7 Manfaat Makan Mangga

Diposting pada

Makan mangga memberikan rasa kenyang lebih lama. Bagi orang yang sedang menjalani diet, mangga bisa dimasukkan ke dalam salah satu menu buah dalam daftar makanan.

Kredit: soylution.co.id

Bukan hanya kaya serat saja. Seperti dilansir laman Care2.com, buah ini punya segudang nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Meskipun mangga memiliki banyak varian, semuanya sama baiknya untuk kesehatan. Inilah beberapa manfaat mengonsumsi mangga:

  1. Mencegah kanker. Mangga kaya dengan antioksidan yang melindungi terhadap kemungkinan terkena kanker usus besar, payudara, leuikemia, dan prostat. Studi mengatakan senyawa ini terdiri dari  quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat, dan methylgallat. Itu masih ditambah berbagai enzim.
  2. Menurunkan kolesterol. Mangga kaya dengan serat, petin, dan vitain C. Ketiganya membantu mencegah peningkatan kolesterol LDL yang merusak tubuh.
  3. Menyehatkan mata. Satu cangkir berisi irisan mangga memberikan 25 persen dari nilai harian vitamin A yang direkomendasikan. Ini membuat penglihatan terjaga ketajamannya dan menghindari berbagai keluhan penyakit mata.
  4. Menjaga alkali tubuh. Kandungan Asam tartrat, asam malat, dan asam sitrat dapat menjaga cadangan alkali dalam tubuh.
  5. Menormalkan gula darah. Terutama untuk daun mangga, memiliki manfaat membanu insulin dalam melakukan metabilisme gula darah. Cukup rebus beberapa daun mangga, biarkan hasil rebusannya direndam semalaman, lalu saring dan minum di pagi hari. Di samping itu, buah mangga memiliki indeks glikemik rendah.
  6. Membantu kerja pencernaan. Mangga memiliki serat seperti pepaya yang bermanfaat dalam membantu proses mencerna makanan. Oleh sebab itu, mangga cocok untuk mengatasi sembelit.
  7. Meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dan A yang dimiliki mangga menjaga imunitas tubuh untuk tetap prima. Selain itu, mangga punya 25 jenis karotenoid untuk mendukung kekebalan tubuh.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.