Cara Cepat Move On dari Patah Hati

Diposting pada

Menjalin hubungan asmara memang salah satu hal menyenangkan yang menyimpan banyak kenangan. Namun, kisah cinta tak selalu berjalan mulus. Ada kalanya hubungan itu malah kandas di tengah jalan.

Kandasnya hubungan asmara tak pelak membuat orang yang mengalaminya menjadi sedih. Belum lagi banyak kenangan yang telah dibuat dengan mantan kekasih dan tidak bisa dilupakan begitu saja. Dari pada terus galau, yuk coba cara berikut biar kamu bisa cepat move on!

1. Sibukkan Diri dengan Kegiatan Positif

Cara pertama yang paling ampuh buat menghindari galau adalah melakukan aktivitas. Kamu harus berpikir positif, bahwa hidup masih terus berjalan walau tanpa dia di sisimu. Mulailah untuk menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif, misalnya dengan melakukan hobi yang sempat kamu tinggalkan. Dengan cara ini, kamu tidak lagi terlalu banyak memikirkan kenanganmu dengan mantan. Lebih bagus lagi kalau kamu mulai menekuni hobi dan bisa memperoleh prestasi.

2. Berhenti Stalking Media Sosial Mantan

Stalking media sosial mantan pacar adalah hal yang sering dilakukan banyak orang. Kebiasaan ini justru membuat kamu susah untuk move on. Kenangan-kenangan dengan mantan pacarmu akan terus terngiang dan membuatmu terus bersedih. Hal ini juga bisa membuatmu kembali mengharapkan mantan pacarmu. Jadi, stop stalking aku media sosial mantanmu, ya. Kamu juga bisa mulai berhenti menghubungi mantan pacarmu jika memang tak ada hal pengting yang perlu kalian bicarakan. Tak perlu memblokir komunikasi dengannya, kamu bisa tetap berkomunikasi dengannya seperlunya selayaknya teman biasa. Hal ini memang sulit, tapi dengan cara ini kamu bisa menunjukkan sisi kedewasaanmu dalam menghadapi kandasnya suatu hubungan asmara.

3. Tak Usah Buru-Buru Cari Pengganti

Setelah mengakhiri hubungan, kamu tak usah terburu-buru mencari pengganti atau malah berlomba dengan mantanmu untuk mendapat pacar baru lebih dulu. Netralkan dulu perasaanmu dan nikmati masa-masa sendirimu lebih lama. Dengan cara ini, kamu akan lebih siap dalam menerima orang baru dalam hidupmu tanpa menjadikannya pelampiasan. Kamu juga bisa mencintai dan menghargai perasaan orang lain dengan lebih tulus.

4. Sadari Kamu Berhak Bahagia

Dari pada terus galau, cobalah untuk berpikir bahwa kamu berhak untuk bahagia. Bukan hal yang salah kalau kamu merasa bersedih karena patah hati, tapi kamu tidak boleh terus terpuruk. Bangkit dan lawan rasa sedih dengan keyakinan bahwa kamu bisa bahagia tanpa mantan kekasihmu. Berpikirlah bahwa tidak ada satu orang pun yang boleh membuatmu bersedih. Pahami bahwa bahagia bukan sebuah pilihan, tapi keharusan.

5. Mendekatkan Diri dengan Tuhan

Ketika tengah bersedih, obat yang paling manjur untuk menghilangkan sakit hati adalah mendekatkan diri dengan Tuhan. Bisa jadi kamu sempat lalai dalam ibadahmu saat berpacaran, dan ini adalah cara terbaik yang bisa membuatmu kembali dekat dengan Sang Pencipta. Percayalah bahwa Tuhan punya rencana yang lebih indah dari pada keinginanmu. Yakin saja bahwa kelak Tuhan akan mengirimkan jodoh yang tepat untukmu, dan perpisahan yang kamu alami adalah jalan terbaik dari Tuhan.

6. Fokus dengan Karir

Patah hati sering membuat orang menjadi malas dalam melakukan apapun. Bahkan kegiatan harian seperti sekolah atau bekerja menjadi terbengkalai. Dari pada terus galau dan malas melakukan apapun, angkat kepalamu dan katakan pada dirimu sendiri bahwa hidup tak melulu soal asmara. Berpikirlah positif, bahwa dengan kandasnya hubungan asmaramu, kamu memiliki waktu lebih untuk memikirkan karirmu. Waktu yang biasa kamu gunakan untuk kencan bisa kamu alokasikan untuk belajar atau bekerja. Fokus mencapai cita-citamu akan membuatmu move on tanpa penyesalan. Dengan cara ini, kamu juga bisa lebih menghargai dirimu sendiri dan bisa membahagiakan orang-orang yang kamu sayang.

7. Menghabiskan Waktu dengan Keluarga dan Sahabat

Ketika kamu tengah galau, tak ada salahnya kamu menceritakan patah hatimu pada orang terdekat, misalnya keluarga atau sahabat. Dengan bercerita, bebanmu menjadi lebih ringan. Pikirkan juga bahwa kamu tidak sendirian dan hidupmu tidak bergantung padanya. Sadari bahwa ada orang-orang terdekat yang menyayangimu dan akan sedih bila melihatmu terus terpuruk.  Melupakan mantan kekasih memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi jangan sampai kamu melewatkan kenangan berharga yang bisa kamu buat dengan orang-orang terdekat karena terpuruk dalam kesedihan.

Nah, demikianlah cara move on dari patah hati yang bisa kamu coba. Ingat, bahwa kamu boleh mengekspresikan kesedihan. Tapi, jangan terpuruk terlalu dalam, karena kamu juga berhak bahagia.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.