Inilah Penyakit yang Bisa Muncul Gara-Gara Masalah Duit

Diposting pada
Kehabisan uang dapat menimbulkan sejumlah penyakit

Makanenaksehati.blogspot.com – Masalah duit sering membuat pikiran terasa sempit. Utang yang menggunung, penghasilan pas-pasan, sampai kebutuhan hidup yang tidak kunjung terpenuhi kerap berujung pada stres berat. Problem keuangan seperti sudah menjadi bagian dari hidup yang tidak bisa dilepaskan.

Namun sadarkah Anda? Terbelit masalah keuangan itu memunculkan efek buruk buat kesehatan. Dilansir dari She Knows, setidaknya ada 10 risiko yang dapat dialami oleh orang dengan kondisi stres berlebihan akibat konflik uang. Berikut ini risiko kesehatan yang ada:

  1. Gangguan kecemasan umum. Penyakit mental ini ini muncul ketika orang secara terus menerus tidak bisa mengontrol kekhawatiran terhadap suatu masalah. Dia terlalu panik dengan kondisi keuangannya.
  2. Hipertensi. Studi yang dilakukan Universitas Northwestern menemukan, orang-orang yang terbelit utang cenderung mengalami peningkatan diastolik 1,3 persen lebih tinggi. Mereka berisiko mengalami hipertensi 17 persen dan stroke 15 persen lebih tinggi dari orang yang tidak punya masalah keuangan.
  3. Penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Ketiga penyakit tersebut dapat muncul bersamaan pada  orang dengan masalah keuangan. Penyebabnya, mereka cenderung mengalami sindrom metabolik. Demikian menurut studi dari Diabetes Care.
  4. Insomnia. Gangguan tidur ini muncul sebagai reaksi atas kecemasan karena hal keuangan. Masalahnya, insomnia yang parah juga memicu masalah obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.
  5. Gangguan pencernaan. Tekanan keuangan yang kronis ibarat orang grogi di atas panggung. Perut  bisa mendadak sakit atau mulas tanpa alasan.
  6. Sakit kepala. Studi yang dilakukan AOL dan Associated Press mengungkapkan sekitar 55 persen orang yang stres karena duit, ditemukan lebih sering mengalami sakit kepala atau migren.
  7. Obesitas.  Orang yang stres cenderung melampiaskan kekesalan dengan makan dalam porsi besar.  Mereka tidak mampu mengontrol kalori yang masuk ke tubuhnya.

Orang-orang yang tebelit masalah duit sebaiknya mendapatkan dukungan dari orang di sekitarnya. Dia tetap harus didinginkan kepalanya sebelum berbagai masalah keuangan itu merugikan kesehatannya.
***
(Penulis: Ilham Choirul Anwar)
Foto: http://rewards4mom.s3.amazonaws.com

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.