Ingin Kurus, Hindari Cara Memasak Seperti Ini

Diposting pada
Memasak makanan adalah salah satu jalan membuat tubuh lebih kurus, karena kita bisa mengatur sendiri asupan kalori yang kita makan. Berbeda jika makan di luar, banyak bahan makanan berkalori tinggi yang membuat tubuh menjadi lebih gemuk.
Jadi, kalau Anda ingin kurus, biasakan memasak makanan sendiri. Selain lebih sehat, juga bisa lebih hemat ketimbang membeli makanan di rumah makan.
Anda perlu mengetahui cara memasak yang benar agar tubuh tidak menjadi gemuk, yakni sebagai berikut:

1. Menggunakan banyak minyak
Sudah menjadi rahasia umum, bahwa minyak bukan bahan makanan yang sehat bagi tubuh. Minyak mengandung lemak dan kolesterol, sekalipun minyak yang digunakan adalah jenis minyak zaitun.
Sebagai bayangan, satu sendok makan minyak zaitun setara dengan 125 kalori. Coba bayangkan jika minyak itu berjenis sawit, kalorinya bisa jauh lebih tinggi. Jadi gunakan sesedikit mungkin.
Kesalahan lainnya menggunakan minyak, juga biasanya ditemukan dalam menumis sayuran. Sayur dapat menyerap minyak lebih banyak. Cobalah mengukus (menguapi) sayuran sebelum ditumis agar daya serapnya terhadap minyak berkurang.
2. Berpatokan pada porsi
Pada umumnya, orang-orang berpikir bahwa mengontrol porsi bisa menurunkan berat badan. Cara ini sebetulnya melelahkan dan tidak efektif. Terlalu sedikit porsi makanan juga bisa membuat tubuh tidak bergairah.
Bila ingin aman, berpatokanlah pada jenis makanan yang sehat, seperti ikan, biji-bijian, sayuran dan tentunya buah-buahan. Tak masalah makan banyak, asal dari jenis yang sehat.
3. Terlalu berpatokan pada resep
Demi menghasilkan masakan enak, banyak orang yang sangat mengandalkan resep tanpa memperhatikan kandungan bahan-bahannya. Anda tidak perlu terlalu berpatokan pada resep, tapi ingatlah jenis makanan yang sehat. Contoh, jika ingin membuat secangkir krim, gunakan setengah gelas alpukat atau yoghurt sebagai bahannya. Anda bisa bereksperimen sendiri untuk menghasilkan masakan yang sedap tanpa mengorbankan kesehatan tubuh.
4. Ngemil, Bukan Mencicipi
Sudah menjadi kebiasaan kita dalam memasak pasti mencicipinya untuk memastikan rasa masakan. Masalahnya, tidak sedikit orang yang justru jadi keterusan menjadi mengemil makanan apalagi jika sudah kelaparan.

Jika Anda ingin ngemil, cobalah sepotong alpukat atau segenggam kacang. Tapi ini bisa merusak selera makan. Sebagai alternatifnya, air putih bisa menjadi penahan rasa lapar.

***
Foto kredit: omegafood.nl
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.