Daun Kemangi, Kecil Ukurannya Besar Khasiatnya

Diposting pada

Tentangbekasi.com – Kemangi (Ocimum basilicum) adalah tanaman berukuran kecil yang daunnya biasa dijadikan lalapan. Selain beraromah khas, dain ini acapkali dijadikan lauk pelengkap di menu seperti pepes.

Daun kemangi miliki banyak khasiat untuk kesehatan

Daun kemangi juga bisa dihidangkan berbarengan dengan daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk hidangan ayam atau ikan goreng. 

Kandungan Gizi
Daun kemangi mengandung betakaroten (provitamin A) dan vitamin C. Betakaroten berperan mendukung fungsi penglihatan, meningkatkan respons antibodi, sintesis protein untuk mendukung proses pertumbuhan, dan sebagai antioksidan. Vitamin C antara lain berguna untuk pembentukan kolagen untuk penyembuhan luka dan memelihara elastisitas kulit, membantu penyerapan kalsium dan besi, antioksidan, mencegah pembentukan nitrosamin yang bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker). 

Daun kemangi kaya mineral makro, yaitu kalsium, fosfor, dan magnesium. Di mana masing-masing memiliki peran yang signifikan bagi kesehatan tubuh. Misalnya, kalsium penting bagi pembentukan dan pertumbuhan tulang, transmisi impuls saraf, membantu kontraksi otot, dan membantu mengaktifkan reaksi enzim. 

Sementara, Fosfor bagus untuk pertumbuhan tulang, membantu penyerapan dan transportasi zat gizi, mengatur keseimbangan asam dan basa. Magnesium bisa merilekskan jantung dan pembuluh darah, sehingga memperlancar aliran darah.

Khasiat Daun Kemangi

  1. Mengobati panu. Segenggam daun kemangi cuci, tumbuk halus. Beri sedikit air kapur sirih. Gosokkan ramuan ini pada kulit yang berpanu. Lakukan ini 2x sehari.
  2. Mengobti diare dan muntah. Daun kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan
  3. mengobati sariawan. 50 helai daun kemangi dicuci bersih, kunyah sampai halus selama 2 – 3 menit. Telan. Minum air hangat. Lakukan selama 3x sehari.
  4. Mencegah bau nafas/mulut.Yakni, dengan sering-sering makan lalapan daun kemangi, daun kunir, dan daun beluntas.
  5. Menghilangkan bau keringat yang tak sedap. Kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan santap malam selama 1 minggu.
  6. Mencegah kemandulan. Daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma, mencegah kemandulan dan menurunkan gula darah.
  7. Mengobati kutil. Dengan cara daun kemangi dicuci bersih kemudian diusapkan/digosokkan pada kutil dengan berulang-ulang dan teratur.
  8. Mengatasi mual, disentri, atau menurunkan panas. Teh yang dibuat dari daun kemangi. Caranya, satu sendok makan daun kemangi kering diseduh dengan setengah cangkir air, lalu diminum. Lebih bagus jika ditambahkan madu sebagai pemanis.(*)

 (Penulis: Bayu)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.