Kisah Pencarian Tuhan, Petualangan yang Menakjubkan, Life of Pi

Diposting pada

Bintang:
– Suraj Sharma
– Irrfan Khan
– Ayush Tandon
– Gautam Belur

Durasi: 127 menit

Tahun: 2012

Twentieth Century Fox Film Corporation

“kisah Petualangan yang Ajaib.”

“Salah film yang terkuat tahun ini.” (Christopher Rosen, The Huffington Post)

Life of Pi didasarkan dari sebuah novel best-seller karya Yann Martel, kisah petualangan yang berpusat pada kehidupan Pi Patel, seorang anak penjaga kebun binatang.

Cerita dimulai ketika seorang jurnalis menemui Pi untuk mendengarkan cerita ajaib, yang tersebar dari mulut ke mulut. Katanya, jika mendengarkan kisah Pi, maka orang akan percaya pada Tuhan.

Orang tua Pi berasal dari kalangan kelas menengah India yang sangat memuja ilmu pengetahuan.  Ayah Pi tidak percaya pada agama, karena sewaktu kecil, ayah Pi pernah sakit keras dan berdoa pada Tuhan, tapi Tuhan tidak menyembuhkannya. Tuan Patel sembuh dengan obat-obatan dokter. Pi dibesarkan dengan ajaran Hindu yang diajarkan oleh Ibunya. Tapi, Pi diberikan kebebasan untuk mendalami agama mana saja yang disenanginya. Pi mencari mendalami semua agama. Pi memiliki seorang adik lelaki, Raju.

Pi adalah anak yang pandai di kelasnya, pandai dalam pelajaran dan bermusik. Dia sering diejek, karena bernama Phisink Patel. Dia berpikir menyingkat namanya agar menjadi “Pi”. Dia mulai jatuh cinta ketika melihat seorang perempuan menari.

Pada suatu hari, Pi sekeluarga harus pindah, karena tanah kebun binatang itu milik pemerintah. Mereka bisa digusur sewaktu-waktu. Sebelum pindah, Pi sekeluarga harus ke Kanada untuk menjual semua binatang peliharaannya. Berangkat lah mereka dengan menggunakan kapal barang.

Kapal tersebut dihantam badai di lautan pasifik. Hanya Pi yang berhasil naik sekoci. Seluruh keluarganya menghilang. Pi sangat sedih kehilangan seluruh anggota keluarganya.

Kesedihannya tidak bisa berlangsung lama, karena ternyata, Pi tidak sendirian, di sekoci tersebut telah ada seekor Hyena dan Zebra. Pi juga menyelamatkan monyetnya. Di kejauhan, Pi melihat sesosok terapung-apung di tengah badai. Dia memanggil-manggil, ternyata sosok yang dilihatnya adalah seekor Harimau Benggali yang bernama Richard Parker. Di mulai lah kisah bertahan hidup di atas sekoci selama berbulan-bulan.  Sebagai seorang anak yang luar biasa, apa yang akan dilakukan oleh Pi? Pi harus bertahan hidup bersama dengan Richard Parker yang menjadi satu-satunya teman baginya (setelah  binatang lain mati) dan sekaligus ingin memangsanya.

Film ini penuh humor yang segar, mengharukan dan memang ajaib. Film yang sangat indah, dengan penataan gambar artistik yang mempesona (memenangkan Oscar 2013). Jingga senja dan laut yang menyatu, pulau misterius yang bercahaya, dan bintang-bintang, menjadi saksi cerita segar sampai di akhir film. Saya merekomendasikan Life of Pi ditonton di bioskop agar keindahannya benar-benar terasa.

Saksikan Trailer Film ini di You Tube:




Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.