Tips Membuat Film Pendek dengan Menggunakan Smartphone

Diposting pada

membuat film pendek

Ada banyak cara untuk membuat sebuah film pendek. Film pendek yang menarik dan memiliki daya tarik bisa sangat menguntungkan Anda. Ini akan menjadi salah satu passive income jika Anda unggah di laman Youtube atau jejeraring social lainnya.

Anda tidak memerlukan semua peralatan mahal seperti kamera ratusan juta maupun komputer pengolah video yang canggih. Hanya dengan menggunakan smartphone, Anda sudah bisa membuat sebuah karya film pendek yang berkualitas.

Coba simak tips-tips di bawah ini untuk membuat film pendek menggunakan smartphone:

1. Memilih smartphone yang bagus

Tentu saja kamera adalah satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Pilihlah smartphone dengan kualitas kamera yang cukup bagus. Ini akan menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi dan membuat fim pendek Anda semakin menarik.

Gunakan smartphone yang sudah dilengkapi dengan kemampuan merekam video dengan kualitas HD. Ada banyak pilihan smartphone namun pilih yang memiliki kemampuan HD.

2. Menggunakan Aksesori Tambahan

Saat membuat film pendek dengan kamera smartphone tidak jauh berbeda saat menggunakan kamera professional. Anda juga memerlukan beberapa aksesori tambahan seperti lensa, tripod, dan juga mikrofon. Tiga benda ini menjadi aksesori yang sangat mendukung kualitas film Anda nantinya.

Usahakan agar sinkronisasi dengan audio hasil rekaman eksternal mengeluarkan hasil yang bagus. Ini akan membuat film pendek Anda terlihat lebih menarik.

3. Melakukan Editing Film

Sebaiknya, lakukan editing film secara langsung dari smartphone Anda. Jadi setelah menyelesaikan semua proses perekaman, Anda langsung melakukan pengeditan video. Baca juga: Sinopsis Trip N Vlog #Pulang Kampung ke Sungai Penghasil Emas

Dengan begitu, Anda tidak perlu bersusah-susah memindahkan video ke laptop maupun komputer untuk kemudian mengedit menggunakan software.

Saat ini, sudah banyak penyedia layanan yang memudahkan Anda dalam mengedit video, menambahkan efek, dan juga suara soundtrack meski hanya menggunakan smartphone.

4. Selalu Semangat dan Pantang Menyerah

Semakin banyak berlatih tentu hasil yang Anda dapatkan juga semakin baik. Jadi usahakan agar selalu bersemangat dan pantang menyerah dalam membuat sebuah film pendek. Baca juga: Sinopsis A SIMPLE FAVOR: Film Misteri Dibintangi Anna Kendrick

Sudah sejak dahulu istilah practice makes perfect ada di semua hal. Termasuk dalam pembuatan film pendek. Tidak mungkin orang bisa langsung menjadi ahli hanya dalam sekali percobaan. Pasti ada banyak proses yang harus dilalui untuk menjadi seorang professional.

Selain itu, Anda juga harus pandai dalam menyesuaikan cerita dengan semua peralatan dan perlengkapan yang Anda miliki. Untuk awal pembuatan, mulai dengan membuat storyboard dilanjutkan dengan daftar adegan dan juga beberapa elemen produksi yang minimal.

Selain 4 tips di atas, ada beberapa tips tambahan agar video yang dihasilkan menjadi lebih baik lagi. Agar film pendek yang dihasilkan menggunakan smartphone menjadi lebih menarik, gunakan tips di bawah ini ya.

  • Usahakan untuk selalu merekam video dengan posisi landscape. Posisi ini membuat video yang dihasilkan memiliki cakupan lebih luas dan sangat cocok ketika ditonton di layar yang besar. Gambar juga lebih mudah untuk di edit.
  • Jangan sesekali menggunakan tombol zoom yang ada di kamera. Ini akan mengurangi kualitas video. Jika ingin mendekatkan atau menjauhkan objek gunakan teknik zoom in atau zoom out yaitu mendekatkan dan menjauhkan objek dengan cara manual.
  • Sebaiknya gunakan bantuan tripod agar video yang diambil bisa lebih stabil dan bagus.
  • Sediakan juga mikrofon agar suara yang terekam bisa lebih jernih.
  • Jaga jarak Anda saat melakukan pengambilan video. Usahakan untuk tidak terlalu jauh, tentu saja karena smartphone Anda memiliki kemampuan menangkap suara yang sangat terbatas dalam rentang jarak tertentu.
  • Ambillah video di tempat yang hening dan bebas dari sura berisik. Ini akan mempengaruhi hasil suara yang terekam di film pendek.
  • Pembuatan film pendek menggunakan smartphone sebaiknya menggunakan pencahayaan alami. Kecuali jika menggunakan kamera professional Anda bisa menggunakan pencahayaan buatan.
  • Jangan mengambil video saat jam 11 hingga 1 siang karena di jam-jam ini bayangan berada tepat di bawah objek.
  • Jika dengan sangat terpaksa Anda harus mengambil video di malam hari, gunakan lampu belajar, pocket spotlight, maupun senter yang LED. Jangan gunakan lampu berwarna kuning.
  • Gunakan beberapa aplikasi editing video seperti Meipai, VidTrim, VideoShow, Magisto, Kinemaster, CuteCut, Vidstitch, Flipagram, dan VivaVideo. Khusus pengguna iPhone bisa menggunakan aplikasi iMovie, FiLMiC Pro, hingga iScope.

Itulah tadi beberapa tips untuk membuat film pendek menggunakan smartphone yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.