5 Keuntungan Mengonsumsi Buah Pir

Diposting pada

Ibbuku.com – Buah pir kerap dijadikan pengganti dari apel. Kedua memiliki ciri yang sama, yaitu kaya serat dan air. Di kala harga apel melonjak tinggi, pir menjadi pilihan kedua. Menariknya, manfaat kesehatan yang dikandung pir tidak kalah hebatnya dibanding apel.

Dikutip dari laman Motherearthliving, berikut beberapa keuntungan makan buah pir:

  1. Melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah racun yang dapat menyebabkan degenerasi sel bahkan membuat sel melakukan mutasi Beberapa efeknya adalah muncul tanda penuaan hingga kanker. Pir mengandung vitamin C, K, dan nutrisi lain seperti tembaga yang mampu menghalau radikal bebas. Satu buah pir kurang lebih menyukupi 11 persen asuapan harian vitamin C dan 9,5 persen asupan tembaga yang direkomendasikan.
  2. Melindungi jantung. Ini berkat serat yang dimiliki pir. Seratnya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengikat garam empedu agar keluar dari tubuh.  Risiko turut menurunkan 50 persen kalau dikonsumsi secara teratur.
  3.  Mencegah kanker usus. Serat pada pir tidak hanya melindungi dari penyakit jantung dan stroke. Kondisi usus ikut sehat dan tercegah dari kanker. Sebuah studi menyatakan bahwa makan buah kaya serat – seperti pir – membantu menurunkan risiko kanker sebesar 34 persen pada wanita pasca menopause.
  4. Pir adalah buah yang cukup rendah bisa menimbulkan reaksi alergi. Dengan demikian pir cocok dikonsumsi oleh siapa pun dan aman, termasuk untuk bayi atau balita.
  5. Mengendalikan gula darah. Pir memiliki indeks glikemik yang rendah. Buah ini cocok disantap sebagai camilan. Karbohidratnya hanya sekitar 26 gram per buahnya. Ini menjaga dari lonjakan gula darah dan mengontrolnya.

***
(Penulis: Ilham Choirul)
Foto kredit: parentinghealthybabies.com

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.