Sinopsis THE DOUBLE (2013)

Diposting pada

Film The Double (2013) mengisahkan tentang seorang lelaki bernama Simon James (Jesse Eisenberg) yang pemalu dan terkucilkan.

Film yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul The Double karangan Fyodor Dostoyevsky ini disutradarai oleh Richard Ayoade. Sang sutradara juga turut serta mengambil bagian dalam penulisan film ini bersama Avi Korine. The Double pertama kali ditayangkan di Festival Film Internasional Toronto pada 7 September 2013.

Jesse Eisenberg sendiri dikenal luas lewat perannya sebagai Mark Zuckerberg dalam film drama biografi berjudul The Social Network. Peran ganda yang dilakoni Jesse Eissenberg dalam film ini mendapatkan kritik positif dari para kritikus film. Sang sutradara sekaligus penulis, Richard Ayoade, pun diganjar kritik yang positif sama halnya Jesse Eisenberg.

Sinopsis

Suatu hari, kantor Simon kedatangan seorang karyawan baru bernama James Simon (Jesse Eisenberg). Simon menyadari bahwa James berperawakan sangat mirip dengannya. Namun dengan kepribadian yang jauh berbeda. James adalah seseorang yang penuh percaya diri, karismatik dan mempesona. Namun hanya James dan Simon yang menyadari kemiripan perawakan dan perbedaan karakter diantara mereka. Tidak seperti halnya Simon, James mendapatkan perlakuan yang berbeda dari rekan-rekan kerjanya. Menyadari akan hal ini, James pun merasa kasihan dan memutuskan untuk menjalin pertemanan dengan Simon.

Simon James menyukai seorang wanita bernama Hannah (Mia Wasikowska), rekan kerjanya yang tinggal di apartemen berdekatan dengan apartemennya. Dalam usahanya untuk berteman dengan Simon, James pun berusaha membantunya untuk mendekati Hannah. Di lain pihak, Hannah sendiri menyukai James. Keputusan James untuk membantu Simon mendekati Hannah ternyata tidak berjalan dengan lancar. Hal ini pula yang menggiring terciptanya konflik diantara Simon dan James.

Sinopsis The Double 2013Jenis film: Komedi
Sutradara: Richard Ayoade
Produser: Robin C. Fox, Amina Dasmal
Penulis: Richard Ayoade, Avi Korine
Penulis cerita: Avi Korine
Adaptasi: The Double (novel) karya Fyodor Dostoyevsky
Pemain: Jesse EisenbergMia Wasikowska,
Rumah produksi: Alcove Entertainment, British Film Institute, Film4
Distributor: StudioCanal
Tanggal rilis: 7 September 2013 (TIFF), 4 April 2014
Durasi film: 93 menit

Plot

Simon James yang selalu ditindas (Jesse Eisenberg) telah bekerja di kantornya selama tujuh tahun, tapi dia selalu diabaikan oleh bos dan rekan kerjanya. Dari apartemennya, dia bisa memata-matai rekan kerjanya yang cantik bernama Hannah (Wasikowska). Dia selalu mengagumi Hannah yang tinggal di apartemen di seberangnya.

Suatu malah Simon melihat seorang pria melompat sampai mati dari lantai di atas apartemen Hannah. Simon bersaksi pada polisi bahwa jika pria itu melompat beberapa kaki ke kanan, dia akan selamat meski terluka parah.

Bos Simon (Wallace Shawn) mengumumkan datangnya karyawan baru bernama James Simon (juga diperankan Eisenberg). James terlihat sangat identik dengan Simon hingga Simon pingsan melihatnya. Tegas dan menawan, James adalah kebalikan dari Simon. Hal ini membuat Simon jengkel. James mendapatkan rasa hormat dari rekan kerja mereka dan tidak ada yang menyadari wajah mereka yang identik.

James memperhatikan hal ini dan bisa melihat rasa sakit hati Simon. Karena kasihan, dia memutuskan berteman dengan Simon. Dia juga memberikan nasihat cara mendekati Hannah. Namun, Hannah malah meminta berkencan dengan James melalui Simon. Akhirnya dalam kencan itu, Simon berpura-pura menjadi James, sementara James yang asli memberikan instruksi melalui alat komunikasi jarak jauh.

Simon menjadi gugup hingga mereka harus bertukara tempat. Saat James mencium Hannah, Simon menjadi marah. Bagaimana akhir dari kisah The Double? Saksikan film ini di layar kaca kesayangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.