Syaikh Abubakar (2017)

Diposting pada

Sinopsis Syaikh Abubakar – Syaikh Abubakar adalah film drama yang akan dirilis pada 19 Oktober 2017. Film ini diangkat dari kisah nyata pendirian sebuah pesantren di Kota Santri di Jonggol, Jawa Barat. Film Syaikh Abubakar disutradarai dan diproduseri oleh Iwan Wahab (Cintaku di Way Kambas yang rilis pada 1990). Sedangkan naskah filmnya ditulis oleh Taufik Daraming Tahir (Mengaku Rasul: Sesat yang rilis tahun 2008) dan Rudy Wahab.

Rudy Wahab, pemeran utama dalam film Syaikh Abubakar memaparkan bahwa film ini merupakan sebuah dakwah untuk menyatukan keragaman manhaj dalam Islam yang ada di Indonesia. Melalui film ini, diharapkan semua manhaj bersatu agar tidak terprovokasi oleh berbagai pihak yang ingin memecah belah kerukunan umat Islam. Rudy, yang pada era 80-90 an adalah aktor laga bersama Barry Prima dan Advent Bangun, menambahkan bahwa Syaikh Abubakar adalah film dakwah pertama yang digarap secara syar’i. Para pemain yang dicasting semuanya diwajibkan bisa membaca Al Qur’an dan minimal hafal beberapa surat panjang dalam Al Qur’an.

Selain Rudy Wahab, David Chalik (Negeri 5 Menara yang rilis tahun 2012), dan Sahrul Gunawan (Gending Sriwijaya yang dirilis 2013), sederet aktor dan aktris lain juga turut ambil bagian dalam film ini. Sebut saja Teuku Wisnu, Leroi Osmani, Fitria Anwar, Rini Mentari, Muthia Datau, Erwin S. Bagindo, dan Indra R. Taufik. Ustadz Muhammad Arifin Ilham juga turut hadir dalam film ini.

Sinopsis Syaikh Abubakar

Film ini mengangkat tema tentang penyatuan umat dari dua yayasan yang berbeda manhaj (aliran), yang sosok pemimpinnya tegas dan berakhlak lembut. Penyatuan ini bukanlah menyatukan manhaj yang berbeda namun bersatu untuk bersama-sama menggapai tujuan mulia, yaitu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya dengan berpegang pada Al Qur’an dan hadist.

Kedua yayasan tersebut adalah Yayasan Cahaya Islam yang pimpinannya adalah Ustadz Malik (diperankan oleh David Chalik) yang berlatar belakang pendidikan dari Madina dan Yayasan Madinatujannah yang dipimpin oleh Ustadz Basri (diperankan oleh Sahrul Gunawan), yang merupakan lulusan Pesantren Gontor. Kedamaian mulai terusik, menjadi permusuhan yang hebat antara kedua manhaj tersebut. Bahkan permusuhan yang terjadi membuat mereka nyaris saling bunuh. Hal ini diakibatkan oleh ulah seorang makelar tanah yang berambisi menguasai lahan di area Kota Santri.

Kisah dramatis film ini terjadi saat konflik itu terjadi dan usaha yang ditempuh oleh Syaikh Abubakar (diperankan oleh Rudy Wahab) untuk menengahi konflik tersebut dan menyatukan perbedaan. Syaikh Abubakar mendamaikan kedua manhaj tersebut dengan sikap senyum dan teduh namun ada ketegasan di dalamnya. Karena pada dasarnya kedua umat ini memiliki satu kesamaan, yaitu berpegang teguh pada Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Untuk menyatukan umat bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan tekad kuat yang tak tergoyahkan, berpikir tenang, tawakal, dan sabar. Semua itu dibutuhkan untuk dapat menapaki jalan dalam mencari ridho Allah SWT untuk membangkitkan semangat Ukhuwah Islamiah.

 

Poster film Syaikh Abu Bakar :

sinopsis syaikh abubakar

Informasi film Syaikh Abubakar

Jenis Film :
Drama

Produser :
Rudy Wahab

Sutradara :
Iwan Wahab

Penulis :
Taufik Daraming Tahir

Produksi :
Gita Bhakti Visiotama

Pemain:
Rudy Wahab, Sahrul Gunawan, David Chalik, Leroy Osmani

Tanggal rilis:
Oktober 2017

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.