Sinopsis Midway (2019), Pertempuran Besar Jepang versus AS di Laut Pasifik

Diposting pada

Film Midway (2019) merupakan film perang Amerika terbaru yang disutradarai oleh Roland Emmerich dan ditulis naskah skenarionya oleh Wes Tooke berdasarkan serangan terhadap Pearl Harbor dan Pertempuran di Midway pada Perang Dunia II.

Midway mempertemukan aktor-aktor ternama seperti Ed Skrein, Patrick Wilson, Luke Evans, Aaron Eckhart, Nick Jonas, Mandy Moore, Dennis Quaid, Tadanobu Asano dan Woody Harrelson.

Baca juga: Sinopsis 47 METERS DOWN: UNCAGED (2019)

Film yang dibuat dengan keinginan yang besar dari Emmerich ini mengalami kesulitan finansial, namun berhasil mendapatkan dukungan dana pada 2017. Para pemain dipilih pada 2018 dan proses pembuatan dilakukan pada September 2018 di Hawaii dan juga Montreal.

Dengan biaya produksi sekitar $100 juta, Midway adalah film independen termahal yang pernah dibuat sepanjang masa. Film ini dirilis pada tanggal 8 November 2019 di Amerika Serikat.

Sinopsis

Film ini mengisahkan tentang kisah para pelaut dan penerbang dari angkatan Laut AS yang bertahan dalam pertempuran Midway, yang merupakan titik balik di dalam Teater Pasifik Perang Dunia II.  Pertempuran Midway merupakan pertempuran laut besar, dianggap menjadi salah satu peristiwa yang cukup pending dalam Perang Pasifik Perang Dunia II.

Baca juga: Dunkirk (2017)

Pertempuran ini menjadi penetu perubahan besar yang terjadi pada wilayah pasifik selama era perang dunia II. Film ini dibintangi oleh Luke Evans yang berperan sebagai Commander Wade McClusky, yang mendapatkan medali Naval Cross atas perjuangannya dalam pertempuran Midway. Sellain itu ada Woody Harrelson yang akan berperan sebagai Admiral Chester Nimitz yang menjadi salah satu pimpinan dalam armada laut Amerika yang telah sukses membawa kemenangan untuk pasukan sekutu.

sinopsis midwayJenis film: War
Sutradara: Roland Emmerich
Produser: Roland Emmerich, Harald Kloser
Penulis: Wes Tooke
Pemain: Ed Skrein, Patrick Wilson, Luke Evans, Aaron Eckhart, Nick Jonas, Etsushi Toyokawa, Tadanobu Asano, Luke Kleintank, Jun Kunimura, Darren Criss, Keean Johnson, Mandy Moore, Dennis Quaid, Woody Harrelson
Produksi: Centropolis Entertainment, Starlight Culture Entertainment Group, Street Entertainment, Shanghai Ruyi Entertainment, Entertainment One
Distributor: Lionsgate
Tanggal rilis: 8 November 2019 (Amerika Serikat)
Durasi film: 138 menit

Trailer

Alur

Pada 1937, atase AS di Tokyo dan sekutunya mendiskusikan posisi AS dan Jepang di Samudera Pasifik. Isoroku Yamamoto dengan tenang memberitahukan petugas intelejen, Edwin T. Layton bahwa mereka akan mengambil tindakan jika pasokan minyak mereka diancam.

Pada pagi 7 Desember 1941, Jepang menggunakan kapal induk mereka menyerang Pearl Harbor. Penyerangan membawa AS bergabung ke Perang Dunia II. Segera setelahnya, pergantian komando terjadi di Pear Harbor saat Marsekal Chester Nimitz menganggap komando merusak dengan sangat buruk kapal induk Pasific milik AS.

Layton berkata pada Nimitz mengenai kegagalannya meyakinkan Washington mengenai serangan yang akan datang di Pearl Harbor. Nimitz menginstruksikan dia untuk tetap berpegang pada senjatanya dalam pertempuran selanjutnya, sementara Washington menghindari ulangan penyerangan mengejutkan di Pearl Harbor.

Pada April 1942, mengikuti Doolittle Raid, orang Jepang yang mengalihkan perhatiannya ke Coral Sea. Sementara itu, Joseph Rochefort dan tim kriptologinya mulai mencegat pesan-pesan mengenai lokasi yang diidentifikasi Jepang sebagai “AF”. Layton bicara pada Nimitz, yang memberitahukan dia bahwa Washington percaya “AF” menjadi target  Aleutian. Layton tidak setuju, percaya mereka berniat menargetkan atol Midway.

Setelah bertemu dengan Rochefort, Nimitz menginstruksikan tim untuk menemukan jalan yang membuktikan dengan pasti “AF” adalah Midway. Setelah Layton menginstruksikan Midway melalui telegraf dengan jelas (tanpa enkripsi) bahwa mereka sedang mengalami masalah kekurangan air. Kriptologis yang bekerja dalam Rochefort menangkap komunikasi Jepang yang mengonfirmasi AF dalah Midway.

Mereka bersiap menyergap kapal-kapal Jepang, Nimitz meminta kapal Hornet dan Enterprise dipanggil dari Coral Sea dan meminta mereka merusak Yorktown agar siap untuk operasi pertempuran dalam 72 jam.

Pada 4 Juni, Jepang meluncurkan serangan udara ke Midway. Bagaimana pasukan AS menghadang serangan ini? Saksikan sendiri film Midway di layar kaca kesayangan Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.