Salak Bisa Menjadi Obat Diare Hingga Wasir

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Salak adalah buah yang sangat mudah ditemukan. Meskipun kulitnya seperti sisik ular, namun daging buahnya sangat lezat kala matang. Di samping itu, salak kaya dengan berbagai bentuk nutrisi. Dikutip dari laman HealthBenefitsTimes, salak memiliki protein, beta karoten, vitamin C, tiamin, tanin, serat, besi, kalsium, fosfor, hingga karbohidrat.

Jika berbagai manfaat salak dirinci, kurang lebih efeknya bagi kesehatan sebagai berikut:

  1. Menyehatkan mata. Salak kaya  dengan beta karoten yang sangat baik bagi mata. Jika cukup bosan mengonsumsi wortel untuk mendapatkan beta karoten, buah salah bisa sebagai pengganti.
  2. Mengobati diare. Mengonsumsi salak sekitar 20 gram secara rutin akan membantu mengobati perut yang terkena diare. Salak bisa memampatkan feses cair dan melawan kuman pemicunya dengan kandungan tanin yang dimilikinya.
  3. Membantu program diet. Buah ini kaya dengan serat dan nutrisi. Seratnya dapat mengikat lemak dalam usus dan membuangnya keluar tubuh.
  4. Menjaga fungsi otak. Salak memiliki kandungan kalium dan pektin yang tinggi. Kedua nutrisi ini berguna menjaga fungsi memori otak.
  5. Melancarkan kerja pencernaan. Beberapa nutrisi pada salak seperti saponin, beta karoten, tanin, flavanoid dan kalsium berguna untuk membantu kerja sistem tubuh termasuk untuk pencernaan. Makan salak beserta kulit arinya sangat membantu pencernaan.
  6. Mempercantik kulit. Ini muncul karena pengaruh antioksidan pada salak berupa vitamin C dan senyawa fenolik.
  7. Mengobati wasir. Cara menerapkan salak untuk obat wasir yaitu dengan mengambil tiga daun salak yang direbus menggunakan dua gelas air. Sisakan satu gelas dan minum saat dingin dengan menambahkan madu. 

***
(Penulis: Ilham Choirul)
Foto kredit: tropicalcuisine.com (Klik gambar untuk memperbesar)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.