Sinopsis FINDING DORY (2016) Lengkap

Diposting pada

Setelah penantian panjang film sekuel Disney Pixar Finding Nemo akhirnya rilis juga. Bagi anda yang suka dengan cerita Finding Nemo bakalan menyesal jika melewatkan film lanjutannya.

Film yang melanjutkan petualangan ikan-ikan laut ini memang mengganti judulnya dari Finding Nemo menjadi Finding Dory, hal ini dikarenakan fokus cerita yang beralih ke karakter ikan bernama Dory.

Sinopsis

Cerita diambil setelah 6 bulan kejadian Nemo menghilang dan ditemukkan kembali oleh ayahnya. Dory disuarakan oleh Ellen DeGeneres, menjadi keluarga baru Marlin (Albert Brooks) mulai tinggal bersama mereka, Dory yang masih lucu dan memiliki sifat pelupa mulai terusik dengan pikirannya.

Saat Mr. Ray (Bob Peterson), ikan pari yang bekerja sebagai guru di sekolah Nemo ingin ikut bermigrasi bersama kawan-kawannya.

Mr. Ray membuat Dory kembali mengingat sesuatu tentang ‘the jewell of Morro Bay, California’. Nemo dan Marlin kaget saat Dory mengatakan bahwa ia rindu dan ingat kembali dengan keluarganya, ayah dan ibunya.

Namun perjalanan Dory untuk kembali bersama tidaklah mudah karena lagi-lagi karena sifat pelupanya, ia harus mengingat-ingat kembali jalan pulangnya.

Di mulailah petualangan Dory dalam mencari keluarganya ditemani Nemo dan Marlin. Selama masa pencariannya Dory tiba dibanyak tempat dan bertemu jenis ikan yang membantu Dory, seperti paus Beluga putih di Monterey Marine Life Institute bernama Bailey (Ty Burrell).

Ada juga Destiny (Kaitlin Olson ), paus hiu dan Hank (Ed O’Neill), si gurita yang memiliki sifat temperamen yang akhirnya menjadi pemandu Dory.

Sinopsis Finding DoryJenis film: Animasi, Adventure
Sutradara: Andrew Stanton
Produser: Lindsey Collins
Penulis naskah: Andrew Stanton, Victoria Strouse
Ide cerita: Andrew Stanton
Pengisi suara: Ellen DeGeneres, Albert Brooks, Hayden Rolence, Ed O’Neill, Kaitlin Olson, Ty Burrell, Diane Keaton, Eugene Levy
Rumah produksi: Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios
Distributor: Walt Disney Studios, Motion Pictures
Tanggal rilis: 8 Juni 2016 (El Capitan Theatre), 17 Juni 2016 (Amerika Serikat)
Durasi film: 97 menit

Trailer

Plot

Satu tahun setelah Marlin (Albert Brooks) kembali bertemu dengan sang anak, Nemo (Hayden Rolence)  yang sebelumnya hilang di film Finding Nemo, Dory (Ellen DeGeneres)  menjadi semakin tak terpisahkan dari ayah dan anak tersebut.

Dory menggantikan posisi ibu dan membantu Marlin membesarkan Nemo. Dalam salah satu kelas yang diikuti Nemo, Dory memiliki sebuah ingatan mengenai masa lalunya.

Tepatnya kenangan masa lalu ketika ia masih anak-anak dan, masih memiliki orang tua serta keluarga. Dory berusaha mencari kedua orang tuanya namun penyakit short-term memory loss yang ia derita membuatnya tak bisa mengingat banyak.

Satu-satunya yang ia ingat adalah ia bersama keluarganya tinggal di Jewel, di Morro Bay. Demi menemukan keluarga Dory kembali inilah, Marlin, Nemo, dan Dory lantas memulai petualangan.

Tak hanya bertiga, mereka pun dibantu oleh Crush (Andrew Stanton) mereka mulai mengikuti arus air saat itu menuju California.

Namun sesampaiannya disana, Marlin, Nemo, dan Dory sudah harus menghadapi sebuah cumi-cumi raksasa yang nyaris memakan Nemo.

Berhasil menghindar, Marlin menjadi sangat-sangat paranoid atas keselamatan sang anak. Marlin pun menyalahkan Dory, yang menurutnya membuat Nemo nyaris terbunuh.

Diteriaki oleh sahabat yang sudah bersamanya sekian lama membuat Dory sakit hati. Ia pun berenang menuju permukaan air untuk mencari bantuan.

Namun yang tak ia duga, Dory justru terjerat di sebuah perangkap dan ditangkap oleh salah seorang anggota  Marine Life Institute.

Dory lantas dikirim ke bagian karantina dan dikurung dalam sebuah akuarium. Disini ia bertemu dengan seorang gurita berkaki 7, Hank (Ed O’Neill), yang melihat sebuah tanda yang dipasang pada Dory.

Tag yang menunjukan Dory akan dikirim secara permanen di akuarium di Cleveland. Sedangkan Hank sendiri justru akan segera dikembalikan ke laut, hal yang paling ia takuti karena adanya trauma di masa lalu.

Hank lantas menawarkan untuk membantu Dory menemukan kedua orang tuanya, bila ia mau memberikan tag yang ia miliki pada Hank.

Disisi lain, Marlin dan Nemo berusaha menyelamatkan Dory. Dengan bantuan dari dua anjing laut bernama Fluke dan Rudder (Idris Elba dan Dominic West) serta Becky untuk dapat masuk ke dalam Marine Life Institute.

Dory pun akhirnya mengingat bagaimana ia terpisah dari orang tuanya, dimana ketika itu ia mendengar ibunya menangis pada tengah malam, yang akhirnya membuat Dory tersedot ke dalam sebuah pipa.

Dory lantas kembali bertemu dengan Marlin dan Nemo di sistem pipa. Dan para ikan blue tangs lain memberi tahu bahwa orang tua Dory sudah lama melarikan diri dari Institusi untuk mencari Dory, namun mereka tak pernah kembali.

Ini membuat Dory berpikir kedua orang tuanya sudah meninggal. Hank lantas membawa Dory keluar dari tanki, tanpa sengaja meninggalkan Marlin dan Nemo.

Namun sayangnya Dory tertangkap salah satu petugas dan dijatuhkan ke dalam pembuangan air, yang membawanya kembali ke lautan.

Tak tahu arah dan tak memiliki semangat menemukan orang tuanya lagi, Dory lantas berkelana seorang diri hingga akhirnya ia melihat rangkaian kerang laut.

Ini mengingatkannya bagaimana kedua orang tuanya dulu membuat rangkaian kerang untuk membantu Dory pulang ke rumah.

Ia pun mengikuti rangkaian kerang itu hingga tiba di sebuah rumah yang kosong, dan dari jauh nampaklah kedua orang tua Dory,  Jenny dan Charlie (Diane Keaton dan Eugene Levy)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.