Sinopsis ROBOCOP (2014)

Diposting pada

Film Robocop (2014) mengisahkan Alex Murphy, seorang suami dan ayah yang penyayang serta polisi yang baik hati yang diubah menjadi robot polisi.

Film superhero ini diarahkan oleh José Padilha dengan naskahnya ditulis oleh Joshua Zetumer, Nick Schenk, Edward Neumeier dan Michael Miner. Robocop adalah film yang dibuat ulang dari film berjudul sama yang dibuat pada tahun 1987.

Robocop dibintangi oleh Joel Kinnaman yang menjadi Alex Murphy, bersama dengan Gary Oldman, Michael Keaton, Samuel L. Jackson, Abbie Cornish dan Jackie Earle Haley.

Film yang dirilis pada 12 Februari 2014 ini mendapatkan beragam tanggapan dari kritikus yang dinilai positif dalam penampilan, pembaruan, gaya dan satir politik/media, tapi dikritisi karena kurangnya kekerasan, satir sosial dan humor jika dibandingkan dengan film aslinya.

Sinopsis

Tahun 2028 perusahaan konglomerat multinasional bernama OmniCorp menjadi sentral dari teknologi robot. Di luar negeri, drone mereka digunakan oleh militer selama bertahun-tahun yang artinya miliaran dollar untuk OmniCorp. Saat ini Omnicorp ingin membawa teknologi kontroversial mereka dan mereka melihat kesempatan emas untuk melakukannya. Ketika Alex Murphy, seorang suami, ayah dan polisi yang baik yang berusaha membasmi kejahatan dan korupsi di Detroit, mengalami luka serius saat menjalankan tugasnya. OmniCorp melihatnya sebagai kesempatan untuk mengubah Alex menjadi petugas polisi separuh manusia dan separuh robot. OmniCorp mendapatkan keuntungan miliaran dari pembagian keuntungan, tapi mereka tidak pernah memperhitungkan satu hal: masih tersisa sisi kemanusiaan di dalam mesin yang sedang mengejar keadilan itu.

Sinopsis RobocopSutradara: José Padilha
Produser: Marc Abraham, Eric Newman
Penulis: Joshua Zetumer, Edward Neumeier, Michael Miner, Nick Schenk
Adaptasi: RoboCop (2014), karya Edward Neumeier dan Michael Miner
Pemain: Joel KinnamanGary OldmanMichael Keaton, Samuel L. Jackson
Rumah produksi: Strike Entertainment, Metro-Goldwyn-Mayer Pictures, Columbia Pictures, Strike Entertainment
Distributor: Metro-Goldwyn-Mayer, Columbia Pictures, StudioCanal
Tanggal rilis: 12 Februari 2014 (AS)
Durasi film: 118 menit

Trailer

Plot

Awas spoiler! Berhenti sampai sini jika tidak suka…

Pada tahun 2028, perusahaan konglomerat multinasional OmniCorp merevolusionerkan peperangan dengan memperkenalkan penjaga kedamaian robot yang mampu menjaga hukum dan ketertiban di tempat-tempat berbahaya seperti Vietnam, Irak, Afghanistan dan Iran.

Dipimpin oleh CEO Raymond Sellars, perusahaan bergerak dari pasar teknologi menuju penegakan hukum domestik, tapi jalan mereka dihambat oleh UU Dreyfus yang melarang penggunaan drone di AS. Sadar sebagian besar orang Amerika menentang penggunaan sistem militer di komunitasnya, Sellars meminta Dr. Denneth Norton dan tim penelitinya membuat sebuah alternatif. Hasilnya adalah sebuah proposal mengenai petugas polisi cyborg. Bagaimanapun juga, Norton memberitahukan Sellars hanya seseorang yang cukup stabil yang bisa menjadi cyborg. Beberapa kandidat ditolak.

