Sinopsis THE KINGMAKER (2019): Film Dokumenter Tentang Politisi Filipina, Imelda Marcos

Diposting pada

sinopsis the kingmaker 2019 2

The Kingmaker adalah sebuah film dokumenter yang disutradarai dan ditulis oleh Lauren Greenfield bersama dengan seorang politisi bernama Imelda Marcos. Film ini tayang perdana di Venice Film Festival ke-76 pada Augustus 2019. 

Film dokumenter ini fokus pada keluarga Marcos dalam upaya mereka merehabilitasi nama baik keluarga mereka dan kembali kedua politik. Imelda juga ungkapkan rencana untuk mempersiapkan anaknya, Bongbong untuk menjadi presiden Filipina. Dikupas juga tentang aliansi Bongbong dan Imee Marcos bersama dengan Rodrigo Duterte dalam memenangkan pemilu Filipina pada tahun 2016.

The Kingmaker sempat masuk nominasi Best Documentary dalam ajang London Film Festival dan Stockholm Film Festival, serta Checkpoints Award di Bergen International Film Festival. Film ini juga masuk dalam 4 nominasi dalam Critic’s Choice Documentary Awards namun hanya memenangkan Most Compelling Living Subject of a Documentary. The Kingmaker juga memenangkan penghargaan Audience Award for Best Documentary Film dalam ajang Warsaw International Film Festival 2019. 

Film dokumenter ini juga mendapatkan rating tinggi di media-media online. Mulai dari rating 96% dari Rotten Tomatoes dan score 76/100 dari Metacritic. 

Lauren Greenfield sebagai sutradara, penulis, dan produser untuk film The Kingmaker ini filmmaker asal Amerika. Ia memang seniman visual yang gemar membuat karya realistis melalui film dokumenter dan fotografi. Beberapa film dokumenter yang pernah ia kerjakan sebelumnya diantaranya; THIN (2006), Fashion Show (2010), The Queen of Versailles (2012), Beauty CULTure (2012), Best Night Ever (2012), Bling Dynasty (2015), Magic City (2015), dan Generation Wealth (2018). 

Sinopsis

Lauren Greenfield mengeksplorasi narasi dari Imelda Marcos dengan teknik pendekatan yang disebut dengan “dialektik”, yaitu sebuah teknik yang memungkinkan Imelda untuk menceritakan narasinya dan secara perlahan memperkenalkan sudut pandang yang berlawanan saat film berlanjut. 

Film dokumenter ini terbagi menjadi dua bagian dalam mengupas kronologi kehidupan seorang Imelda Marcos. Pada babak pertama, kisah dimulai dari awal Imelda menjadi first lady untuk Filipina pada tahun 1965, kemudian kisah selama 21 tahun dirinya dan sang suami memimpin Filipina, hingga mereka dipaksa untuk menjalani pengasingan pada 1986 saat terjadi revolusi People Power. Sementara babak kedua film menunjukan kisah bagaimana mereka bertahan dan kembali dalam dunia politik di Filipina. 

sinopsis the kingmaker 2019 1Jenis Film: Dokumenter
Sutradara: Lauren Greenfield
Penulis: Lauren Greenfield
Pemain: Imelda Marcos
Penata Musik: Jocelyn Pook
Sinematografi: Lars Skree dan Shana Hagan
Editor: Per. K Kierkegaard
Produksi: Evergreen Pictures, Artemis Rising, Bloomberg Candescent Films, Impact Partners, Meadow Fund, Secret Sauce Media
Distributor: Showtime Documentary Films
Tanggal Rilis: 8 November 2019
Durasi: 100 menit

Trailer

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.