4 Penjaga Gawang Terunik di Dunia

Diposting pada
Tentangbekasi.com – Sepak bola adalah sebuah tim yang dibangun oleh sebelas pemain. Semua pemain dengan posisinya masing-masing memiliki peran yang sama-sama vital. Tak terkecuali penjaga gawang. 
Penjaga gawang (Ilustrasi)
Nah, bicara soal penjaga gawang ada beberapa kisah unik yang cukup menggelitik. Seperti yang dilangsir dari Duniabola.co, berikut ini 4 penjaga gawang paling unik di dunia.  

Penjaga Gawang Paling Tinggi
Kristof Van Hout masih tercatat sebagai penjaga gawang tertinggi di dunia. Kiper yang satu ini memiliki tinggi 6 kaki 10 inch. Sayang, meski memiliki postur tubuh yang jangkung, bukan menjadi jaminan terhadap kualitas performanya di lapangan. Dia justru terlihat kurang gesit, terlebih saat menghadapi pemain dengan tingkat kelincahan tinggi seperti Lionel Messi atau Christiano Ronaldo.

Penjaga Gawang Paling Pendek
Beda Kristof Van Hout beda pula dengan Federico Valentini. Penjaga gawang timnas San Marino ini malah sebaliknya, terpendek di dunia. Tinggi badannya hanya 165 cm. Tinggi badan 165 cm, memang tidak terlalu pendek untuk ukuran tinggi rata-rata orang Asia. Namun, jika di daratan Eropa postur tersebut tersebut memang terlalu pendek.

Penjaga Gawang dengan Jumlah Kebobolan Terbanyak
Bagi penjaga gawang Nicky Salapu yang berasal dari Samoa (Samudra Pasifik) mungkin laga  kualifikasi Piala Dunia melawan Australia pada tahun 200 silam akan menjadi kenangan tersendiri. Pasalnya, gawangnya kebobolan sebanyak 31 gol. Dari 31 gol tersebut, 13 gol diantaranya dicetak oleh Archie Thompson, striker Australia. Uniknya lagi, rekor tersebut juga belum mampu dipecahkan dalam ajang resmi internasional.

Penjaga Gawang dengan Jumlah Gol Terbanyak
Lazimnya, penjaga gawang bertugas mengamankan gawangnya dari kebobolan. Namun, berbeda halnya dengan Peter Schmeichel. Penjaga gawang yang satu ini sering mencetak gol ketika menerima umpan dari tendangan sudut. Tercatat 13 gol pernah dia lesakkan ke gawang lawan selama karirnya. (*)

(Penulis: Bayu)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.