Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat

Diposting pada

Tentangbekasi.com – Sakit kepala membuat kepala serasa ingin “meledak”. Kadang rasa sakitnya tidak tertahan dan muncul denyutan yang menyiksa. Kala sakit kepala datang, langah yang paling tepat adalah segera mengusirnya.

Kredit: taringa.net
 
Dikutip dari TimesofIndia.com, menyingkirkan sakit kepala tidak melulu memakai obat. Langkah sederhana ini bisa diterapkan untuk mengatasinya:

  1. Mengonsumsi teh jahe. Paduan jahe dan teh memberikan manfaat untuk mengurangi rasa sakit pada kepala. Salah satu yang terjadi adalah kandungan pada keduanya bertindak menurunkan peradangan. Cukup nikmati minuman teh jahe dalam keadaan panas atau hangat, dan tunggu kandungannya bekerja.
  2. Melakukan pijat akupresur. Titik yang bisa dipijat adalah titik tekan yang ada di belakang leher. Untuk hal ini, Anda bisa meminta bantuan dari orang yang memahami teknik pijat ini.
  3. Menghirup aroma lavender. Bersantai sejenak sembari menghirup bau minyak esensial lavender  turut membantu mengurangi ketegangan saraf yang membuat sakit kepala. Bau lavender bertinda sebagai terapi aroma.
  4. Mendengarkan musik. Dalam studi yang dilakukan pada 2001, musik dapat dipakai sebagai terapi untuk meredakan sakit kepala.
  5. Mengompres dengan es. Menempatkan kompres es di atas kepala dapat mengurangi siksaan sakit kepala. Namun pastikan tidak menerapkannya langsung. Bungkus lebih dulu es balok dalam handuk atau kantong.
  6. Joging. Joging dan termasuk jalan cepat selama 10 menit dapat meningkatkan hormon endorfin. Hormon ini bertindak sebagai pengurang rasa sakit alami dan pereda stres.
  7. Meditasi. Meditasi akan menenangkan pikiran. Menutup mata, mengosongkan pikiran dari masalah, hingga mengatur pernapasan dapat mengendurkan saraf yang menegang.
  8. Mandi air hangat. Berendam sembari memasukkan kepala ke dalam air hangat akan melancarkan peredaran darah. Pada gilirannya dapat meredakan sakit kepala.

(Penulis: Ilham Choirul)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.