Fasisme Itu Kejam! Film-Film ini Membuktikannya

Diposting pada

film bertema fasisme

Fasisme merupakan sebuah ideologi yang berorientasi pada sistem kepemimpinan otoriter tanpa terkecuali. Sebagai sebuah masyarakat di suatu negara dengan ideologi fasisme, penduduk tidak memiliki kebebasan berpendapat dan mengkritik pemerintahan.

Untuk memahami lebih lagi tentang ideologi fasisme yang kejam, berikut daftar film bertema fasisme. 

1. Life Is Beautiful (1997)

1. life is beautiful 1997

Life Is Beautiful merupakan sebuah film klasik ikonik dari tahun 1997 yang disutradarai oleh Roberto Benigni. Roberto juga menjadi salah satu aktor utama dalam film drama ini, dengan pemain lainnya; Nicoletta Braschi, dan Giorgio Cantarini. Film ini bercerita tentang penjaga perpustakaan beragama Yahudi dan anaknya yang menjadi korban Holocaust dari kekejaman rezim Nazi pada Perang Dunia II. Ingin melindungi anak dari kenangan perang yang traumatis, sang ayah pun memadukan humor dan imajinasi untuk menjaga anak laki-laki kecilnya tetap aman. 

2. Schindler’s List (1993)

1. life is beautiful 1997

Berikutnya merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata seorang pengusaha bernama Oskar Schindler. Berawal dari niat mengambil keuntungan dari situasi perang untuk menjalankan bisnisnya, Oskar Schindler akhirnya merasakan simpati pada para buruhnya yang semua beragama Yahudi. Oscar melindungi setiap buruhnya agar tidak perlu menderita di kemah konsentrasi Nazi. 

Film ini disutradarai oleh Steven Spielberg, dibintangi oleh Liam Neeson sebagai Oskar Schindler dan Ben Kingsley. Schindler’s List merupakan salah satu film terbaik sepanjang masa dan telah meraih Best Picture pada ajang Oscar di tahun 1994.

3. The Pianist (2002)

3. the pianist 2002

The Pianist merupakan film bertema fasisme yang disutradarai oleh Roman Polanski dan dibintangi oleh Adrien Brody. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang pianis radio beragama Yahudi bernama Wladyslaw Szpilman. 

Setelah kehilangan kesempatan untuk menjalin hubungan, pekerjaan, dan keluarganya, Wladyslaw harus berjuang sendirian di kemah konsentrasi Nazi. Menginginkan kebebasannya kembali dan menghindari pembantaian, Wladyslaw pun berusaha kabur dari kemah konsentrasi tersebut. 

Film ini menunjukan perspektif menderitanya seorang musisi dengan hati yang lembut dalam sebuah situasi perang. Memberikan jendela bagi para penonton kengerian situasi Perang Dunia II untuk seorang Wladyslaw yang harus bertahan hidup sendirian.

4. Sophie Scholl – The Final Days (2005)

4. sophie scholl the final days

Sophie Scholl – The Final Days merupakan film Jerman yang disutradarai oleh Marc Rothemund, dibintangi oleh Julia Jentsch yang berperan sebagai Sophie Scholl. Sophie Scholl merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah Perang Dunia II. Ia adalah seorang perempuan 21 tahun, member dari organisasi White Rose, organisasi anti Nazi dan anti kekerasan. Ia dinyatakan bersalah atas tuduhan pembelotan dan dieksekusi mati pada 22 Februari 1943.

5. The Book of Thief

sinopsis the book of thief

Film ini mengisahkan seorang remaja bernama Liesel yang hidup bersama orang tuanya, Hans dan Rosa Hubermann di bawah kekuasaan Nazi Jerman. Liesel yang suka membaca membenci Hitler yang membakari buku-buku.

Dia menemukan sedikit kesenangan menjauh dari horor Nazi, dengan mencuri buku dari rumah walikota di mana dia belajar banyak kata baru. Dia mengalami kehilangan keluarga akibat perang yang di bawah kekuasaan Nazi yang fasis.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.