Kubis Dapat Menjaga Fungsi Otak Hingga Melawan Kanker

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Kubis termasuk sayuran dengan nutrisi yang cukup kuat kadarnya.

Kredit: mensfitness.com

Vitamin C dan sulfurnya cukup tinggi. Keduanya adalah agen yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tubuh pun lebih terhindar dari berbagai macam penyakit.

Dikutip dari Care 2.com, masih banyak manfaat lain dari  kubis. Contohnya sebagai berikut:

  1. Membantu untuk menurunkan berat badan. Sebuah kubis hanya memiliki 33 kalori. Di samping itu, kubis kaya serat dan rendah lemak. Ini adalah sayuran yang tepat untuk program diet.
  2. Melawan penyakit Alzheimer. Kubis kaya dengan vitamin K dan anthocyanins yang berguna mempertajam fungsi menta; dan konsentrasi. Nutrisi iini sekaligus menjaga otak dari kerusakan saraf yang bisa memicu Alzheimer.
  3. Mempercantik tubuh. Kubis membantu mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Kandungan sulfurnya berguna dalam produksi keratin yang diperlukan untuk kesehatan rambut, kuku, dan kulit.
  4. Membantu pembersihan racun dari dalam tubuh. Proses detoksifikasi bisa dibantu dengan kubis. Sebab, kubis mengandung vitain C dan belerang yang dapat menetralkan radikal bebas dan purin yang bisa menyebabkan asam urat. Racun tubuh tersebut bisa pula mengakibatkan arthritis, penyakit kulit, dan rematik.
  5. Mengandung zat antikanker. Dalam kubis ada antioksidan lupeol, sinigrin, dan sulforaphane. Ketiganya akan merangsang aktivitas enzim dan menghambat pertumbuhan tumor atau kanker. Sebuah studi mengatakan, sayuran seperti kubis dapat mencegah kanker payudara saat dikonsumsi teratur.
  6. Membantu menjaga tekanan darah. Potasium kubis sangat tinggi. Nutrisi ini saat masuk ke darah akan membantu menyetabilkan tekanan darah dengan melebarkan arteri.
  7. Meringankan sakit kepala. Kompres yang diambil dari air hangat yang dibuat dengan daun kubis, dapat mengurangi nyeri akibat sakit kepala.
  8. Memiliki sifat anti-inflamasi dan penurun gula darah. Pada kubis merah, pigmennya membantu menurunkan gula darah dan meningkatkan insulin. Selain itu, kubis dapat mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh.
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.