Ini Alasan Jambu Biji Baik Bagi Jantung

Diposting pada

Makanenaksehati.blogspot.com – Salah satu buah-buahan yang dapat memberikan kebaikan bagi kesehatan jantung adalah jambu biji.

Kredit: completewllbeing.com

Buah yang juga dikenal dengan guava ini memiliki banyak nutrisi dan serat yang dapat mencegah berbagai faktor pemicu serangan jantung seperti kolesterol, tekanan darah, dan sebagainya.

Mengonsumsi jambu biji secara rutin dan dilengkapi dengan gaya hidup sehat lainnya akan membuat jantung dalam kondisi prima.
Dikutip dari laman Sfgate.com, berikut beberapa hal yang membuat jambu biji sehat bagi jantung:
  1. Serat jambu biji menurunkan kolesterol. Menurut studi dari Linus Pauling institute, serat makanan berperan untuk mengurangi kolesterol LDL yang jahat. Serat juga membuat kadar trigliserida dalam posisi normal. Untuk jambu biji, dalam setiap 2 ons terdapat 3 gram serat. Nilai ini memenuhi 12 persen dari nilai serat harian yang direkomendasikan untuk dikonsumsi.
  2. Jambu biji memiliki nutrisi untuk menyetabilkan tekanan darah. Sebuah studi mengatakan bahwa konsumsi jambu biji membantu seseorang mendapatkan tekanan darah yang sehat. Sementara jika seseorang mengalami hipertensi, dia berisiko mengalami penyakit jantung, gagal jantung kongestif, hingga stroke. Jambu biji menyediakan 229 miligram potasium yang membantu menurunkan tekanan darah. 
  3. Antioksidan pada jambu biji cukup tinggi. Jambu biji sebanyak dua ons menyediakan 125 miligram vitamin C. Angka ini 208 persen lebih tinggi dari nilai harian vitamin C yang direkomendasikan. Vitamin C penting bagi jantung. Kekurangan vitamin ini memicu penyakit jantung koroner menurut laporan Linus Pauling Institute. Antioksidan lain yang dimiliki jambu biji adalah betakaroten dan lycopene.
  4. Membantu mengontrol berat badan. Pada tubuh yang gemuk, jantung bekerja memompa darah lebih keras. Dengan menjaga berat badan pada keadaan normal, akan membantu jantung lebih normal dlam bekerja. Jambu biji menyedikan serat yang baik untuk mengendalikan berat badan. Selain serat, buah ini hanya punya 37 kalori sehingga baik untuk dimasukkan dalam menu program diet.
Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.