Teknik Membaca: Scanning, Skimming & Reading for the Gist

Diposting pada

teknik membaca bukuMembaca adalah aktivitas yang penting dilakukan untuk memperkaya pengetahuan. Dalam melakukan kegiatan tersebut, ada beberapa teknik yang bisa dilakukan dengan tujuan tertentu. Di antara berbagai teknik membaca, scanning dan skimming adalah dua teknik yang paling sering dilakukan. Kedua teknik tersebut memiliki kegunaan dan tata cara masing-masing yang menarik untuk dipelajari.

Teknik membaca ini digunakan untuk menambah wawasan secara efektif dan efisien. Secara garis besar, kedua teknik ini sangat berguna ketika membaca buku dengan jumlah halaman yang banyak. Hal ini dikarenakan scanning dan skimming adalah teknik membaca cepat yang digunakan untuk tujuan berbeda. Lantas, apa sebenarnya pengertian dan kegunaan teknik membaca scanning dan skimming?

Scanning

Scanning adalah teknik membaca yang digunakan untuk menemukan informasi spesifik dari bacaan yang panjang. Sesuai dengan namanya, scanning dapat diartikan dengan membaca memindai atau sepintas. Sehingga, teknik ini menuntut pembaca untuk menggerakkan mata dan membalik halaman dengan cepat untuk menemukan informasi yang dicari.

Membaca scanning dilakukan ketika pembaca sudah mengetahui apa yang hendak dicari. Dengan demikian, informasi yang dicari berfokus pada isi buku yang spesifik dan membutuhkan jawaban akurat. Untuk menemukan jawaban yang tepat, teknik membaca scanning tidak memerlukan membaca teks secara keseluruhan. Cukup dengan berbekal kata kunci, maka pembaca bisa mencari informasi yang dibutuhkan pada bacaan.

Teknik membaca scanning sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Biasanya teknik ini digunakan untuk mendapatkan informasi, seperti nomor telepon pada buku kontak, kata pada kamus, angka pada statistik, entri pada indeks, nomor peserta ujian, hingga jadwal perjalanan.

Baca juga: Sinopsis GOOSEBUMPS: Film Horor Keluarnya Monster dari Buku RL Stine

Cara Membaca Scanning

Menjadi teknik yang dibutuhkan sehari-hari, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membaca scanning. Langkah-langkah tersebut, antara lain:

  1. Menentukan kata kunci atau informasi yang hendak dicari
  2. Mempersempit daerah pencarian dengan menggunakan indeks
  3. Memperhatikan urutan angka, huruf, dan langkah dalam teks
  4. Mencari kata yang dicetak berbeda (tebal, miring, digaris bawah) dalam teks
  5. Jika sudah menemukan, maka perlu memahami informasi yang telah didapatkan

Membaca scanning adalah salah satu cara untuk menjaga konsentrasi karena berfokus pada satu kata kunci dari informasi yang hendak dicari dengan penelusuran teks yang cepat. Untuk menjaga konsistensi kecepatan memindai, pembaca bisa menggunakan jari untuk memandu gerakan mata.

Skimming

Sama seperti scanning, skimming adalah teknik membaca cepat. Akan tetapi, teknik ini digunakan untuk menemukan gagasan atau inti dari suatu bacaan. Dengan kata lain, teknik ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bacaan tanpa membaca keseluruhan tulisan.

Sebagaimana artinya, skimming berarti membaca sekilas. Sehingga teknik membaca skimming tidak perlu membaca per kata, melainkan berlompatan untuk menemukan pokok pikiran setiap bagian. Teknik ini digunakan untuk efisiensi waktu dalam menyerap informasi. Selain itu, skimming juga dilakukan untuk mempersiapkan otak dalam memahami teks yang hendak dibaca secara detail.

Baca juga: Sinopsis BOOK CLUB: Film Komedi Membaca Buku Fifty Shades

Cara Membaca Skimming

Berguna dalam memahami informasi secara efektif dan efisien, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membaca skimming. Langkah-langkah tersebut, antara lain:

  1. Membaca judul dan sub judul pada buku atau teks
  2. Membaca kalimat pada awal dan akhir tiap paragraf, karena biasanya bagian tersebut memuat gagasan utama
  3. Membaca paragraf akhir atau kesimpulan secara menyeluruh
  4. Memperhatikan gambar atau ilustrasi untuk memudahkan pemahaman isi bacaan
  5. Setelah selesai membaca sekilas, maka perlu untuk memahami informasi yang didapatkan

Sebenarnya scanning dan skimming merupakan teknik membaca yang bisa digunakan secara bersamaan. Misalnya saja dalam mempelajari suatu buku yang baru. Untuk menentukan materi yang menarik, pembaca bisa melakukan skimming, kemudian melakukan scanning untuk menemukan kata kunci materi yang hendak dipelajari. Dengan memanfaatkan dua teknik ini, maka membaca akan lebih efektif dan efisien. Selain menghemat waktu belajar, materi yang diserap juga lebih maksimal dan tepat sasaran.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.