Dunkirk (2017)

Diposting pada

Hampir tiga tahun setelah “Interstellar”, setelah menghidupkan kembali Batman dalam trilogi “The Dark Knight”, dan setelah membawa penonton dalam fantasi sci-fi kelas berat semacam “Inception” dan “The Prestige”, Christopher Nolan kini hadir dengan nafas baru melalui “Dunkirk”. Lewat “Dunkirk” Nolan mencoba menyentuh genre di luar trademark-nya: film peperangan historikal, yang merupakan dramatisasi Operasi Dinamo (Dunkirk Evacuation).

“Dunkirk” akan berkisah tentang evakuasi aliansi tentara Inggris, Belgia, Kanada, dan Perancis dari kota pelabuhan Dunkirk, Perancis, di awal Perang Dunia II. Operasi yang disebut oleh Perdana Menteri Inggris di masanya, Winston Churchill, sebagai tragedi militer paling kolosal ini mengerahkan ratusan kapal untuk mengangkut tentara aliansi yang dikepung oleh pasukan Jerman. Sekitar 350.000 tentara yang terdesak di Dunkirk, karena diserang secara bertubi-tubi oleh Jerman dari udara, harus kembali ke daratan demi menghadapi invasi Nazi. Total sekitar 850 kapal perang, kapal rakyat sipil, dan kapal-kapal kecil menjadi sekoci bagi para tentara aliansi.

Meski Jerman telah menahan lebih dari sejuta tentara aliansi dalam kurun waktu tiga minggu dengan korban sebanyak 60.000 jiwa, evakuasi Dunkirk (antara Mei hingga Juni 1940) lantas menjadi semacam pendongkrak moral untuk terus melawan Nazi yang tanpa henti menginvasi Inggris.

Christopher Nolan menarik Tom Hardy (“Lawless”, “Mad Max: Fury Road”) dan Cillian Murphy (“28 Days Later”) kembali masuk dalam produksinya setelah trilogi “The Dark Knight”. Mark Rylance (“Bridge of Spies”), Kenneth Branagh (“Henry V”, “Much Ado about Nothing”), James D’Arcy (serial “Agent Carter”), dan—yang mengejutkan—Harry Styles akan turut serta dalam salah satu film perang yang diperkirakan memiliki budget terbesar sepanjang sejarah ini.

“Dunkirk” tayang di bioskop pada 21 Juli 2017 dan diperkirakan akan kembali membawa Nolan memuncaki box office dengan rating film PG-13—rating yang menjamin semakin luasnya cakupan penonton linear dengan jumlah tiket yang terjual. Kontroversi pun meliputi perihal rating ini karena jarang ada film perang yang dapat ditonton oleh semua umur, sehingga penggemar film patut bertanya-tanya akan seperti apa tonal “Dunkirk” nantinya. But of course as we all know from the past decade, Nolan always does and gets what Nolan wants.

Poster Dunkirk

dunkirk poster

Informasi film Dunkirk

Sutradara:
Christopher Nolan

Produser:
Christopher Nolan
Emma Thomas

Penulis:
Christopher Nolan

Pemeran:
Tom Hardy
Mark Rylance
Kenneth Branagh
Cillian Murphy
Fionn Whitehead
Aneurin Barnard
Harry Styles
James D’Arcy
Jack Lowden
Barry Keoghan
Tom Glynn-Carney

Penata musik:
Hans Zimmer

Sinematografer:
Hoyte van Hoytema

Editor:
Lee Smith

Rumah produksi:
RatPac-Dune Entertainment
Syncopy Inc.

Distributor:
Warner Bros. Pictures

Tanggal rilis:
21 Juli 2017

Negeri asal:
United Kingdom
France
United States

Bahasa:
Inggris

Trailer Dunkirk

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.