Aplikasi dan Software untuk Kebutuhan Membuat Film

Diposting pada

Aplikasi Membuat FilmDi jaman modern seperti sekarang ini Anda harus bisa mengikuti perkembangan teknologi agar tidak menjadi orang yang tertinggal di belakang. Begitu pesatnya perkembangan teknologi terutama dalam bidang perfilman Indonesia.

Hampir setiap minggu ada saja film terbaru yang muncul di layar kaca. Ini membuat perfilman Indonesia menjadi semakin kaya dengan berbagai film baru, yang lebih menghibur dan tentunya memiliki nilai kebaikan tersendiri.
Dalam pembuatan film harus menggunakan aplikasi dan software yang bagus agar film yang diproduksi bisa lebih berkualtas dan menarik saat ditonton.

Simak software pilihan di bawah ini:

1.Adobe Premiere Pro

Anda bisa menggunakan software Adobe Premiere Pro dalam pembuatan film. Kelebihannya terdapat fitur pengeditan yang cukup lengkap dan sudah teruji sangat praktis saat digunakan oleh kalangan Youtuber, pembuat film, dan beberapa Vlogger lainnya.

Kekurangannya adalah biaya yang dikenakan untuk perbulannya sedikit lebih mahal dibandingkan software lainnya dan untuk Anda yang masih seorang pemula harus benar-benar menyesuaikan diri saat menggunakan software ini.

2.Sony Vegas Pro 1

Pilihan yang kedua Anda bisa menggunakan Sony Vegas Pro 1. Kelebihan dari software ini adalah memiliki fitur pengeditan yang bisa digunakan oleh berbagai kalangan untuk yang sudah professional maupun Anda yang masih pemula. Selain itu, cara pengoperasian yang cukup mudah dengan tampilan sangat bersahabat.

Kekurangannya adalah masih ada beberapa fitur yang tidak ada di Sony Vegas Pro 1. Tidak selengkap software Adobe Premiere Pro.

3. Cyberlink Power Director 17

Software pembuatan film yang satu ini adalah yang paling ringan sehingga bisa dioperasikan di PC yang memiliki spesifikasi terbatas. Fitur yang disediakan juga sudah lengkap dengan berbagai menu seperti motion tracking, chroma key, dan color adjustment.

Namun kekurangannya, hasil yang dikeluarkan oleh software ini tidak sebagus dua software sebelumnya (Premiere dan Vegas Pro). Software ini tergolong sangat ringan dengan fitur terbatas sehingga kurang sesuai untuk kebutuhan industri dan professional.

4. Corel Video Studio X7

Software ini memiliki banyak pilihan menu edit. Kelebihannya, sudah teruji dari salah satu pengembang multimedia yang paling terkenal di dunia. Selain itu, software ini juga sangat ringan sehingga cocok untuk PC dengan spesifikasi yang terbatas.

Kekurangannya, masih terbatas di menu fitur music dan juga color adjustment.

5. AVS Video Editor

Kelebihan dari software ini adalah bisa diunduh secara gratis, sangat cocok digunakan oleh pengguna yang memiliki PC dengan spesifikasi terbatas. Juga sudah memiliki berbagai fitur dilengkapi dengan video cache yang berguna agar proses pengeditan video menjadi lebih cepat.

Kekurangannya, tampilannya sangat sederhana dan kurang sesuai khususnya untuk kalangan para profesional.

6. Windows Movie Maker

Kelebihannya, software ini disediakan secara gratis dan sudah ada bawaan dari sistem operasi Windows itu sendiri. Fiturnya juga masih sangat sederhana cocok untuk kalangan pemula. Baca juga: Tips Membuat Film Pendek dengan Menggunakan Smartphone

Kekurangannya, karena fitur yang sederhana dan terbatas, membuat software Windows Movie Maker kurang cocok digunakan oleh kalangan profesional.

7. Avidemux Video Editor

Kelebihan dari software ini adalah sudah didukung oleh berbagai jenis format file video dan juga audio. Software ini juga bersifat open source sehingga siapapun bisa memodifikasi ulang software dengan mudah.

Kekurangannya, masih menggunakan fitur yang sederhana dan cukup terbatas sehingga kurang cocok untuk digunakan kalangan profesional yang memiliki kebutuhan editing cukup banyak.

8. Camtasia Studio 8

Kelebihan pada software yang satu ini adalah sangat cocok untuk kalangan pemula karena spesifikasinya yang kecil, ringan, dan sederhana. Selain itu, software ini juga sudah dilengkapi dengan fitur screen recording untuk merekam semua aktivitas layar.

Kekurangannya, kurang cocok untuk kalangan profesional dan industri pembuatan film.

9. Pinnacle Studio 16

Software ini sangat cocok dalam pembuatan slideshow. Kelebihannya yang utama adalah mampu melakukan perekaman layar dalam kualitas yang cukup tinggi melalui fitur screen recording yang tersedia. Ada juga berbagai pilihan template untuk editing video

Kekurangannya, Anda tidak bisa menggunakan semua fitur atau fasilitas yang ada kecuali telah melakukan pembayaran dengan bandrol harga tertentu.

10. HitFilm Express

Beberapa kelebihan yang Anda dapatkan jika menggunakan software ini adalah, gratis tanpa biaya saat mengunduh dan sudah dilengkapi dengan berbagai macam pilihan efek. Software ini juga sudah tersedia di berbagai platform, Windows maupun Mac.

Selain menggunakan software, Anda juga harus menggunakan aplikasi pembuatan film yang bagus jika ingin menghasilkan film yang berkualitas.

Simak beberapa aplikasi edit video di bawah ini:

1. Adobe Premiere Clip

Kelebihannya, memiliki tampilan yang ringan dan sederhana sehingga mudah untuk dioperasikan.

Kekurangannya, kualitas kurang bagus jika digunakan untuk mengedit video vertical.

2. Power Director Video Editor

Kelebihan jika menggunakan aplikasi ini Anda bisa menggunakan berbagai fitur profesional dengan kemampuan editing hingga format sebesar 4K.

Kekurangannya, pesifikasi aplikasi ini lebih berat dibanding dengan aplikasi lainnya.

3. VivaVideo: Free Video Editor

Kelebihan yang Anda dapatkan, ada banyak menu editing secara lengkap, sangat mudah digunakan, beberapa fitur dijual dengan harga yang terjangkau.

Kekurangannya, hanya ada sedikit pilihan musik latar gratis.

4. Inshot Video Editor & Photo Editor

Aplikasi ini adalah yang paling ringan di antara kelima aplikasi. Terdapat berbagai pilihan untuk sticker dan juga filter. Mampu membuat video dengan latar belakang ngeblur

Kekurangannya, Anda akan sedikit kesulitan saat berada di menu pengaturan. Di aplikasi ini juga masih ditemukan beberapa crash.

5. VideoShop Video Editor

Terakhir, Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan beberapa kelebihan seperti tampilan yang mudah dan sangat ringan. Terdapat banyak pilihan sticker, filter dan teks.

Kekurangannya, Anda masih akan menemukan beberapa bug dan crash di aplikasi ini.

Anda sudah menentukan akan menggunakan software dan aplikasi yang mana untuk proses membuat film nantinya? Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.