Tak Hanya Wangi, Vanili Juga Penuh Manfaat

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Banyak resep makanan menggunakan vanili sebagai salh satu penyedap rasanya.

Kredit: Boldsky.com

Es krim, kolak, kue, roti, dan berbagai menu lainnya makin sedap ketika ditambahkan bubuk vanili saat proses pembuatannya. Vanili, atau Vanilla planifolia, dipergunakan buahnya. Bentuknya seperti polong dan diproses hingga menjadi bubuk. Asal daerah  tanaman ini dari Panili atau Perneli yang ada di Meksiko.

Tanaman vanili dengan mudah ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Biji vanili tidak hanya menawarkan kelezatan rasanya pada makanan atau minuman. Tapi, tanaman ini juga memiliki keuntungan bagi kesehatan. Dkutip dari Boldsky, ada enam alasan sehatnya makan vanili:

  1. Membuat fungsi otak lebih tajam dalam bekerja. Ini berkat antioksidan alami pada vanili yang turut meningkatkan fungsi kognitif.
  2. Antiperadangan. Vanili berfungsi sebagai agen antiinflamasi. Khasiatnya dalam meredam peradangan seperti jahe, namun diyakini lebih kuat. Sementara itu, peradangan bisa mengganggu fungsi kognitif otak kalau dibiarkan.
  3. Menjaga kesehatan sistem saraf. Biji vanili mendorong sistem saraf bekerja lebih optimal. Vanili juga bisa sebagai obat untuk meringankan gejala histeria.
  4. Meredakan stres dan mengatasi impotensi. Saat pikiran penuh tekanan, aroma dari vanili membantu otak lebih rileks. Bau khas vanili seperti aromaterapi yang membantu melegakan pikiran. Di samping itu, biji vanili membantu mengatasi impotensi pada pria dan menyembuhkan nyeri sendi.
  5. Bagi ibu hamil, vanili membantu mengurangi keluhan pada masa awal kehamilan. Pada waktu ini biasanya terjadi morning sickness. Tandanya adalah mual dan muntah. Menyesap beberapa tetes ekstrak vanili saat keluhan tersebut datang, bisa mengurangi rasa mual.
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.