Tidak Bisa Tidur? Coba Makan Pisang

Diposting pada

Ibbuku.com – Masih sering tidak bisa tidur malam? Mungkin gejala insomnia sedang menyerang. Penyakit  yang menyerang siklus tidur ini kerap muncul dengan diawali oleh gaya hidup suka begadang. Namun tidak jarang pula insomnia disebabkan oleh pikiran stres atau sedang mengalami sakit. Untuk mengatasi masalah tidur ini sebenarnya bisa dibantu dari konsumsi makanan tertentu. Dan, makan pisang bisa dijadikan salah satu solusi.

Pisang dipercaya mampu memberikan kualitas tidur yang lebih baik. Ini bukan sekadar asumsi. Pasalnya, menurut penelitian yang dilakukan University of Maryland Medical Center, pada pisang terdapat beberapa nutrisi yang mempromosikan tubuh untuk lebih mudah terlelap.

Triptofan adalah salah satunya. Nutrisi yang berupa asam amino ini akan merangsang otak untuk memroduksi hormon serotonin. Seperti dikutip Livestrong, hormon ini berperan dalam memberikan suasana hati yang lebih stabil. Ini membantu otak lebih mudah untuk memberikan perintah tidur lebih nyenyak pada tubuh.
Melalui pisang, kerja triptofan menjadi lebih efisien. Penyebabnya, pisang juga kaya dengan zat besi dan vitamin B6. Kedua nutrisi ini bekerja bersama triptofan dalam menciptakan serotonin dengan lebih cepat. Dalam sebuah pisang kurang lebih memenuhi 34 persen angka kecukupan vitamin B6 yang direkomendasikan bagi orang dewasa. Sementara untuk kandungan zat besinya memenuhi asupan sebanyak 2 persen dari yang direkomendasikan.

Zat lain pada pisang yang mempromosikan produksi serotonin adalah karbohdrat. Sebuah pisang memiliki 30 gram karbohidrat dan 3 gram serat. Nutrisi ini membantu menekan rasa lapar sekaligus memudahkan pemakannya lebih mudah tidur dengan meningkatnya serotonin di otak.

Bila Anda tipe orang yang susah tidur malam, coba saja mengonsumsi pisang kurang lebih setengah atau satu jam sebelum beranjak ke tempat tidur. Mungkin cara ini membantu meningatkan pengalaman tidur yang lebih baik.

***
(Penulis: Ilham Choirul)
Foto kredit: winkyboo.com

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.