Seorang detektif polisi Detroit, Alex Murphy dipilih setelah dia mengalami luka serius dalam ledakan bom mobil yang diatur oleh bos penjahat Antoine Vallon dalam balas dendam terhadap investigasi Murphy dalam aktivitasnya. Norton mempengaruhi isteri Murphy, Clara untuk menandatangani prosedurnya. Saat terbangun, dia menyadari hasil dari transformasinya, Murphy kabur dalam keadaan marah. Dia melarikan diri dari lab, tapi Norton menembaknya dan membawanya kembali ke lab.

Saat Norton mengungkapkan pada Murphy bahwa yang tersisa dari tubuhnya hanyalah sebagain besar kepala, organ pernapasan, jantung dan tangan kanannya, Murphy merasa jijik, dia meminta bunuh diri. Norton mengingatkan Murphy mengenai anak dan putranya dan meyakinkannya untuk tetap hidup. Selama latihan bertarung dengan pelatih Rick Mattox, Murphy tidak bisa membuktikan kemampuannya sesuai standar drone OmniCorp yang lebih efisien. Dia menjadi efisien dengan dihapuskannya empati dalam dirinya.

Sesaat setelah dia rilis ke publik, Murphy mengalami kejatuhan emosional sehingga Norton harus menghapuskan emosinya. Selama acara, Robocop mengidentifikasi kriminal di kerumunan. Dia segera mengurangi kejahatan di Detroit secara dramatis, yang membuat dukungan publik terhadap pencabutan UU Dreyfus meningkat. Menyadari Clara mulai bertanya-tanya, Sellars meminta Norton menjauhkan Clara dari suaminya.

Clara bertemu dengan Robocop, mengatakan padanya tentang mimpi buruk putra mereka, David. Pengalaman itu membuat Murphy mengakses program yang dikunci yang menjelaskan percobaan pembunuhan terhadap dirinya. Dia kemudian mengetahui putranya putus asa setelah menyaksikan ledakan.

Murphy mengejar gang Vallon untuk balas dendam. Dia mengalami rusak berat karena senjata bisa menembus baju besinya, tapi dia bisa membunuh bos Vallon dan anak buahnya. Murphy kembali ke stasiunnya dan bergabung dengan rekan lamanya, Jack Lewis, untuk menghadapi dua polisi korup yang mengkhianatinya dengan memihak ke Vallon. Dia menembak polisi yang satu, dan meremukkan yang lain. Dia tahu Kepala Polisi juga terlibat dan bergerak untuk menangkapnya, tapi dia dimatikan dari jarak jauh oleh Mattox.

Dengan bantuan Pat Novak, pembaca acara talk showp yang pro kepada OmniCorp, Sellars menggunakan insiden itu untuk membuat UU Dreyfus dicabut. Clara pergi ke pers dan dengan marah menuntut untuk melihat suaminya. Takut terbongkar, Sellars meminta Mattox menghancurkan RoboCop yang sedang diperbaiki, sementara itu dia berbohong kepada Clara dan mengatakan Alex meninggal. Norton lebih dulu datang ke Robocop dan mengatakan yang sebenarnya. RoboCop bisa melarikan diri dari penghancuran.

Murphy kembali dan membuat kekacauan di gedung. Dia berusaha menembus drone ED-209 yang digunakan untuk menghentikannya. Lewis dan timnya tiba untuk menahan sisa pasukan OmniCorp. Mattox menundukan Murphy dan bersiap menghabisinya, tapi dia dibunuh oleh Lewis. Murphy kemudian berjalan ke atap di mana Sellars menunggu helikopter bersama Clara dan David sebagai sandera. Program Murphy dibuat untuk mencegah dia menangkap Sellars, tapi dia bisa mengatasinya ketika Sellars mengejeknya.

Perusahaan induk OmniCorp menutup proyek Murphy. Presiden mengabulkan pencabutan UU Dreyfus berdasarkan kesaksian Norton. Tubuh Murphy dibangun kembali di laboratorium Norton dan dia menunggu Clara dan David yang datang mengunjunginya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.