Duku, Buah Mini Kaya Gizi

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Orang Indonesia mungkin sudah akrab dengan buah duku.

Buah ini diketahui tumbuh subur di lingkungan tropis dan menjadi salah satu buah khas Indonesia. Di Sumatera menjadi salah satu habitatnya. Sekalipun begitu, duku juga ditemukan di negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand atau Malaysia. Dan, meski ukurannya cukup kecil dan bisa dibelah menjadi beberapa bagian, manfaat duku sangat baik bagi tubuh. Duku bisa dimanfaatkan kulitnya, daging buahnya, hingga ke biji yang ada di tengah daging.
Dikutip dari easyhealty.blogspot.com, duku bisa dipakai sebagai obat alami. Kulit dan bijinya bisa untuk mengurangi gejala demam dan sakit diare. Kulitnya dapat pula untuk mengatasi efek yang muncul karena gigitan serangga. Daging buahnya bisa mencegah kanker sekaligus obat untuk disentri. Sementara seratnya sangat baik untuk memperlancar proses pencernaan.

Jika diihat dari nutrisinya, buah yang memiliki nama ilmiah Lansium domesticum Corr ini memiliki kalori yang cukup rendah. Dalam setiap 100 gram hanya terdapat sekitar 70 kalori. Bagi orag yang menjalani program diet, duku dapat dimasukkan ke dalam menu harian.
Di samping itu, duku punya komposisi protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, zat besi, hingga fosfor yang sangat berguna untuk tulang. Mengonsumsi secara rutin dimungkinkan menjadi salah satu cara mencegah penyakit, termasuk kanker.  Hanya saja, duku biasa ditemukan secara musiman. Pada waktu-waktu tertentu saja dalam setahun buah ini dengan mudah didapatkan.
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.