagi kesehatan jantung.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat dari ketumbar adalah menurunkan tekanan darah. Sehingga, ketumbar cocok untuk pengidap tekanan darah tinggi yang beresiko terserang stroke. Dapat menurunkan tekanan darah, para pengidap tekanan darah randah harus berhati-hati dalam mengonsumsi ketumbar.

2. Kengurangi Kadar Kolesterol Darah

Khasiat lain dari ketumbar adalah mampu menurunkan kadar kolesterol yang sering mengganggu peredaran darah. Tingginya kadar kolesterol sering menyebabkan tekanan darah tinggi. Ketumbar mengandung berbagai asam, seperti asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat, dan stearat yang berperan dalam pengendalian kolesterol. Kandungan-kandungan ini akan menurunkan kolesterol jahat tanpa mengganggu keberadaan kolesterol baik dalam darah.

3. Menurunkan Tingkat Gula Darah

Tak hanya tekanan darah dan kolesterol, ketumbar juga mampu untuk menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena ketumbar dapat meningkatkan sekresi pankreas yang kemudian menghasilkan insulin. Insulin adalah hormon yang berfungsi untuk membantu penyerapan glukosa dalam darah, sehingga menghasilkan energi bagi tubuh. Ketumbar sangat cocok bagi penderita diabetes mellitus atau kencing manis yang sangat rentan terserang penyakit jantung.

4. Meminimalisir Terbentuknya Plak pada Pembuluh Darah

Penyebab utama terjadinya darah tinggi adalah adanya plak yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Plak ini terbentuk dari kolesterol jahat dalam darah. Selain meminimalkan kadar kolesterol, rupanya ketumbar juga mampu mengurangi resiko terbentuknya plak pada pembuluh darah. Hal ini dikarenakan ketumbar memiliki sifat anti lemak yang mampu melawan kolesterol yang merupakan lemak jahat.

Selain berbagai manfaat di atas, ketumbar juga memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh. Ketumbar dapat menangani gangguan pencernaan, seperti konstipasi, mual, dan kejang usus. Selain itu, ketumbar juga dapat mencegah terjadinya keracunan dan mengatasi nyeri otot.

Mengandung beta-kryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein sebagai antioksidan, rempah ini juga berkhasiat untuk menangkal radikal bebas yang dapat memicu terjadinya kanker. Kandungan keratin pada ketumbar juga mampu mengatasi berbagai gangguan mata.

Meski memiliki beragam manfaat, konsumsi ketumbar juga tidak boleh terlalu berlebihan. Konsumsi ketumbar yang berlebihan dapat menyebabkan turunnya tekanan darah secara drastis, sehingga berbahaya bagi penderita tekanan darah rendah. Selain itu, konsumsi berlebih juga dapat menimbulkan berbagai efek samping, misalnya mual, muntah, pusing, dan reaksi alergi lain, seperti sesak napas, gatal-gatal, dan bercak merah pada kulit.

Nah, demikian informasi mengenai manfaat ketumbar bagi jantung. Bagi yang ingin makan enak sekaligus menjaga kesehatan jantung, jangan ragu untuk menggunakan ketumbar pada hidangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.