Temukan Ketenangan Jiwa dengan Tertawa

Diposting pada

Tentangbekasi.com – Tidak selamanya tertawa itu adalah aktivitas yang sia-sia. Namun, tertawa ternyata memberi manfaat bagi tubuh kita. Tak perlu tertawa secara lebih. Cukup dengan tertawa kecil, namun dinikmati sudah cukup membawa manfaat bagi kesegaran tubuh kita.

Tertawa ternyata menyehatkan
Berikut ini beberapa manfaat dari tertawa bagi kesehatan tubuh kita.
1.  Tertawa mengurangi stres dan emosi. Hal lazim yang dirasakan orang saat stres atau sedih ialah terlalu beratnya tubuh menopang beban. Pikiran terfokus pada suasana kesedihan., sehingga menjadikan Anda enggan untuk sedikit tertawa.

Cara ini salah. Harusnya Anda mulai menerima sedikit hiburan berupa hal-hal yang lucu yang bisa membuat Anda tertawa. Sebab, saat tertawa itulah otak akan merespons ke semua syaraf untuk memunculkan ekspresi bahagia dan perlahan stress atau kesedihan Anda akan berkurang.

2. Selain mengurangi ketegangan pada otot-otot, tertawa dapat meningkatkan memori, mencegah risiko penyakit jantung dan menambah kekebalan tubuh agar tubuh tak rentan sakit.

3. Tertawa juga mendatangkan rasa tenang, nyaman dan menolak rasa takut. Contohnya, semisal Anda melihat sosok preman yang garang dengan tubuh penuh tato. Mulanya Anda akan takut, namun  setelah melihat preman tersebut terbirit-birit ketika dikejar anjing, maka ekspresi Anda seketika itu akan berubah. Dari semula takut menjadi tertawa.

Hikmahnya, maka jangan terlalu serius menghadapi suatu hal yang dianggap sulit. Terbukti jika menghadapinya dengan santai dan penuh tawa, semuanya akan terasa mudah.

4. Tertawa ternyata juga obat mujarab menghilangkan kebosanan. Saat Anda dilanda kebosanan, cukup dengan menonton film komedi lucu dengan penghayatan, maka Anda akan tertawa dan perlahan kebosanan Anda akan sirna.

So, saatnya Anda mulai dari sekarang menikmati hidup. Hadapilah segalanya dengan ketenangan dan sedikit sunggingan senyum. Niscaya semua beban di pundak Anda akan terasa ringan. (*)

(Penulis: Bayu)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.