Sinopsis SHERLOCK HOLMES: A GAME OF SHADOWS

Diposting pada

Sinopsis Sherlock Holmes: A Game of Shadows – Film Sherlock Holmes: A Game of Shadows yang dirilis tahun 2011 menceritakan perjalanan Holmes dan Watson berkeliling Eropa bersama seorang gipsi untuk menggagalkan rencana musuh bebuyutan mereka, Profesor Moriarty yang hendak memulai perang.

Film ini kembali disutradarai oleh Guy Ritchie dan diproduseri oleh Joel Silver, Lionel Wigram, Susan Downey dan Dan Lin. Sementara posisi pemain utama kembali ditempati Robert Downey Jr. untuk memerankan Sherlock Holmes bersama dengan Jude yang Law yang berperan sebagai Dr. Watson. Sayangnya, Rachel Adams yang bermain sebagai Irene Adler hanya muncul sebagai cameo. Dia mati di tangan Profesor Moriarty yang menilai Adler ragu-ragu bertindak terhadap Holmes karena cintanya.

Film pertama Sherlock Holmes yang dibuat tahun 2009 dianggap sukses sehingga layak dibuatkan sekuelnya. Keputusan membuat film ini menjadikan Ritchie hengkang dari film Lobo dan Robert Downey Jr. meninggalkan film Cowboys & Aliens.

Sherlock Holmes karakter fiksi seorang detektif ciptaan Sir Arthur Conan Doyle. A Game of Shadow dibuat dengan menggabungkan unsur-unsur dalam cerita pendek Conan Doyle yang berjudul Final Problem dan Empty House.

Sinopsis
Pada tahun 1891, Irene Adler mengirimkan paket kepada Dr. Hoffmanstahl, pembayaran untuk surat yang Hoffman kirimkan. Hoffmanstahl membuka paket itu yang memicu sebuah bom tersembunyi. Meledaknya bom bisa dicegah oleh Sherlock Holmes.

Holmes mengambil surat ketika Adler dan Hoffmanstahl kabur. Holmes menemukan Hoffmanstahl dibunuh beberapa saat kemudian. Adler bertemu Profesor Moriarty untuk menjelaskan kejadian itu tapi Moriarty menganggap Adler terganggu karena cintanya pada Holmes. Dia meracuni Adler dan membunuhnya.

Dr. Watson tiba di Baker Street No. 221B di mana Holmes menjelaskan bahwa dia sedang menyelidiki serangkaian pembunuhan yang tampaknya tidak memiliki keterkaitan, seperti serangan teroris, akuisisi bisnis di seluruh dunia dan Moriarty. Setelah bertemu saudaranya, Mycroft di pesat bujangan Watson, Holmes bertemu seorang peramal gipsi bernama Simza, dia adalah penerima surat yang diambilnya dari Adler. Holmes berhasil mengalahkan pembunuh yang dikirim untuk membunuh Simza tapi Simza lari sebelum Holmes berhasil menanyainya.

Setelah pernikahan Watson dan Mary Morstan, Holmes bertemu Moriarty untuk pertama kalinya. Menyuarakan rasa hormat atas kegigihan Holmes, Moriarty memberitahu bahwa dia telah membunuh Adler. Holmes dengan penuh dendam berjanji akan mengalahkannya. Dia menyampaikan itu secara halus. Dia meminta agar Watson dan Mary tidak diganggu karena Watson tidak lagi bekerja dengannya. Tapi Moriarty mengancam akan membunuh mereka jika Holmes terus mengganggu.

Anak buah Moriarty menyerang Watson dan Mary di kereta saat mereka berbulan madu. Holmes yang mengikuti mereka untuk melindungi, melempar Mary dari kereta ke sungai agar dia bisa diselamatkan oleh Mycroft. Setelah mengalahkan orang-orang Moriarty, Holmes dan Watson menuju Paris untuk menemukan Simza. Saat Simza ditemukan, Holmes mengatakan pada Simza bahwa dia menjadi target karena Rene, saudaranya, bekerja untuk Moriarty dan mungkin telah memberitahunya mengenai rencana Moriarty. Simza membawa Holmes dan Watson ke markas besar kelompok anarko di mana dia dan Rene dulu mengelolanya. Mereka mengetahui bahwa kelompok anarkis telah dipaksa untuk memasang bom oleh Moriarty.

Mereka bertiga mengikuti kesimpulan Holmes bahwa bom itu ada di Paris Opera. Namun, Holmes terlambat menyadari bahwa dia telah ditipu dan bom itu sebetulnya berada di hotel terdekat. Bom berhasil membunuh sejumlah pengusaha. Holmes menemukan bahwa bom itu dirancang khusus untuk membunuh Alfred Meinhard, salah satu peserta pertemuan. Pembunuhan dipesan oleh salah satu antek Moriarty, Sebastian Moran.

Di pabrik, Moriarty menangkap, menginterogasi dan menyiksa Holmes sementar Watson melawan Moran. Holmes merinci plot Moriarty yang mengungkapkan bahwa Profesor ini diam-diam mendapatkan saham di beberapa perusahaan yang mencari keuntungan dari adanya perang. Dia menggunakan berbagai samaran untuk menyembunyikan identitasnya dan bermaksud menghasut agar terjadi perang dunia sehingga dia semakin kaya.

Sementara itu, Watson menggunakan meriam yang dia sembunyikan di belakang untuk menghancurkan menara pengawas di mana Moran bersembunyi. Gedung ambruk ke gudang tempat Moriarty menahan Holmes. Watson, Simza dan Holmes yang cedera bisa bersatu lagi dan akhirnya melarikan diri naik kereta. Holmes menyimpulkan target akhir Moriarty adalah pertemuan perdamaian di Swiss. Berhasilkah mereka menghentikan rencana Moriarty? Saksikan film Sherlock Holmes: A Game of Shadows.

sinopsis SHERLOCK HOLMES: A GAME OF SHADOWSSutradara: Guy Ritchie
Produser: Joel Silver, Lionel Wigram, Susan Downey, Dan Lin
Penulis: Michele Mulroney, Kieran Mulroney
Pemain: Robert Downey Jr., Jude Law, Noomi Rapace, Jared Harris, Stephen Fry, Rachel McAdams
Rumah produksi: Silver Pictures, Wigram Productions, Village Roadshow Pictures
Distributor: Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis: 16 Desember 2011
Durasi film: 129 menit

Review

Film ini mendapatkan beragam ulasan yang secara umum bernada positif. Situs Rotten Tomatoes memberikan skor 59% berdasarkan 205 ulasan dengan rating rata-rata 6/10. Metacritic memberikan skor rata-rata 48/100 berdasarkan 38 ulasan. CinemaScore memberikan nilai A-. Film berhasil masuk nominasi Best Action Film dan Best Costume di Ajang Saturn Awards tahun 2012. Secara komersial, film mendapatkan keuntungan besar karena berhasil membukukan pendapatan sebesar $545,4 juta mengalahkan biaya produksinya yang besar $125 juta.

Trailer

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.